"Solomon Islands Solidarity for West Papua Freedom ... - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , , » "Solomon Islands Solidarity for West Papua Freedom ...

"Solomon Islands Solidarity for West Papua Freedom ...

Written By Suara Wiyaimana Papua on Jumat, 27 Maret 2015 | Jumat, Maret 27, 2015

Peserta Workshop participants. Foto: ACoM Media

Salomon, MAJALAH SELANGKAH -- Jumat, 20 Februari 2015, pada hari Keadilan Sosial Dunia, masyarakat Republik Fiji mendeklarasikan Gerakan Solidaritas Fiji untuk Pembebasan Papua Barat (Fiji Solidarity Movement for West Papuas Freedom).  Deklarasi ini ditandai dengan demo damai dan long march dari pasar Loak menuju Taman Sukuna, Suva, Fiji. (Baca: Solidaritas Fiji untuk Pembebasan Papua Barat Diluncurkan di Hari Keadilan Sosial).

Satu bulan setelah itu, tepatnya, Jumat 20 Maret 2015, Gereja Anglikan Melanesia di Salomon membentuk  "Solidaritas Kepulauan Salomom untuk Pembebasan Papua Barat"  atau  Solomon Islands Solidarity for West Papua Freedom.


Solidaritas ini lahir dari  konsultasi satu hari untuk membahas dan menyoroti isu-isu tentang perjuangan Papua Barat untuk kebebasan dan kemerdekaan dari Indonesia pada Jumat 20 Maret 2015 lalu. 

Konsultasi ini diselenggarakan  oleh Dewan Gereja Pasifik (PCC) dan Gereja Anglikan Melanesia (ACOM) di Katedral St. Barnabas di Honiara. 


Dirilis anglicannews.org,  26 Maret 2015,  konsultasi ini merupakan tindak lanjut dari workshop yang diadakan pada Juni 2014 dengan tema: Memikirkan kembali Rumah Tangga Allah di Kepulauan Solomon: Pelatihan Pengelolaan dan Kepemimpinan yang  difasilitasi  Aisake Casimira PCC dan Mr Sirino Rakabi dari Ekumenis Pusat Penelitian, Pendidikan dan Advokasi (ECREA) dari Fiji.


Keanggotaan  Solomon Islands Solidarity for West Papua Freedom  terdiri dari wakil-wakil dari gereja, organisasi dan kelompok yang hadir selama konsultasi, yakni  SICA [Solomon Islands Christian Association] and SIFGA [Solomon Islands Full Gospel Association] anggota gereja, organisasi masyarakat sipil, kelompok-kelompok termasuk Forum Solomon Islands International (FSII), Free West Papua Movement in the Solomon Islands, S.I. Grassroots for West Papua, ACOMs Commission for Justice, Reconciliation and Peace (CJRP), ACOM Mothers Union, Young Womens Parliamentary Group, Voice Blo Mere, and, the Development Services Exchange (DSE) mewakili LSM dalam negeri. 


Konsultasi juga menegaskan dukungannya atas kemerdekaan Papua Barat.  "... secara aktif mendukung perjuangan kemerdekaan politik rakyat Papua Barat" dan "... berkomitmen untuk mendukung  kemerdekaan Papua,  hak yang melekat untuk menguntungkan politik penentuan nasib sendiri dan kebebasan sejati."


Disebutkan di sana, agenda  Solomon Islands Solidarity for West Papua Freedomantara lain adalah  mendorong Pemerintah Salomon untuk  memberkan dukungan atas aplikasi Papua Barat untuk MSG. Selian itu, mereka juga meminta pemerintah Salomon  untuk membuat sikap yang jelas dalam mendukung Papua Barat. 


Prinsip mendasar  Solomon Islands Solidarity for West Papua Freedom  adalah Keluaran 3: 7 8:

"Dan TUHAN berfirman: Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka. Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka dari tangan orang Mesir dan menuntun mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ke tempat orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus."


"Konsultasi ini menegaskan bahwa secara moral dan etis yang salah untuk tetap diam ketika saudara-saudara kita dari Papua Barat menderita penindasan dan kekejaman atas hak asasi manusia di bawah penguasa kolonial menindas di depan rumah kita sendiri. Melanesia dan dunia harus bicara untuk menentang penindasan Indonesia di  Papua Barat dan menyerukan kepada para pemimpin dan pemerintah mereka untuk rakyat dan bangsa Papua Barat mengalami keselamatan seperti yang dikehendaki  Allah." (Yermias Degei/MS)

Sumber: "Solomon Islands Solidarity for West Papua Freedom ...
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA