Aktivis HAM Pertanyakan Mayat Leo Magai Yogi dan Yulian Nawipa - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , » Aktivis HAM Pertanyakan Mayat Leo Magai Yogi dan Yulian Nawipa

Aktivis HAM Pertanyakan Mayat Leo Magai Yogi dan Yulian Nawipa

Written By Suara Wiyaimana Papua on Senin, 11 Mei 2015 | Senin, Mei 11, 2015

Pasukan Tentara Pembebasan Nasional-Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) Devisi II Pemka IV Pembela Keadilan Wilayah Paniai. Foto: Ist.
Jayapura, MAJALAH SELANGKAH -- Matius Murib salah satu Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) menilai kejadian yang menimpa Panglima Tentara Pembebasan Nasional-Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) Devisi II Pemka IV Pembela Keadilan Wilayah Paniai, Leonardus Magai Yogi merupakan kejadian unik sepenjang sejaran pembunuhan aktivis kemanusiaan di tanah Papua.

Hal itu dikatakan lantaran hingga kini keluarga masih mempertanyakan mayat, karena sejak peristiwa itu menimpa dirinya, keluarga korban belum pernah melihat wajah atau pun mayat Leo Maga Yogi.

"Ini peristiwa misteri sepanjang sejarah perjuangan Papua, karena setelah ditembak mati belum sempat tiba di keluarga, kasus ini sangat bebeda dengan pembunuhan tokoh-tokoh di Papua misalnya mayat Kelikwalik di pulangkah, sementara itu mayat Mako Tabuni di pulangkan ke keluarga. Tetapi kematian Leo ini unik dan berbeda dan cara baru," ungkapnya kepada majalahselangkah.com, Sabtu (9/05/2015) di Jayapura, Papua.

Tak hanya Leo Magai Yogi, kata dia, mayat korban atas nama Yulian Nawipa juga mengalami nasib yang sama. Sementara Marchel Muyapa, sopir pribadi Leo sedang dirawat di rumah sakit Polisi Bahyangkara Jayapura Papua.

Sebagai aktivis kemanusiaan, dirinya berharap korban yang sedang menjalani perawatan di RS Bhayangkara segera dikembalikan kepada keluarga serta kepolisian tidak melakukan ancaman yang berujung mengganggu psikologis korban.

Dijelaskan Murib, pihaknya sedang melakukan advokasi atas peristiwa tersebut.

Panglima Tentara Pembebasan Nasional-Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) Devisi II Pemka IV Pembela Keadilan Wilayah Paniai, Leonardus Magai Yogi tewas dalam perjalanan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nabire setelah sebelumnya Tim Satgas Polda Papua dan Tim Khusus Polres Nabire melakukan penembakan terhadap dirinya serta beberapa anggota lainnya di Kampung Sanoba Atas Distrik Nabire, Kamis (30/4/2015), Pukul 10:40 waktu setempat.(Hendrikus Yeimo/MS)

Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA