KNPB WILAYAH PEGUNUNGAN DILANTIK - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :

.

.
Home » , , , » KNPB WILAYAH PEGUNUNGAN DILANTIK

KNPB WILAYAH PEGUNUNGAN DILANTIK

Written By Suara Wiyaimana Papua on Senin, 18 Maret 2024 | Senin, Maret 18, 2024


Zeth Enn Terpilih Menjadi Ketua KNPB Wilayah Pegunungan Bintang,kepengurusan baru itu dipilih dan dilantik secara resmi melalui konferensi KNPB wilayah yang ke-III dilakukan sesusia mekanisme organisasi KNPB yang berlaku,pada 28 Februari 2024.

Pengurus KNPB wilayah pegunungan bintang mendorong Konferensi  yang ke-III untuk mendorong restrukturisasi dan reorganisasi sesuai dengan prinsip dan aturan umum KNPB (Ad/ART) BAB II  tentang Organisasi  yang diatur dalam pasal 17 tentang Konferensi  Tingkat Wilayah KW sebagai forum pengambil keputusan tertinggi KNPB wilayah.

Konferensi juga forum tertinggi KNPB wilayah untuk memilih dan mendemisionerkan pengurus KNPB sebelum.

Konferensi ke III didorong sesuai hasil keputusan Rapat Pimpinan Nasional RAPIMNAS ke-I sampai dengan Rapimnas ke IV KNPB Pusat dan  saran Dewan Komite Pusat DKP serta usulan Dewan Komite Wilayah (DKW) tersebut.

Hasil Rapat Pimpinan Nasional RAPIMNAS memuaskan beberapa wilayah perlu dilakukan konferensi wilayah untuk segera dorong konferensi membenahi pengurus KNPB wilayah termasuk wilayah pegunungan Bintang.

Dimana KNPB wilayah pegunungan Bintang adalah salah satu wilayah besar yang memiliki  33 sektor, sub sektor  dan basis yang berada di dua wilayah yaitu wilayah Ketengban dan wilayah Ngalum.

KNPB wilayah  pegunungan bintang adalah salah satu wilayah mendapatkan persetujuan dalam kongres l KNPB bahwa wilayah tersebut memiliki kriteria dan terpenuhi persyaratan untuk dimekarkan menjadi salah satu wilayah direkomendasikan membentuk struktur sebagai KNPB wilayah.

Berdasarkan hasil keputusan kongres I  melakukan konsolidasi mendorong konferensi ke I tahun 2010-2011 dan konferensi ke II pada tahun 2015.

Pada tahun 2024 Selanjutnya KNPB melakukan konsolidasi untuk memperkuat kepengurusan KNPB wilayah melalui konferensi ke-III untuk memilih pengurus baru KNPB wilayah pegunungan bintang periode berikutnya.

Konferensi ketiga KNPB wilayah pegunungan bintang yang sebelumnya direncanakan pada tanggal 19-24 tersebut berhasil didorong selama tiga hari yaitu 19-21 Februari 2024 di pegunungan bintang belum lama ini. Dalam konferensi ketiga tersebut secara resmi memilih dan menetapkan kepengurusan lengkap KNPB wilayah Pegunungan bintang sesuai dengan mekanisme demokrasi.

Pengurus baru yang dipilih  dalam konferensi  akan menjalankan roda organisasi sebagai alat perjuangan. 

Selain itu pengurus baru bukan hanya untuk menjadi pemimpin organisasi semata melainkan  menjadi pelayan dan mampu memimpin serta menggerakkan perjuangan pembebasan nasional. Kerja organisasi dan kerja politik menjadi satu kesatuan yang harus digerakkan oleh pengurus baru terpilih bersama rakyat Papua di wilayah Ngalum dan ketembang demi tercapainya agenda Hak Penentuan Nasib Sendiri.

KNPB pegunungan bintang memiliki dua suku besar dan 5 sub suku  berdomisili di kabupaten  pegunungan  bintang mampu  menggerakkan membawah33  KNPB sektor di dalamnya sub memiliki sub sektor, basis dan sel untuk berjuang bersama.

Kepengurusan KNPB wilayah pegunungan Bintang bukan hanya untuk orang  Ngalum dan ketengban tetapi Rakyat Papua yang tinggal di wilayah tersebut dari berbagai daerah yang ada di wilayah pegunungan Bintang.

Konferensi ke-III KNPB wilayah  pegunungan bintang dihadiri oleh utusan dari KNPB pusat, utusan 33  sektor, pengurus lama KNPB wilayah, perwakilan masyarakat, tokoh adat, tokoh gereja serta tamu undangan yang hadir  memenuhi undangan panitia.

Pdt. EK memimpin Ibadah pembukaan yang dipimpin ibadah dalam khotbahnya mengatakan, perjuangan orang Papua harus mengandalkan kekuatan Tuhan. Lebih lanjut  Pdt. EK  dalam gotbah singkat tersebut mengatakan KNPB berjuang harus mengandalkan Tuhan. karena KNPB sedang memperjuangkan kebenaran yang merupakan firman itu untuk keselamatan umat Tuhan dari pemusnahan. Sebab Injil adalah kekuatan Allah bisa mengubah apa pun bagi manusia tidak mungkin terjadi tegasnya.

Sementara Jubir Nasional  Ones Suhuniap utusan KNPB pusat  mewakili Ketua umum dan  ketua I membuka konferensi ke-III dalam sambutan pembukaan konferensi mengatakan :

KNPB sebagai media rakyat tetapi juga sebagai organisasi terus memediasi aspirasi Rakyat Papua tentang hak penentuan nasib sendiri  melalui mekanisme referendum harus diperjuangkan secara  konsisten.

Lebih lanjut Ones mengatakan organisasi adalah alat perjuangan harus dipelihara, dirawat dan dijaga seperti telur, karena dalam sebuah perjuangan bangsa organisasi sangat penting. Karena kita berjuang untuk mendirikan sebuah bangsa yang merdeka di dalamnya ada sistem yang mengatur manusia yang disebut Negara. 

Maka organisasi  itu adalah sebagai alat perjuangan tetapi organisasi bagian dari embrio Negara yang harus kita harus merawat dan tunduk pada aturan dan prinsip yang kita tetapkan sebagai hukum tertinggi dalam organisasi.

Selain itu perwakilan pengurus lama KNPB wilayah Pegunungan bintang mengatakan KNPB adalah harapan rakyat Papua tetapi juga harapan rakyat Papua, sehingga kita sebagai pengurus diberikan mandat  harus merawat alat perjuangan milik rakyat Papua ini dengan baik. 

Salah satu cara merawatnya adalah kita harus tunduk pada keputusan kolektif bersama dalam organisasi dan menjalankan aturan organisasi  dengan menghormati setiap keputusan tertinggi dalam organisasi seperti ini.

Jika selama ini kami pengurus lama tidak menjalankan tugas dengan baik sebagaimana mestinya kami perbaiki sama –sama  terus berjuang bersama. Sesuai aturan kami pengurus lama akan  didemisionerkan  dan dalam forum ini  maka selanjutnya pengurus baru akan terpilih kami dukung dan berjuang bersama.

Pengurus baru KNPB wilayah pegunungan bintang yang dipilih dan ditetapkan dalam sebuah  surat ketetapan No :  : 06/II. PPT-BPW /KW-III/BPW-KNPB-PB/II/2024,TENTANG, PENETAPAN DAN PENGESAHAN HASIL  PEMILIHAN PENGURUS BARU KNPB  WILAYAH PEGUNUNGAN BINTANG. SURAT PENETAPAN NO : 07 /II.SP-H/ KW-III /KNPB-PB/II/2024 TENTANG, PENETAPAN SEMUA HASIL KONFERENSI KE-II KNPB WILAYAH PEGUNUNGAN BINTANG.

Kepemimpinan baru KNPB Wilayah pegunungan bintang yang dipilih dan ditetapkan dalam konferensi ke-III sebagian besar pengurus lama diusulkan dan dipilih kembali dalam konferensi ke-III sedangkan sebagian adalah muka baru.

Komposisi kepengurusan  baru dipilih dalam komferda wilayah adalah pengurus ling satu Ketua umum : ZETH ENN, Ketua 1 : JUBINUS KALAKMABIN, Jubir : ILARIUS KAKYAMABIN dilengkapi sekretaris umum, Sekretaris I bendahara, dan  lima komisariat lainya.

Dalam penutupan sidang konferensi Ketua umum terpilih  ZETH ENN DALAM sambutan mengatakan dia akan melanjutkan madat rakyat bersama pengurus baru yang terpilih dan pengurus lama yang sudah demisionerkan bersama rakyat Papua yang ada di wilayah pegunungan bintang tegasnya.

Oleh karena itu semua komponen rakyat Papua yang ada di pegunungan terutama dua suku besar Ngalum dan ketengban bersatu melawan penindasan, tidak boleh orang lain datang memecah belah kami. Karena kami orang Ngalum dan ketembang serta semua suku di Papua adalah satu bangsa yaitu; Bangsa Papua, tidak boleh orang lain yang datang  memecah belah kami disini untuk kepentingan mereka tegasnya.

Setelah konferensi wilayah melanjutkan pendidikan bersama yang diikuti oleh semua utusan 33 sektor KNPB wilayah pegunungan bintang bersama rakyat di tempat konferensi. Hasil konferensi dilaporkan kepada KNPB Pusat untuk menerbitkan surat keputusan SK sekaligus melantik dan menyerahkan SK kepada pengurus terpilih.

Laporan Media KNPB wilayah Pegunungan Bintang  


Oksibil, 28 Februari 2024.


ILARIUS KAKYARMABIN

(Jubir KNPB Wilayah Pegunungan Bintang)





Share this article :

0 komentar:

.

.

Pray For West Papua

Pray For West Papua

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA