PERNYATAAN SIKAP KOMUNITAS PELAJAR MAHASISWA YAHUKIMO (KPMY) DI JAYAPURA TERTKAIT SITUASI YAHUKIMO - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , , » PERNYATAAN SIKAP KOMUNITAS PELAJAR MAHASISWA YAHUKIMO (KPMY) DI JAYAPURA TERTKAIT SITUASI YAHUKIMO

PERNYATAAN SIKAP KOMUNITAS PELAJAR MAHASISWA YAHUKIMO (KPMY) DI JAYAPURA TERTKAIT SITUASI YAHUKIMO

Written By Suara Wiyaimana Papua on Sabtu, 21 Maret 2015 | Sabtu, Maret 21, 2015



KOMUNITAS PELAJAR MAHASISWA YAHUKIMO ( KPMY)
DI JAYAPURA TAHUN 2014
Sekretariat :Jln.Kampwolker Perumnas III waena Email : kpmy_jpr 2002@yahoo.com
===============================================
PERNYATAAN SIKAP KOMUNITAS PELAJAR MAHASISWA YAHUKIMO (KPMY) DI JAYAPURA TERTKAIT SITUASI YAHUKIMO
Terkait penembakan warga sipil dan penangkapan sewenang-wenang dan penyisiran yang dilakukan oleh aparat kepolisian Polres Yahukimo bersama dengan Brimob polda Papua terhadap warga sipil yang menjadi korban dan terus berjatuhan sejak tanggal 19-20 Maret 2015 di yahukimo sampai dengan saat ini.
Maka kami Komunitas Pelajar Mahasiswa Kabupaten Yahukimo KPMY dari 53 distrik yang ada di kota studi jayapura menilai bahwa, kekerasan yang terjadi di Yahukkimo dua hari terakhir ini segera dihentikan. Karena kami menilai peristiwa di Yahukimo menelan korban terus berjatuhan itu merupakan sebuh skenario untuk menciptakan konflik hirisontal dan menghancurkan rakyat yahukimo yang selama ini hidup aman satu sama yang lain. 
Sebab sesuai dengan kronologi yang kami ketahui KNPB yahukimo melakukan penggalangan dana sejak tanggal 11 maret 2015 lalu sampai dengan tanggal 19 maret 2015 dilakukan dengan damai di depan ruko pada hari Kamis 19 Maret 2015. Namun yang terjadinya korban jiwa di Yahukimo adalah akibat Brimob membubarkan secara paksa kegiatan tersebut. jika polisi dan brimob tidak melakukan hal tersebut tidak mungkin terjadi hal ini. Sebab kami ketahui bahwa selama ini setiap kegiatan demo damai yang dilakukan di yahukimo tidak pernah terjadi seperti ini, namun yang terjadi penembakan korban jiwa ulah anggota Brimob yang dikirim oleh polda papua ke yahukimo olek karena itu segera tarik brimob dari Yahukimo.
Berdasarkan kronologi tersebut diatas kami komunitas Pelajar Mahasiswa Yahukimo KPMY Kabupaten yahukimo kota Studi Jayapura, yang berasal 53 distrik mencakup wilayah 1, wilayah 2 dan wilayah Mendesak agar :
1. Polda Papua segera hentikan penangkapan, Penembakan dan penyisiran terhadap rakyat sipil di yahukimo.
2.   Polda segera tarik anggota Brimob dari kabupaten yahukimo
3.   Polda papua segera bertanggung jawab atas penembakan terhadap 4 warga sipil dan satu orang meniggal dunia atas nama Obangma Segenil 52 Tahun asal distrik silimo
4.   Polda Papua segera bebaskan 16 warga sipil dan Membuka Ruang demokrasi di Kabupaten Yahukimo
5. Kami Mahasiswa yahukimo meminta kepada Lembaga kemanusiaan, LSM Komnas HAM dan DPRP segera turun ke Yahukimo untuk mengivestigasi terhadap korban di yahukimo
6.   Pemerintah Daerah dan gereja segera menyelesaikan permasalahan yang terjadi atas korban masyarakat sipil yang tidak tau apa-apa berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan
7. Apabilah poin-poiin tuntutan kami tidak di respon maka kami komunitas Pelajar Mahasiswa Yahukimo akan menduduki/aksi di DPRP dan POLDA PAPUA.
Demikian pernyataan kami atas perhatian dan kerja sama yang baik kami haturkan berlimpah terima kasih

21 Maret, 2015

Komunitas Belajar Mahasiswa Yahukimo (KPMY)

Oppy Soll                  Herbhet Amohoso
Ketua                Sekertaris


KRONOLOGIS PERTAMA TANGGAL 19 MARET 2015

1 Anggota KNPB ditangkap dan 2 orang terluka dan panggung penggalangan dana dibongkar paksa Pada tanggal 09 maret 2015 KNPB Yahukimo membuka panggung penggalangan dana di depan ruko putra daerah Yahukimo sesui dengan program kerja mereka. Pada tangal 11 maret 2015 KNPB bersama masyarakat melakukan penggalangan dana di depan Ruko putra daerah, kegiatan penggalangan dana ini berjalan secara damai selama 1 minggu sejak tanggal 11 -19 maret 2015.
Pada kamis tanggal 19 Maret direncanakan hari terakhir melakukan penutupan penggalangan dana tersebut, renca penutupan penggalangan tersebut hendak dilakukan pada pukul 15 .00 WPB dalam ibadah. Satu hari sebelumnya kegiatan berlangsung KNPB yahukimo sudah melakukan Kordinasi bahwa panggung penggalangan dana tersebut akan ditutup pada tanggal 19 Maret dalam bentuk Ibadah terbuka.
Kemudia Pada pagi hari tanggal 19 Maret 2015 KNPB yahukimo bersama ribuan rakyat sedang berkumpul di tempat penutupan panggung untuk mengikuti ibadah dan sedang melakukan persiapan, Namun pada pagi tanggal 19 maret 2015 pagi hari Polda Papua mengutus anggota Brimob polda Papua menuju Yahukimo menggunaan pesawat susi air menuju Yahukimo.
Kemudian pada pukul 09.25 langsung tiba ditempat kegiatan penggalangan dana tersebut dengan kekuatan penuh langsung mengeluarkan tembakan dan membongkar panggung tanpa kordinasi dengan pengurus KNPB dan kordinator yang melakukan persiapan ibadah penutupan panggung pencarian dana.
Anggota Brimob dan anggota polisi datang membonggar panggung tersebut degan membubarkan paksa masa yang berkumpul di tempat kegiatan dengan alasan bahwa kegiatan tersebut illegal katanya. Setelah anggota brimob dan dan kepolisian membongkar panggung dan menyita barang-barang milik KNPB seperti Spanduk ,Megapone, Spiker Toa dan Camera serta bendera KNPB bahkan juga uang Yang dikumpul oleh rakyat. 
Dalam insiden pembubaran paksa tersebut anggota brimob mengeluarkan beberapakan penembakan terhadap masa untuk membubarkan secara paksa hal tersebut mengakibatkan 2 anggota KNPB terluka dan 1 anggota KNPB ditangkap polisi sementara di tahan polres Yahukimo.

KORNOLOGIS HARI KE DUA JUMAT 20 MARET 2015
2. Brimob Polda Papua dan Kepolisian dari Polres Yahukimo kembali Menagkap 5 aktivis KNPB dan 5 warga Sipil Ditembak, 1 orang Meninggal Dunia.
Pada hari jumat 20 Maret 2015 kepolisian dari polres Yahukimo dan Brimob dari Polda Papua kembali melakukan penangkapan dan Penembakan terhadap rakyat sipil dan anggota KNPB.
Awalnya pada pukul 15.10 WPB kepolisian dari polres Yahukimo dan Brimob mendatangi sekertariat KNPB yang terletak di jalan Heluk, belakang pasar baru dengan kekuatan penuh membongkar sekertariat KNPB lalu tanpa melakukan negosiasi dengan pengurus dan anggota KNPB yang berada di sekertariat KNPB dan langsung mengeluarkan tembakan kearah sekertariat. akhirnya warga disekitar kompleks sekertariat berhamburan keluar dan lari menyelamatkan diri. Kemudian polisi langsung masuk ke sekertariat dan melakukan Pembonggaran terhadap sekertariat KNPB.
Dalam insiden ini polisi dan anggota brimob menangkap 3 aktivis KNPB dan menembak 4 warga sipil yang berada di sekitar kompleks sekertariat KNPB. Pada pukul 16.30 WPB kepolisian dan brimob menangkap 3 orang anggota KNPB antara lain :
1. ELKIUS KOBAK 17 Tahun 
2. PUTIH BAHABOL 20 Tahun
3. ERA KOBAK 20 Tahun
Kemudian 3 warga sipil yang ditembak adalah 
1. TITUS GIBAN 39 tahun ( Kepala Sekolah SD suru-suru) korban kena tembakan di Rusuk dan tembus perut
2.   SIMSON GIBAN 32 Tahun kepala kampung silikon distrik silimo(kritis)
3.   OBANGMA SEGENIL 58 Tahun (meninggal dunia)
4.  INTER SENEGIL 16 tahun ( anak sekolah salah satu SMA di Yahukimo, Korban kena tembak di tangan kiri dan tangan kanan
Penembakan itu terjadi pada pukul 16.45 di sekitar kompleks sekertariat KNPB wilayah Yahukimo. Kemudian pada pukul 17 30 WPB dua orang ditangkap, antara lain 1. Yulianus Payage 2 pion Yelemaken.

Berdasarkan informasi kami dapat dari Yahukimo bahwa Birimob dari polda papua dan polres Kabupaten Yahukimo telah menangkap dan menahan 16 orang di polres Yahukimo sejak tanggal 19-20 Maret 2015. 
Kemudian Jumlah korban penembakan 6 orang, dari 6 orang tersebut satu orang atas nama Obangma Segenil meninggal dunia.

Sumber: KNPB-News (Nesta Ones Suhuniap)
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA