Berita Duka Dari KNPB Fakfak - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :

.

.
Home » , , , » Berita Duka Dari KNPB Fakfak

Berita Duka Dari KNPB Fakfak

Written By Suara Wiyaimana Papua on Senin, 18 Maret 2024 | Senin, Maret 18, 2024



Berita Duka

Kami seluruh pimpinan kebebasan bangsa Papua barat,Komite Nasional Papua Barat atau (KNPB), se-tanah Papua,konsulat Indonesia dan Timor Leste,(NGR),Pimpinan Komando Nasional TPNPB Setanah Papua barat.Dewan diplomatik Papua barat di Australia yang berada di dalam Negeri, di luar Negeri,di dalam terali besi kolonial Indonesia,dan Umat beragama Muslim,juga seluruh rakyat Papua dari Sorong sampai Merauke.Di tujukan juga kepada pimpinan  Ketua Dewan NGR Nasional dan wakil ketua NGR serta 7 wakil  anggota NGR di 7 wilayah adat.Ketua"Anggota Dewan Streeg Raad di 7 wilayah adat.Ketua Umum KNPB pusat,Wakil ketua 1 KNPB pusat Jubir Nasional KNPB pusat,Jubir Internasional KNPB.

Turut berduka cita atas terpanggil-Nya Bapa Haji Idris Patiran,meninggal ditengah puasa di rumahnya Kampung Offie,Distrik Teluk Patipi

Kabupaten Pakpak,West Papua pada Senin (11/3/2024) Pukul 16:30 Waktu Papua. 

Dengan Rasa Duka yang mendalam kami Komite Nasional Papua Barat Memberitahukan kepada seluruh patriot bangsa papua barat bahwa Orang tua Bpk Tete Haji Idris Patiran telah meninggal dunia pada Hari senin, Jam 16:30 Thn 2024. Meninggalnya dari di rumah nya : Kampung OffieDistrik Teluk Patipi,Kab.pakpak.


I. Riwayat singkat :

Nama : Haji Idris Patiran

TTL : Pakpak 20 Mei 1935

Bergabung di dalam perjuangan papua merdeka  sejak tahung 1969.

Menjabat di pengurus masjid sebagai 

IMAM Masjid semenjak tahun 1980 - saat ini di gelar jabatan nya sebagai Haji papua.

Almarhum diberikan mandat oleh rakyat papua di daerah pakpak sebagai.

Wakil ketua 1 Anggota Steeg Raad daerah pakpak.

Sejak mulai pada tahun 2012-2023 lalu di gantikan jabatan nya.

Menjabat juga sebagai Anggota Orang Tua adat.


Almarhum Tete Haji Idris Patiran cukup banyak mengapdi bersama kami di KNPB pak"dan Streeg Raad Daerah pak"

Tete Haji Idrus Patiran memiliki Anak"nya  Berjumlah:

☆.8 orang anak

☆.Cucu 35 orang

☆.Cece 9 orang.


 II. Kronologis Meninggalnya orang tua Tete Haji Idrus Patiran.

Bapak Tete Haji Idrus Patiran meninggal Dunia dalam keadaan Sehat"tidak mengalami kesakitan,tete haji hari Minggu siang ikut ibadah Duhur di Masjid bersama jamaah setelah ibadah Duhur tete haji di antar pulang oleh cucu nya ke rumah kediaman nya pada pukul 13 :15 wpb.

Setibanya di rumah nya tete haji menggantikan pakaian ibadah nya,lalu tete haji mencuci muka lalu naik ke kamar nya untuk tidur siang.

Tete haji mengikuti hari raya puasa lebih dulu 1 hari sejah hari minggu malam senin tanggal 10 maret 2024.

Kemudian pada hari senin pagi tete haji pegang tangan menantunya pada pagi hari jam 8:45 sementara tete dalam keadaan puasa anak perempuanya beri tahu bapak sudah siang bapak sudah orang tua jadi harus makan dulu tetapi tete haji sampaikan kepada anak nya bapak masih kuat.

Kemudian sudah mau menjelang sore pada hari senin itu tete haji cuci muka /wuduh lalu naik  di kamar nya tete haji mengunci pintunya dari dalam lalu tidur.Disaat tete haji membaringkan tubuhnya itu tepat pada pukul 16:30 wpb tete haji telah meninggal saat tidur dalam kamar nya,sementara keluarga anak cucu cece para menantu tidak tahu menahu.

Kemudian jam 15 :00 wpb tiba waktu mau buka puasa ,lalu menantu dan anak perempuanya menyuruh cucunya naik kasih bangun tete nya di kamar saat cucu nya naik bangunkan tete nya ternyata tete nya mengunci pintu kamarnya dari dalam dan cucu nya menengok dari jendela kamar sambil memanggil tete tete tete ternyata tete nya tidak bersuara dan sudah tidur terlentang ke atas lalu cucu nya turun ke dapur beritahu bapak dan mama nya bahwa tete saya panggil"untuk turun buka puasa bersama tetapi tete tidak bergerak dan menjawab saya,lalu mamanya bergegas ke atas kamar mendobrak pintu nya lalu masuk membangunkan bapak nya mengecek denyut jantung dan pos nadi tetapi sudah tidak bergerak lagi lalu anak perempuan nya bersama suami nya mengangkat tete haji lalu memandikan tete haji dan membarikan nya di atas tempat tidur yang sudah di sediakan.

Gejala"sakit pada tubuh tete tidak ada.

Tete haji wafat dalam kondisi yang sehat"saja, hal ini terjadi karena faktor usialah yang mempengaruhi.

Usia tete Haji Idrus Patiran berumur 89 tahun .

Semasa hidup nya tete Haji Idrus Patiran dari tahun 1969 mempersembahkan diri nya dalam perjuangan pembebasan bangsa papua barat hingga sampai pada saat menghembuskan nafas terakhir nya pada hari senin  tanggal 11/03-2024 pukul 16:30 wpb.

Dalam masa pengabdiannya tete di kenal sebagai pejuang sejati tanpa mengenal lelah walaupun suda berusia tua tetapi selalu kawal kami anak"KNPB ke mana"serta Anggota streeg Raad.

Dalam masa perjuangan nya tete Haji Idris Patiran di berikan mandat dari rakyat sebagai wakil ketua 1 Anggota Dewan Streeg Raad Daerah pak"sejak tahun 2012 hingga 2023 dan telah di ganti.

Tete Haji Idrus Patiran mulai Aktif sebagai Anggota streeg Raad sejak tahun 2012-2023 dan telah di gantikan oleh karena faktor usia.

Rencana pemakaman Tete Haji Idrus Patiran pada hari selasa pukul 13:00 wpb di pekuburan umum kampung Offie Distrik Teluk Patipi Kab.Pak".

 Demikianlah kronologis singkat Almarhum Orang Tua

Share this article :

0 komentar:

.

.

Pray For West Papua

Pray For West Papua

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA