ETNIS MELANESIA MUSNAH DIATAS TANAH PAPUA BARAT - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » » ETNIS MELANESIA MUSNAH DIATAS TANAH PAPUA BARAT

ETNIS MELANESIA MUSNAH DIATAS TANAH PAPUA BARAT

Written By Suara Wiyaimana Papua on Jumat, 18 April 2014 | Jumat, April 18, 2014


Logo AMP

BOGOR, Suara Wiyaimana: Papua Barat terus membara. Papua Barat menjadi arena konflik kepentingan dari berbagai pihak. Ini akibat dari Hak Asasi Politik bangsa Papua Barat yang telah digadaikan secara sepihak oleh Belanda, Amerika Serikat dan PBB ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Konflik antara pendukung Merah Putih dan pendukung Bintang Fajar, atau lebih tepat disebut konflik antara Ideologi Pancasila dan Ideologi Mabruk semakin meningkat tajam. Konflik ini diciptakan oleh Belanda, Amerika, Indonesia dan PBB. Akar konflik di Papua Barat adalah aneksasi kemerdekaan bangsa Papua Barat ke dalam NKRI pada tahun 1960 -an.
Ingatan penderitaan (Memoria Passionis) membekas dalam setiap jiwa orang asli Papua yang mengalami korban kekerasan dari Republik Indonesia (RI). Konflik itu kemarin ada, hari ini masih terjadi dan konflik itu terus akan terjadi selama bangsa Papua berada dalam NKRI. Konflik ini semakin menambah ingatan penderitaan bagi orang asli Papua.
Konflik pertarungan antara ideologi Pancasila dan Ideologi Mabruk semakin membara di setiap lembah, di setiap gunung, di setiap pesisir pantai, di setiap lorong jalan, dan konflik itu terus membara menghanguskan jiwa-jiwa umat manusia yang tidak berdosa. Tanah Papua Barat sebagai paru paru dunia, yang menyimpan cadangan oksigen bagi dunia pun semakin dihancurkan oleh banyak perusahaan kayu dan tambang, yang diberi ijin oleh RI.
Akar konflik itu melahirkan dua masalah berikutnya, yaitu masalah Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) atau Kejahatan Negara terhadap orang asli Papua, yang mengakibatkan pemusnahan etnis Papua. Dan masalah ketidakadilan dalam berbagai dimensi kehidupan yang mengakibatkan diskriminasi, marginalisasi, dan minoritasi orang asli Papua di atas tanah leluhurnya.

Penulis: Ekii Gobai, Anggota Aliansi Mahasiswa Papua (AMP), di Kota Bogor -Jawa Barat
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA