Socrates: Pemerintah Indonesia Jangan Salahkan Rakyat Papua - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , » Socrates: Pemerintah Indonesia Jangan Salahkan Rakyat Papua

Socrates: Pemerintah Indonesia Jangan Salahkan Rakyat Papua

Written By Suara Wiyaimana Papua on Senin, 09 Maret 2015 | Senin, Maret 09, 2015

Pdt. Zocrates Sofyan Yoman
JAYAPURA- Seorang tokoh agama asal Pegunungan Tengah  Pdt. Zocrates Sofyan Yoman, mengatakan, Pemerintah/aparat keamanan dan rakyat Indonesia jangan persalahkan rakyat Papua, terutama penduduk asli Papua, kalau Papua lepas dari Indonesia dan berdiri sebagai negara berdaulat.

Pasalnya kata Socrates Yoman, selama hampir 52 tahun sejak 1 Mei 1963, rakyat Papua tidak diurus dengan baik sebagaimana mestinya, tetapi yang terjadi malah ditempatkan sebagai ‘musuh’ negara dengan berbagai lebel, seperti  stigma anggota OPM, separatis, pembuat makar dan berbagai macam label lainnya.

“Aparat keamanan Indonesia dengan mudah membantai orang asli Papua dan pembunuhnya dilindungi, bahkan diberikan pangkat pahlawan nasional,” ungkapnya kepada Bintang Papua via ponselnya, Minggu, (8/3).

Ditegaskannya, suara-suara yang menderita, tetesan air mata dan cucuran darah mulai diperhatikan oleh komunitas internasional dalam semangat solidaritas dan kemanusiaan. Kasus terbaru adalah masalah penembakan 4 siswa di Paniai pada 8 Desember 2014 lalu yang pelakunya diduga aparat, tetapi aparat masih saja dicari-cari alasan.

“Negara ini melindungi pembunuh atau melindungi rakyatnya. Harusnya Indonesia belajar dari masalah penyebab lepasnya Timur Leste dari NKRI, itu karena perilaku pemerintah dan aparat keamanannya,” tegasnya lagi.


Menurutnya, Papua memang tidak bisa dan sulit dipertahankan dalam wilayah Indonesia. Karena kejahatan dan kekejaman negara terhadap rakyatnya Papua sulit dikompromikan karena sudah diluar batas-batas kemanusiaan dan kesetaraan. “ Jadi sudah waktunya Indonesia harus mengakhiri pendudukan dan penjajahan di Tanah Papua,” katanya vokal .(Nls/don/l03)

Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA