Ribuan Umat Asli Papua Rayakan Paskah Nuansa Papua ke-XI di Lapangan Zakeus - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , » Ribuan Umat Asli Papua Rayakan Paskah Nuansa Papua ke-XI di Lapangan Zakeus

Ribuan Umat Asli Papua Rayakan Paskah Nuansa Papua ke-XI di Lapangan Zakeus

Written By Suara Wiyaimana Papua on Selasa, 07 April 2015 | Selasa, April 07, 2015

Tarian Etnis Ngalum dalam mengantar persembahan pada Perayaan Misa Paskah Nuansa Papua di Lapangan Zakeus, Abepura, Jayapura, Papua, Senin (06/04/15). Foto: IT/BEKO.
Jayapura, MAJALAH BLACK KOTEKA - - Ribuan umat asli Papua merayaan Misa Paskah Nuansa Papua yang dipimpin oleh Pastor Andreas Krismadi Projo di Lapangan Zakeus, Padang Bulan, Abepura, Jayapura, Papua, Senin (06/04/15).

“Puncak iman mempercayaan kita di peristiwa Paskah akan menyelamatkan kita dari belenggu dosa. Pengalaman yang sangat berarti, Paskah Nuansa Papua hari ini yang ke empat kalinya saya bersama ribuan umat asli Papua,” kata Pastor Krismadi Projo saat homili singkat.

Krismadi mengatakan, kehadiran Tuhan yang hidup dalam diri pribadi kita membawa kita ke jalan keselamatan dan saling mengenal sesama etnis. Oleh karenanya, kita semua dituntut untuk saling mencinta, hidup dalam kebenaran, dan kesetiakawanan.

Melalui kebangkitan ini, lanjut Krismadi, kita dituntut untuk berjalan dalam hal-hal kebenaran. Apabila kita mewartakan suara kebenaran antar sesama, maka kita diberkati.

Pungkas Krismadi, “Marilah kita sadar akan Tuhan yang selalu hadir dalam hidup kita, sehingga lewat kebangkitan ini kita dibebaskan dari belengu dosa, penindasan, tidak saling percaya antar sesama kita umat manusia.”

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Panitia Perayaan Paskah Nuansa Papua ke-XI Ikatan Cendekiawan Katolik Papua (ICAKAP), Thadius Walilo mengatakan, ICAKAP ada untuk membenahi ketertinggalan atau minimnya SDM umat katolik di tanah Papua untuk terlibat dalam menentukan segala kebijakan pembangunan bersama umat Allah dan secarah khusus umat Katolik di tanah Papua.

“ICAKAP lahir tidak hanya sebagai organisasi formal yang tidak memiliki konsep jangka panjang, tetapi ICAKAP lahir sebagai organisasi pembaharuan,” kata Thadius.

“ICAKAP mempunyai rencana-rencana jangka panjang untuk melakukan terobosan-terobosan atau situasi kehidupan umat katolik di Papua, secara khusus orang asli Papua sebagai perwujudan dari orientasi itu,” tambah Thadius.

Lanjut Thadius, ICAKAP bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal budaya asli Papua melalui iman Gereja Katolik.

Selain itu, Thadius mengatakan, perayaan Paskah Nuansa Papua merupakan salah satu langkah yang tepat guna mengangkat iman katolik melalui nilai-nilai kearifan budaya lokal setempat. Dari berbagai etnis diseantero tanah Papua dengan memperingati masa kematian dan kebangkitan Sang Juru Selamat, yaitu Yesus Kristus di masa Paskah.

“Momen ini menjadi tujuan membangun persekutuan umat dalam komunitas keluarga yang digali dan diangkat berdasarkan bentuk penyembahan dan kemuliaan Sang Pencipta sesuai kepercayaan setiap etnis masing-masing di tanah Papua,” pungkas Thadius. (Isodorus Tebai/BEKO)

Sumber:majalah-blackkoteka.blogspot.com/2015/04/ribuan-umat-asli-papua-rayakan-paskah.html
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA