PAPUA DILUAR INDONESIA SECARA EKONOMI - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , » PAPUA DILUAR INDONESIA SECARA EKONOMI

PAPUA DILUAR INDONESIA SECARA EKONOMI

Written By Suara Wiyaimana Papua on Selasa, 20 Januari 2015 | Selasa, Januari 20, 2015


PAPUA DILUAR INDONESIA 
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SWP-NEWS-Pembebasan: Kemerdekaan yang di perjuangkan, bukan –hanya bertujuan memperoleh kemerdekaan politik di luar negara kesatuan Indonesia. Tapi, suatu kemerdekaan di mana rakyat Melanesia tidak menggantungkan nasibnya pada jaminan sosial yang dijanjikan atau pun diberikan pemerintah yang didominasi oleh ras Melayu. Atau kemerdekaan yang berarti rakyat Melanesia tidak dijajah (ditindas) secara ekonomi oleh ras Melayu.
Untuk mencapai kemerdekaan politik, kita harus melalui proses pembangunan sosial-ekonomi. Ekonomi rakyat harus menjadi kuat. Ini adalah dasar untuk mencapai partisipasi rakyat Melanesia di dalam decission making process (proses pengambilan kebijaksanaan).
Tujuan akhir dari perjuangan rakyat Melanesia adalah kemerdekaan politik di mana Papua Barat, Maluku dan Timor masing-masing harus merdeka di luar Indonesia. Namun, untuk mencapai hal tersebut perjuangan harus diarahkan pada bidang pembangunan ekonomi (economic development) dan pembangunan manusia (human development). Ini adalah dasar bagi perjuangan untuk mencapai kemerdekaan politik di luar Indonesia.
Hak sendiri: Rakyat Melanesia harus sanggup membangun dirinya sendiri menjadi rakyat yang kuat untuk menguasai kekayaan alam (natural resourcenya) sendiri. Kita harus mengakui, bahwa rakyat Melanesia di Indonesia masih sangat lemah dalam berbagai sektor pembangunan. Maka itu mereka masih bisa dijajah dengan gampang. Tapi ini justru merupakan dasar untuk memberontak melawan penjajah. Semakin rakyat ditindas semakin dia memberontak. Seekor ulat yang teriris pun masih dapat menggeliat.
Pemberontakan dapat dilakukan melalui proses self-development (membangun diri sendiri dengan kekuatan sendiri). Modal dasar telah ada. Rakyat Melanesia telah memiliki sekelompok kecil kaum intelek, mahasiswa, petani dan nelayan. Tanah yang luas, umpamanya di Papua Barat, dapat diolah menjadi tanah ekonomis. Setelah rakyat Melanesia berada pada posisi ikut berpartisipasi di dalam setiap pengambilan kebijaksanaan, maka di sana rakyat Melanesia dapat melakukan penawaran (bargaining/onder-handeling). ‪(Mecky Medawogii Yeimo /SWP-NEWS)

Biar jual di atasTanah, karena Dia itu Tuan bos jadi jual di dalam pasar



Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA