Diskes Nabire Siapkan 4 Puskesmas Layani Penyakit HIV/AIDS (ODHA) - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , » Diskes Nabire Siapkan 4 Puskesmas Layani Penyakit HIV/AIDS (ODHA)

Diskes Nabire Siapkan 4 Puskesmas Layani Penyakit HIV/AIDS (ODHA)

Written By Suara Wiyaimana Papua on Sabtu, 22 Agustus 2015 | Sabtu, Agustus 22, 2015

Ilustrasi/Ist.

Nabire, MAJALAH SELANGKAH -- Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, dr. Frans Sayori mengatakan pemerintah tak tinggal diam dan terus membangun kesadaran masyarakat untuk menghindari diri dari tindakan beresiko. Upaya yang dilakukan pemerintah kabupaten Nabire adalah melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan dan perawatan bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

"Kini pemeriksaan HIV/AIDS sudah bisa dilakukan di 4 puskesmas yang ada di Nabire yakni Puskesmas SP 3 yang dibuka awal bulan ini, sedangkan puskesmas Lagari, puskesmas Siriwini dan Puskesmas SP 1 dibuka sejak Januari dan April 2015," kata Frans kepada majalahselangkah.com, Jumat (20/8/2015) di halaman kantor Dinas Kesehatan Nabire, Papua.

Menurut Sayori, empat puskesmas yang disiapkan pihaknya akan menjadi pusat pelayanan dengan dukungan dan perhatian yang serius dari pemerintah daerah, sehingga upaya pencegahan penyakit mematikan HIV/AIDS berjalan lancar. 

"Jadi, dalam operasionalnya kami Dinas Kesehatan kabupaten Nabire bekerja sama dengan LSM CHAI (Clinton Health Access Initiative). Ini sebagai upaya pencegahan yang kami lakukan dengan tujuan menekan pengidap HIV dan AIDS di kabupaten Nabire. Hanya saja, masalahnya hingga kini kami kekurangan tenaga dokter," jelasnya

Peningkatan status puskesmas itu, kata dia, disertai pendampingan bagi petugas kesehatan. Hal itu dimaksudkan sebagai upaya perluasan cakupan pemeriksaan HIV agar dapat mendeteksi secara dini kasus HIV sesuai dengan program Kementrian Kesehatan RI yaitu program Percepatan Akses dan Kualitas Pelayanan HIV/AIDS di Tanah Papua. 

"Petugas di Puskesmas sudah mampu untuk teknis pemeriksaan, diagnosa dan pemberian terapi bagi pasien yang positif terinveksi HIV, IMS dan TB dan ini pernah kami lakukan waktu mengadakan kegiatan in house training bagi seluruh petugas kesehatan dan kegiatan on the job training bagi petugas laboratorium di Puskesmas SP 3 bersama CHAI tanggal 3-7 Agustus," beber Sayori.

Di tempat yang berbeda, Kepala Puskesmas SP 3, Distrik Nabire Barat, Yuvinia Ikomouw mengaku siap menjalankan tugas meski tak ada dokter untuk melayani warga kampung. "Dulunya hanya Pustu dengan induk di SP1 Kalibumi, tetapi Puskesmas SP 3 saat ini siap melayani pemeriksaan HIV. Tentunya untuk pemeriksaan HIV, tidak ada paksaan, jika orang berkunjung ke sini dan mau bersedia, kita akan layani secara gratis. Soal kerahasiaan nama dan hasilnya pasti dijamin, sebab itu sudah sesuai Peraturan Kementerian Kesehatan Nomor 21 Tahun 2013," jelas Ikomou

Selain layanan pemeriksaan HIV, kata dia, IMS dan TB juga sebagai penyadaran kepada warga untuk tetap hidup sehat merupakan hal penting yang sudah dan akan terus diberikan oleh petugas medis di lapangan. Yang terpenting adalah bagaimana kesadaran dan kemauan dari masyarakat untuk mau periksa diri, hingga kini Puskesmas SP 3 telah melayani 5 orang pasien yang bersedia mengikuti pemeriksaan.

Jika melihat data resmi dari Dinas Kesehatan provinsi Papua per April 2014, kasus HIV/AIDS di kabupaten Nabire tercatat 3.589 kasus, terdiri dari HIV sebanyak 1.677 dan AIDS 1.912 kasus. Temuan tersebut dikabarkan terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, ibarat fenomena "gunung es" yang terlihat di pemukaan hanya sebagian kecil karena mau memeriksa diri. (Yohanes Kuayo/MS)

Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA