Aksi tolak sweeping, sekolah di Dogiyai diliburkan - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , » Aksi tolak sweeping, sekolah di Dogiyai diliburkan

Aksi tolak sweeping, sekolah di Dogiyai diliburkan

Written By Suara Wiyaimana Papua on Selasa, 24 Januari 2017 | Selasa, Januari 24, 2017

Tampak SMP YPPK St. Fransiskus Moanemani sangat sepi, Senin, (23/1/2017) - Jubi/Abeth You
Dogiyai, Jubi - Semua sekolah memilih meliburkan diri saat Solidaritas Peduli Hak Asasi Manusia Kabupaten Dogiyai (SPHAM-KD) menggelar aksi di kantor DPRD Dogiyai, Senin, (23/1/2017) menyusul berlanjutnya aksi sweeping Operasi Mantap Praja aparat gabungan Polres Nabire di Dogiyai yang sudah memakan korban dan meresahkan masyarakat.
Hal itu dibenarkan Kepala SMP YPPK St. Fransiskus Asisi Moanemani, Ernes Giyai yang mengatakan pihaknya meliburkan anak didik lantaran permintaan orangtua.
"Memang kami liburkan sekolah karena permintaan orangtua. Sebab, hari ini ada aksi dari masyarakat ke kantor DPRD Dogiyai, " ujar Ernes Giyai ketika dikonfirmasi Jubi, Senin,  (23/1/2017).
Dikatakan Giyai, liburnya hanya sehari saja (Senin), dan hari Selasa,  (24/1) akan kembali melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) seperti biasa.
"Dogiyai memang selama ini kurang nyaman karena ada aksi sweeping berlebihan yang dilakukan oleh aparat, " katanya membenarkan.
Menurutnya, suasana yang sedang terjadi sekarang ini justru membuat para anak didiknya menjadi ketakutan untuk melakukan belajar mengajar. 
"Ya, ini sudah dekat ujian nasional. Anak-anak siswa jadi terganggu. Karena rata-rata korban sweeping para siswa ini," jelasnya.
Tokoh pemuda Dogiyai, yang juga Guru SMAN 1 Dogiyai, Michael Boma merasa sangat prihatin dengan kondisi yang dialami warga Kamuu dan Mapiha ini. Sebab, menurut Boma, Dogiyai sejak hadir tahun 2008 sudah banyak terjadi pertumpahan darah.
"Dogiyai sejak dimekarkan sudah banyak tumpah darah. Itu semua ulah aparat. Jadi, kalau pengamanan Pilkada ya yang wajar-wajar saja. Karena, apa yang masyarakat bawa seperti parang, kampak, skop dan lainnya itu alat kerja di kebun," paparnya. (*)

Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA