Pasca Pembubaran, Sosialisasi ULMWP Berjalan Lancar - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , , , , » Pasca Pembubaran, Sosialisasi ULMWP Berjalan Lancar

Pasca Pembubaran, Sosialisasi ULMWP Berjalan Lancar

Written By Suara Wiyaimana Papua on Selasa, 03 Maret 2015 | Selasa, Maret 03, 2015

Para Pimpinan PNWP, WPNCL dan NRFPB melakukan sosialisasi terbuka hasil ULMWP di Asrama Rusunawa, Waena, 3/2/2015. Foto: Ist.
Jayapura, MAJALAH SELANGKAH -- Para pimpinan Parlemen Nasional West Papua (PNWP), Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB) dan West Papua Nasional Coalition for Liberation (WPNCL) secara resmi mulai melakukan sosialisasi United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) yang dilahirkan di Saralana, Vanuatu awal Desember 2014 lalu kepada seluruh rakyat Papua Barat. Hari ini, Senin (02/03/15), sosialisasi dibuat di Jayapura, Papua.

Kegiatan yang direncanakan dibuat di Aula Asrama Timika di Jayapura dibubarkan paksa oleh ratusan personil aparat keamanan. Mereka merampas dan merobek baleho kegiatan, menyita atribut seminar lainnya dan menahan 3 orang. Mereka yang ditahan adalah Benu Rumbiak, Simeon Alua, dan Yas Wenda. Baca: Polisi Bubarkan Seminar ULMWP di Jayapura.

Usai dibubarkan polisi bersenjata lengkap, ratusan peserta seminar ramai-ramai menuju ke Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) milik Universitas Cenderawasih (Uncen) di Perumnas III, Waena, Jayapura, Papua. Jarak yang ditempuh peserta seminar adalah sekitar 3 Kilo Meter dari aula Asrama Timika Perumnas I menuju ke Rusunawa Perumnas III. 

Para pemimpin organisasi perjuangan menghimbau semua rakyat Papua tidak takut untuk bicara Papua merdeka di mana pun dan kapan pun, dan membuka diri untuk bersatu-padu menjadi satu kekuatan. Persatuan akan menjadi kekuatan utama rakyat Papua. Baca: Seminar ULMWP Dilangsungkan di Asrama Rusunawa, 3 Orang Masih Ditahan.

"Untuk menindak lanjuti persatuan faksi-faksi perjuangan, pada tanggal 5 Februari 2015, secara resmi ULMWP telah mendaftarkan proposal ke sekretariat MSG di Vanuatu. Maka yang kita lakukan hari ini adalah untuk menyatukan seluruh orang Papua Barat dan ini adalah sosialisasi pertama dan resmi," jelas Jonah Wenda dari WPNCL. Ketua KNPB, Victor Yeimo menekankan penting dan mendesaknya kesadaran persatuan.

"Kunci orang Papua untuk merdeka adalah persatuan. Persatuan di dalam negeri adalah satu yang diinginkan dan dirindukan oleh masyarakat internasional. Juga persatuan antar pemimpin faksi-faksi perjuangan adalah satu kerinduan orang Papua. Dan para pemimpin bangsa Papua Barat sudah buktikan dan kini sudah bersatu," ungkap Yeimo.Willem 


Rumasep dari NFRPB mengatakan, dimulai dari hari ini, sosialisasi mengenai ULMWP akan dimulai. Mengenai ULMWP, baca: Deklarasi Saralana oleh ULMWP.

"Nantinya, tiga organisasi besar ini akan melakukan sosialisasi di seluruh tanah Papua Barat dengan gaya dan caranya masing-masing. Untuk memberitahukan kepada rakyat Papua Barat bahwa saat ini orang Papua harus bersatu dalam ULMWP," katanya. (Hendrikus Yeimo/MS)

Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA