Ro Teimumu : Serukan Semua Fiji Memberikan Dukungan Kepada Papua Barat - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , , » Ro Teimumu : Serukan Semua Fiji Memberikan Dukungan Kepada Papua Barat

Ro Teimumu : Serukan Semua Fiji Memberikan Dukungan Kepada Papua Barat

Written By Suara Wiyaimana Papua on Rabu, 22 April 2015 | Rabu, April 22, 2015

Foto : Ro Teimumu Pemimpin Oposisi di Fiji
Fiji, (KM)-- Pemimpin Oposisi Ro Teimumu Kepa serukan lapisan masyarakat Fiji, NGO dan semua Fiji memberikan dukungan kepada saudara dan saudari dari Papua Barat di Malanesia yang telah lama menderita selama 50 tahun terakhir, dirilis di Fiji Times, Selasa (21/4/2014).

Selama ini kita mendukung Papua Barat, kita tahu masalah adat dengan rakyat Papua, dalam hal ini pemerintah kita yang tidak mendukung perjuangan mereka," kata Ro Teimumu.

"Jadi kami sangat mendukung mereka dalam hal ini, kami berharap MSG akan mencoba dan lebih proaktif dalam hal bantuan dan lobi yang bisa mereka lakukan dengan saudara-saudara kita di Papua Barat.

"Kami meminta semua Fiji untuk menjaga mereka dalam doa-doa karena mereka benar-benar membutuhkan dukungan rohani kita karena kita tidak bisa berada di sana bersama mereka secara fisik."

Pernyataan dukungan Teimumu ini bertepatan dengan Sekretaris Jenderal United Liberation Movement for West Papua (Persatuan Pergerakan Pembebasan untuk Papua Barat), Octovianus Mote menemui sejumlah pihak di Kepulauan Solomon untuk melobi dukungan untuk tawaran ULMWP untuk bergabung dengan MSG. (Selasa, 21 April 2015).

Juru bicara ULMWP Benny Wenda juga sebelumnya telah menyerukan bahwa semua saudara- saudara di Melanesia dan Pan-Pacific untuk bersatu untuk membawa Papua Barat kembali ke keluarga Pasifik (dirilis di situs resmi Beny Wenda). 

"Kita sebagai sesama Melanesia Papua ingin bertahan hidup, aman dan bebas di negeri kita sendiri dan oleh karena itu, kita tidak bisa terus hidup dengan Indonesia di mana kita tidak aman dan di mana ada hanya membunuh dan penjara bagi kita," kata Beny Wenda. 

Surat dukungan yang telah kirim kepada Menteri Luar Negeri Ratu Inoke Kubuabola tidak menanggapinya. Kata dia ia tidak bisa mengkonfirmasi posisi Fiji mengenai isu tersebut, sedangkan anggota oposisi di Fiji juga mendesak dukungan pemerintah harus dilakukan untuk Papua Barat. 

Inoke mengatakan "Menerima keanggotaan baru untuk Papua Barat akan dipertimbangkan oleh pejabat senior dari MSG, menteri luar negeri dan kemudian ke para pemimpin MSG," katanya.


"Pertemuan ini akan berlangsung pada bulan Juli di Honiara tahun ini. Hingga kini posisi Fiji belum memastikan apakah Fiji akan mendukung Papua Barat untuk anggota MSG atau tidak." (Marinus Gobai/KM).

Sumber:www.kabarmapegaa.com/2015/04/ro-teimumu-serukan-semua-fiji.html
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA