Daftar Dekolonisasi Dunia yang Terdaftar Di PBB - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , » Daftar Dekolonisasi Dunia yang Terdaftar Di PBB

Daftar Dekolonisasi Dunia yang Terdaftar Di PBB

Written By Suara Wiyaimana Papua on Rabu, 09 September 2015 | Rabu, September 09, 2015

(Banki-moon General secretary.Foto:www.un.org/KM)
New York  (KM)--Komite Khusus PBB  Tentang  Dekolonisasi telah mengesahkan secara aklamasi  menyangkut masalah Penentun nasib sendiri.

Berikut ini nama-nama teritorial yang masih dibawah jajahan klonialime yaitu: 1.Puerto Rico 2.  Samoa-Amerika 3. Anguilla 4. Bermuda  5. British Virgin Islands 6.kepulauan Cayman 7. Guam 8.Montserrat 9.Pitcairn 10.Saint Helena  11.Turks 12. Caicos Islands 13. US Virgin Islands 14.Falkand Islands yang juga dikenal sebagai Malvinas.15 polinesia.16 Tibet .17.West Papua

Selain itu, resolusi lainnya antara lain menyangkut implentasi deklarasi pemberian kemerdekaan kepada negara-negara jajahan dan rakyatnya oleh badan-badan khusus dunia serta lembaga-lembaga internasional yang berhubungan dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Komite Khusus Dekolonisasi-PBB, yang juga dikenal dengan sebutan C24, merupakan komite di bawah mekanisme Komite IV Majelis Umum PBB yang memiliki mandat memajukan proses dekolonisasi wilayah yang belum memiliki pemerintahan sendiri.

Menurut catatan PBB, saat ini masih terdapat 16 teritori di dunia yang berada di daftar dekolonisasi. Sedangkan isu yang belum terdaftar hanya sebatas dalam negara itu sendiri seperti Tibet dekat Pegunungan himalaya,perjungan mereka sekarang masih ditutupi oleh negara China melalui kekuatan militer dan kekuasaan imperialisme Amerika.

Puerto Rico merupakan satu-satunya isu pembahasan yang tidak berada di dalam daftar dekolonisasi- PBB, dan karena itu sidang mengenai isu Puerto Rico pada 9 Juni 2008 lalu, lebih merupakan forum dengar pendapat dengan berbagai pihak yang mewakili berbagai kalangan masyarakat di Puerto Rico mengenai pandangan mereka atas status politik Puerto Rico saat ini.

Namun Sebelumnya hanya 16 wilayah yang terdaftar tetapi atas berkat perjuangan orang papua saat ini west Papua masuk dalam daftar dekolonisasi sejak  2012 di New York , melalui  pergerakan WPLO yang dipimpin oleh Kobe oser serta kawan kawanya,kantor pusat yang didiami saat ini di new york samping sekretarian PBB.(002/un/KM)

Sumber: www.kabarmapegaa.com
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA