Senin, Aksi serentak tutup Freeport - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , » Senin, Aksi serentak tutup Freeport

Senin, Aksi serentak tutup Freeport

Written By Suara Wiyaimana Papua on Senin, 20 Maret 2017 | Senin, Maret 20, 2017


Jayapura, Jubi – Senin (20/3/2017) aksi serentak Tutup Freeport akan digelar oleh Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI West Papua) dan Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Ternate, Bogor, Makassar, Sula, Tobelo, Tarakan, Palu, Bali Tangerang dan Jayapura.
Kordinator lapangan, Samsi Mahmud mengatakan eksploitasi tambang terus dilakukan secara illegal oleh Freeport termasuk perampasan tanah-tanah rakyat.
“Setelah kontrak  pertama tahun 1967 & kontrak kedua tahun 1991 dilakukan tanpa keterlibatan pemilik hak ulayat, kini kontrak ketiga tahun 2021 akan dilakukan lagi. Maka pada kontrak ketiga ini, rakyat Papua telah menentukan sikapnya yang jelas terhadap Freeport. Yaitu menolak Freeport di Papua dan menyatakan Freeport harus ditutup,” kata dia kepada Jubi melalui rilisnya, Minggu, (19/3/2017).
Menurut Sam Mahmud, penempatan militer disertai operasi-operasi TNI-Polri di tanah Nemangkawi setelah 1967 erat hubungannya dengan keberadaan Freeport. “Hal itu  telah banyak menimbulkan kekerasan yang mengakibatkan  penderitaan & kesengsaraan bagi rakyat Papua,” ujarnya.
Frans Nawipa, perwakilan AMP menambahkan bahwa lebih dari itu pelaksanaan kontrak pertama Freeport tahun 1967 dengan Pemerintah Indonesia merupakan tindakan illegal karena wilayah Papua saat itu masih merupakan wilayah konflik antara Indonesia dan Belanda yang ditetapkan oleh PBB sebagai wilayah tak berpemerintahan sendiri.
“Otomatis Indonesia belum berhak atas seluruh wilayah Papua,” ujarnya.
Menurut mereka, sebagai wujud solidaritas dan dukungan penuh terhadap rakyat Papua, FRI-West Papua & Aliansi Mahasiswa Papua akan melakukan aksi demonstrasi damai menyampaikan sikap rakyat Papua kepada pihak Freeport dan Pemerintah, pada hari Senin, 20 Maret 2017 di depan Kantor Freeport, Kuningan, Jakarta Selatan.
“Tuntutannya hanya satu, yakni Freeport harus ditutup dan angkat kaki dari tanah Papua, “ pungkasnya.(*)

Sumber:http://tabloidjubi.com/m/artikel-4715-senin-aksi-serentak-tutup-freeport-.html
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA