Polda Papua Kerahkan 1.576 Personil Kejar Penembak Brimob - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , » Polda Papua Kerahkan 1.576 Personil Kejar Penembak Brimob

Polda Papua Kerahkan 1.576 Personil Kejar Penembak Brimob

Written By Suara Wiyaimana Papua on Kamis, 08 Januari 2015 | Kamis, Januari 08, 2015

Ilustrasi Pasukan Polisi dan TNI – Jubi/Arjuna
Jayapura, Jubi – Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengerahkan sedikitnya 1.576 personil gabungan polisi dan TNI mengejar pelaku penembakan yang menewaskan dua anggota Brigadir Mobil (Brimob) dan satu karyawan PT. Freeport Indonesia di Mimika, Papua pada 1 Januari lalu.

Kapolda Inspektur Jenderal (Pol) Yotje Mende mengatakan, pasukan itu terdiri dari dua pertiga anggota Polres Mimika, 453 orang Satgas Amole, 27 orang merupakan gabunganPropam, Reserse, Intel dan Satgas Ops Polda Papua, serta 150 personil TNI bersenjata lengkap dari Batalyon Kodim Mimika,

“Brimob Polda juga disiagakan sebanyak 500 personil. Mereka siap diberangkatkan ke Timika dalam operasi penegakan hukum. Targetnya satu, tangkap hidup atau mati pelaku penembakan, ambil kembali senjata anggota yang dirampas. Saya tidak mau ambil resiko. Tapi kalau mereka menyerah, kami jadikan mereka manusia. Kami tetap menjujung HAM,” kata Kapolda Yotje kepada wartawan dalam keterangan persnya, Rabu (7/1) sore.

Menurutnya,  hasil sementara Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri menyimpulkan, para korban ditembak dari jarak dekat menggunakan senjata laras pendek jenis FN. Katanya, peluru yang ditemukan adalah amunsi FN.

“Memang peluru itu bisa digunakan senjata lain, tapi itu peluru FN. Kesimpulannya senpi FN. Jadi tidak menggunakan sejata milik anggota Brimob yang dirampas,” ucapnya.

Selain itu lanjut Kapolda, di tempat kejadian perkara juga ditemukan 13 butir selongsong amunisi FN dan tiga butir amunisi stayer yang belum ditembakkan. Diduga, kelompok penyerang berusaha menggunakan senjata rampasannya, namun tak meledak.

“Kapolri memerintah mengejar pelaku. Sejak 2 Januari lalu saya nyatakan operasi pengejaran. Kami melibatkan banyak personil karena medan berat. Diperkiarakan, kelompok pimpinan Ayub Waker itu kini berkekuatan kurang lebih 50 orang,” katanya.


Katanya, operasi akan dilakukan bertahap secara terus menerus. Polda setempat akan melihat perkembangan selama dua pekan. Jika pelaku belum tertangkap, akan dikejar terus. (Arjuna Pademme)

Sumber: tabloidjubi.com
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA