Oktovianus Motte, Kembali Wawancara Dengan Beberapa Anggota MSG dan Menteri Luar Negeri di Radio Nz Sore Ini. - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , , » Oktovianus Motte, Kembali Wawancara Dengan Beberapa Anggota MSG dan Menteri Luar Negeri di Radio Nz Sore Ini.

Oktovianus Motte, Kembali Wawancara Dengan Beberapa Anggota MSG dan Menteri Luar Negeri di Radio Nz Sore Ini.

Written By Suara Wiyaimana Papua on Selasa, 10 Maret 2015 | Selasa, Maret 10, 2015

Oktovianus Motte, Kembali Wawancara Dengan Beberapa Anggota MSG dan Menteri Luar Negeri di Radio Nz Sore Ini.

SWP-News- Sekertaris Jenderal United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Oktovianus Motte telah wawancarai kembali di Radio Newzeland bersam Beberapa Pimpinan MSG, senin 09/03/15 hari ini.
Menteri Luar Negeri Indonesia mengunjungi PNG Ia di gategorikan orang minoritas atau kacau, ketika mewawancarai oleh Jurnalis lokal, Ia dapat menghalangi Ketika menanyai tentang stuasi Hak Asaasi Manusia Papua Barat. Tetapi Komentar oleh Menteri Perdana PNG, Peter O’Neil, mendesak untuk indonesia memebrikan dukungan pada lamaran untuk menjadi Anggota MSG.
Topik ini tidak terlepas dari agenda pembahasan sebelumnya. Menteri Luar Negeri PNG Rimbink Pato, menurutnya bahwa PNG menghormati memegang kedaulatan Indonesia atas wilayah Papua. Namun dia mengatakan setiap upaya oleh orang Papua Barat untuk bergabung ke MSG harus didukung oleh Indonesia.
Lanjut Rimbiak Pato: Jad kita bukan memaksa Indonesia tentang menjalankan urusan mereka. Jika ada sebuah aplikasi, kami ingin memastikan bahwa itu adalah wakil dari Melanesia yang mereka klaim untuk mewakili. Jadi kita tidak ingin kelompok yang factionalisme didukung penuh oleh satu kelompok Melanesia yang tinggal di AS atau di suatu tempat di Eropa atau Australia dan kemudian menyebabkan lebih banyak masalah daripada memperbaiki.
Di Kepulauan Solomon, Menteri Luar Negeri Milner Tozaka katanya mengangkat isu tentang Papua Barat dengan Retno Marsudi, yang berkaitan dengan kekhawatiran diungkapkan oleh posisi MSG diamanatkan.
Lanjut Milner TOZAKA: Ada kesepakatan bersama bagi kita untuk meningkatkan isu Papua Barat di tingkat bilateral. Tapi secara kolektif, kita memiliki berdiri bersama di atasnya yang kita mendukung penentuan nasib sendiri dari Papua Barat, tetapi harus melihat dalam terang referendum yang ditandatangani pada tahun 1969, Ujarnya.
Pembicaraan Retno Marsudi di Fiji dengan rekan-nya Ratu Inoke Kubuabola menghasilkan rakit, termasuk lebih dekat kerjasama, pelatihan militer dan Indonesia melakukan $ 20.000.000 us dollar untuk program peningkatan kapasitas MSG. Sehingga dalam stuasi ini, Sekretaris Jenderal United Liberation Movement For West (ULMWP) mengatakan lobi Jakarta tidak harus melakukan dan memecahkan dalam kasus untuk keanggotaan Papua Barat di MSG. Octo Mote mengatakan pendekatan Indonesia adalah sama saja membeli keluar para pemimpin negara-negara Melanesia.
Lanjut Oktovianus Mote: Saya sendiri lebih mengenal cara Indonesia yang mana mereka melobi terhadap MSG, banyak sekali kami menghadapi penawarran suap terhadap Orang Papua barat sendiri pula. Sehingga cara ini sangat memalukan. Jadi saya percaya para pemimpin Melanesia. Mereka tahu bagaimana membuat perbedaan antara hubungan bilateral dalam situasi hak asasi manusia di Papua Barat yang sedang kami hadapi.
Okto Mote mengatakan dia yakin bahwa para pemimpin MSG akan mendengarkan dukungan untuk menjadi keanggotaan Papua Barat di MSG, sehingga Para pemimpin MSG diharapkan untuk menerima dan memutuskan Lamaran kami pada KTT tahunan di Honiara di pertengahan tahun ini, ujar motte.(Ago Papuanus / SWP)

Redaksi: SWP-News
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA