MNUKWAR WEST PAPUA: SOSIALISASI TERBUKA ULMWP DIMEDIASI TIM PUSAT DAN KNPB MNUKWAR - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , , , , » MNUKWAR WEST PAPUA: SOSIALISASI TERBUKA ULMWP DIMEDIASI TIM PUSAT DAN KNPB MNUKWAR

MNUKWAR WEST PAPUA: SOSIALISASI TERBUKA ULMWP DIMEDIASI TIM PUSAT DAN KNPB MNUKWAR

Written By Suara Wiyaimana Papua on Kamis, 14 Mei 2015 | Kamis, Mei 14, 2015


MNUKWAR WEST PAPUA : SOSIALISASI TERBUKA ULMWP OLEH WPNCL, NRFPB PNWP DIMEDIASI TIM PUSAT DAN KNPB MNUKWAR

Mnukwar, Rabu 13 mei 2015 di Mnukwar West Papua telah dilaksanakan sosialisasi terbuka tepatnya di kantor Dewan Adat Wilayah Domberay Mnukwar. Sosialisasi dilakukan oleh 3 faksi besar WPNCL, NRFPB, dan PNWP yang telah tergabung didalam wadah koordinatif  ULMWP. Kegiatan dimediasi oleh Media Nasional West Papua KNPB. Dalam kegiatan tersebut panitia telah mengundang secara lisan maupun tertulis kepada Polda Papua Barat, Kapolres Mnukwar dan Dandim namun mereka tidak hadir.

Pagi hari rakyat West Papua sudah berbondong – bondong berkumpul di kantor Dewan Adat Mnukwar. Tepatnya jam 12.00 kegiatan sosialisasi dimulai dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. M. Martinus Padwa.

Sesi materi dari 3 faksi yang disampaikan oleh Jack Wanggai selaku juru bicara NRFPB. Menjelaskan tentang kronologis pembentukan wadah penyatuan gerakan pembebasan ULMWP yang berlangsung 29 November – 6 Desember 2015 di Port Villa Vanuatu. Deklarasi selanjutnya disebut Deklarasi saralana. Ia juga menyampaikan bahwa Barrack Sope selaku tokoh pendiri MSG pernah mengatakan behwa MSG pernah punya andil dalam kemerdekaan Timor Leste dan Kanaki sehingga sangat penting sekali West Papua menjadi anggota penuh MSG sehingga dapat mendorong suara Rakyat Papua ke tingkat Internasional.

Selanjutnya, Melkianus Beleskadit selaku Pimpinan WPNCL di Mnukwar menyeruhkan agar rakyat West Papua harus bersatu. Ego faksi tetap kita hargai namun kita harus mengedepankan agenda-agenda ULMWP. Kita bersyukur karena kita sudah bersatu dan siapapun kita harus saling mengakui.

Perwakilan PNWP Fredrik Rumander selaku ketua Parlemen Rakyat Daerah Mnukwar (PRD) menyampaikan bahwa rakyat West Papua harus bersatu karena 3 faksi besar yang selama ini berbeda jalan tetapi sudah bersatu. Diplomat diluar sudah bersatu maka suka atau tidak suka rakyat papua harus bersatu dan mendukung agenda-agenda ULMWP. Penyatuan ini yang rakyat Papua nantikan dan persoalan kemerdekaan West Papua tidak diragukan lagi setelah bangsa Papua menjadi bagian dari keluarga besar Melanesia.

Kesempatan selanjutnya dari Ketua LP3BH, Yan C. Warinusi menyampaikan bahwa perjuangan kemerdekaan West Papua sudah ada di rel yang benar sesuai hukum Internasional. Ia juga mengajak semua faksi dan rakyat West Papua agar menjaga agar perjuangan pembebasan tidak keluar dari rel sehingga kita sampai ke kota emas. Tahun 1961 Papua hampir merdeka  tetapi tidak dideklarasikan.  Ia juga menghimbau “kita adalah bagian dari Melanesia. 21 mei akan dibahas proposal yang yang telah diajukan oleh ULMWP dan 5 juli 2015 West Papua akan masuk terdaftar sebagai anggota penuh di MSG”. dengan semangat rakyat yang hadir memberikan tepuk tangan yang meriah. Dalam kesempatan tersebut, ketua LP3BH memberikan apresiasi kepada Bpk. Pdt. Benny Giay yang telah menangapi dan mengkritisi kunjungan Peresiden Jokowi ke Papua. Ia mengutip pernyataan Beny Giay “Lupakan sejarah adalah tindakan kurang ajar , ”. ia juga mengajak untuk bekerja di garis perjuangan masing-masing. Selanjutnya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Revolusioner jalanan KNPB “mari kita menjaga mereka”.

Sesi berikutnya, Warpo Sampari selaku utusan pusat untuk sosialisasi di Mnukwar menyampaikan sangat bangga kepada rakyat West Papua di Mnukwar yang senantiasa bersemangat untuk mempertahankan semangat juang pembebasan. “ Barang siapa yang bermain dibalik layar, hari ini sedang seleksi alam. Orang papua jangan bikin diri tidak tahu, hal ini tidak boleh. Kalau mau merdeka harus ambil sikap dan katakana saya mau merdeka”.

Tepat jam 14.00 masuk dengan sesi penyampaian materi ULMWP yang disampaikan oleh Komandan Warpo Sampari. Selanjutnya setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan penanda tanganan petisi dukungan kepada ULMWP sebagai lembaga Representatif rakyat West Papua di MSG.
Pada kesempatan itu, 3 komponen atau Faksi telah sepakat pada tangal 20 Mei 2015 nanti akan melakukan aksi damai untuk mendukung pembahasan MSG mengenai pengajuan proposal oleh ULMWP di MSG.

Harapan rakyat West Papua adalah orang Papua bukan Indo Melayu, tetapi Papua Melanesia sehingga punya hak untuk bergabung dengan keluarga besar Melanesia. Rakyat Papua juga ucapkan terima kasih kepada saudara-saudara Melanesia karena telah menerima kami dalam kelompok Negara-negara Melanesia. Kami rakyat Papua telah bersatu dengan satu suara yaitu menuntut Hak penentuan nasib sendiri.

FOTO – FOTO KEGIATAN SOSIALISASI ULMWP






















Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA