TIGA ORGANISASI TERBUKA SOSIALISASI HASIL DEKLARASI ULMWP DI TIMIKA - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , , , » TIGA ORGANISASI TERBUKA SOSIALISASI HASIL DEKLARASI ULMWP DI TIMIKA

TIGA ORGANISASI TERBUKA SOSIALISASI HASIL DEKLARASI ULMWP DI TIMIKA

Written By WEST PAPUA on Minggu, 22 Maret 2015 | Minggu, Maret 22, 2015



 TIMIKA— Wadah Persatuan Bangsa Papua Barat  yakni United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) “ Persatuan Perlawanan Pembebasan untuk Papua barat” sosialisasi ULMWP dengan Thema “ RAKYAT PAPUA BARAT MENCARI IDENTITAS DI MALANESIA, UNTUK KEMBALI KERUMAHNYA”  kegiatan  berjalan aman dan berbagai pemimpin komponen rakyat yang ada di Timika ikut hadir dalam Sosialisasi tersebut.

Komponen yang ikut dalam kegiatan sosialisasi yaitu dari Organisasi Pergerakan WPNCL, NRFPB, PNWP, Toko Agama, Toko adat, Toko Perempuan, Toko Pemuda, LSM,  Pihak Tni-Polri (INTEKAM) dan awak Media. Di Gedung Gereja Kemah Injil Kingmi  Klasis Timika Jemaat Batera Pada sabtu (21/03/2015) Pukul 10:00 Wpb sampai 14:00 Wpb. Di buka dengan ibadah singkat dipimpin oleh Pdt. Daniel Bagau. Di lanjutkan dengan materi sosialisasi hasil ULMWP.

Materi Sosialisasi secara terbuka terkait dengan Lahirnya Wadah ULMWP ini disampaikan materi  oleh ketiga organisasi utama yaitu West Papua Coalisi National for Liberation (WPNCL), Negara Republic Federal Papua Barat (NRFPB), dan Parlemen Nasional West Papua (PNWP) tergabung dalam Dewan komite dalam negeri.

Dalam materinya disampaikan Ketua KNPB wilayah Timika (Steven Itlay) Perwakilan dari  PNWP dan Pdt. Isak Ondowame dari NRFPB. Mempaparkan meteri awal lahirnya ULMWP sampai Deklarasi ULMWP. yang pertama adalah dasar pikiran Lahirnya ULMWP,  kedua menjelaskan tentang Profil umum ULMWP, ketiga menjelaskan tentang Agenda dan Program kerja ULMWP secara Garis Besar, Keempat Tugas dan Tanggung jawab Rakyat Papua Barat, dan kelima adalah  Kesimpulan dan Penutup.

Pertama, Dasar pikiran lahirnya ULMWP, yaitu De facto, rakyat melanesia di wilayah Papua Barat. Selama ini bertahun-tahun kami mengejar untuk mengangkat isu dan  menjadi anggota Melanesia Spearhead group (MSG). maka lahirnya ULMWP ini merupakan Asosiasi atau wadah dari semua Organisasi  utama yaitu WPNCL,  NRFPB, dan PNWP.

 ULMWP dilahirkan untuk  tujuan Khusus yang memungkinkan  Papua Barat untuk mengajukan permohonan kembali untuk keanggotaan MSG, dan untuk mendapatkan kembali  hak penentuan nasip sendiri bagi rakyat Melanesia Papua Barat untuk kemerdekaannya secara demokratis.

Setelah lahirnya ULMWP pimpinan Diplomat luar negeri telah membentuk pengurus ULMWP diantaranya yakni Sekertaris Jenderal  (Oktovianus Mote), Juru Bicara ( Benny Wenda ), dan Pejabat Eksekutif  ( Rex Rumakiek, Jacob Rumbiak, Leonie Tanggahma) adalah  sah diakui kepimpinan ULMWP tersebut. Oleh karena itu ULMWP adalah wadah yang sah dan diakui untuk mewakili rakyat Papua Barat dalam upaya papua barat untuk menjadi anggota MSG.

ULMWP dibentuk atas saran dari MSG pada pertemuan di Port Moresby pada bulan Juni 2014 yang  harus bersatu rakyat papua barat terlebih dahulu sebelum aplikasi untuk kenggotaan dapat disampaikan kepada MSG setelah pertimbangan dari aplikasi kenggotaan yang diajukan oleh WPNCL.  MSG meeting kepimpinan di Noumea pada juni 2013 lalu telah mengakui kelangsungan pelanggaran ham berat yang telah dilakukan pada papua barat, dan dicabut hak rakyat papua barat untuk menentukan nasib sendiri, tetapi merasa bahwa aplikasi WPNCL tidak sepenuhnya mewakili rakyat Papua barat untuk menjadi anggota MSG.

ULMWP di bentuk dalam KTT pimpinan Papua Barat pada Rekonsiliasi dan Unifikasi yang diadakan di Malvatumauri Makamal di Port Vila, Vanuatu pada 04-06 Desember 2014. Pada pertemuan ini, yang disponsori oleh Konferensi Gereja Pasifik, Dewan Kristen Vanuatu, Ketua Dewan Adat Vanuatu dan Pemerintah Vanuatu, dalam mengajukan permohonan kenggotaan Papua di MSG.

Tiga organisasi WPNCL,  NRFPB, dan PNWP serta Organisasi kecil lainnya, melalui perwakilan masing-masing semua memberikan persetujuan untuk pembentukan ULMWP dan diakui sebagai satu-satunya lembaga yang mewakili rakyat Papua barat untuk mengajukan Aplikasi West Papua di MSG. perjanjian ini Melegitimasi pembentukan ULMWP yang disahkan oleh Pemerintah Vanuatu, diwakili oleh Menteri PM (Bapak Joe Natuman) ini merupakan peristiwa bersejarah dalam sejarah perjuangan Bangsa Papua  yang pertama kalinya rakyat Papua barat telah benar-benar bersatu dibawah satu wadah yang bernama ULMWP.

Kedua, Profil ULMWP: Gerakan baru Persatuan perlawanan pembebasan untuk papua barat) sebagai berikut;
a. Nama wada/Organisasi adalah United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) atau Persatuan Perlawanan Pembebasan untuk Papua Parat
b.   Waktu pembentukan organisasi UMLWP adalah di bentuk dalam pertemuan para pimpinan politik dalam dan luar negeri pada tanggal 1-06 desember 2014 di Port Villa Vanuatu.
c. Tujuan Pembentukan ULMWP sebagai wadah persatuan bangsa papua barat atau wadah koordinatif untuk mengajukan aplikasi west papua di MSG dan mendorong proses penyelesaian masalah papua ditingkat Internasional melalui Jalur yang legal untuk menacapai Hak Penentuan Nasib Sendiri bagi Bangsa Papua Barat
d.  Sifat ULMWP merupakan wadah Koordinatif di Internasional dan Nasional. Yang bersifat terbuka  bagi setiap komponen gerakan pembebasan nasonal Papua Barat  dan tidak membedakan akar ideology, akar historis  dan politik faksionalisasi yang terjadi dalam Gerakan Nasional Papua barat. Setiap asas, sifat, dan Watak pembentukan ULMWP.
e.   Karakter ULMWP berkarakter luas, Nasionalis, Patriotis, Demokratis
f.    Kedudukan Kantor ULMWP akan berkedudukan di Port Villa Vanuatu

Ketiga,  Ageda dan Program ULMWP:
a.   Agenda Fokus
·  Hak menentukan Nasib Sendiri
·  Mendorong Issue Penggaran HAM
·  Negosiasi Tingkat Tinggi
b.   Agenda mendesak ULMWP di Luar Negeri
ULMWP telah sepakati sejumlah agenda mendesak, untuk medorong Diplomasi dan loby di kawasan lebih pada Negara-negara anggota MSG agar West Papua di terima secara resmi di MSG. yaitu sebagai berikut
·    Mengajukan aplikasi west Papua oleh ULMWP secara bersama-sama di MSG
·   Diplomasi dan loby di Negara-negara Anggota MSG di kawasan Melanesia, sebelum KTT MSG di Fiji.
·   Persiapan ULMWP untuk menghadiri KTT MSG pada bulan juni 2015 mendatang
c.   Program Mendesak dalam Negeri
ULMWP dalam negeri yang akan bergerak sebagai wadah koordinasi adalah Dewan Komite akan bergerak dan focus dengan beberapa agenda penting yang menjadi kebutuhan politik luar negeri dan dalam negeri adalah sebagai berikut;
·         Dengan komite akan melakukan Sosialisasi ULMWP kepada semua pihak di papua barat termasuk pihak penajah NKRI yang berkedudukan di papua dan Pusat Jakarta untuk di ketahui.
·      Dengan komite mengatur manajemen dan system gerakan Politik bangda papua barat, secara baik di Internasional dan nasional.

Keempat, Tugas dan Tanggungjawab Rakyat Papua Barat, yaitu dalam proses perjuangan bangsa papua barat, musti kami berdoa dan bekerja untuk mendorong proses pengajuan Aplikasi west papua di MSG dan sampai dengan mendapat kebebasan bangsa papua, untuk itu seluruh komponen rakyat malanesia di papua barat dari berbagai pihak wajib memberikan dukungan dan terlihat secara langsung , sebagai orang Melanesia dan orang korban di papua barat. Untuk itu tugas dan tanggung jawab orang Melanesia di papua barat menuju pengajuan aplikasi west papua di MSG dan menuntut hak penentuan nasib sendiri adalah sebagai berikut:
a) Mendorong persatuan rakyat papua barat secara utuh dan parmanen menuju pembebasan nasional
b)  Pembenahan sistim dan gerakan politik bangsa secara baik diluar dan dalam negeri
c)  Mekakukan perlawanan dan memberikan kesadaran kepada orang asli papua yang mendorong program nasional Indonesia yang sifatnya korbankan rakyat papua barat, contoh pemekaran  dan  pemekaran markas Tni-Polri di seluruh Papua barat. Sebab ini akan mengancam kelangsungan hidup rakyat bangsa papua pada masa akan datang.
d) Rakyat Melanesia di papua barat terlepas dari berbagai kepentingan wajib, memberikan dukungan Moril dan material kepada Diplomat Organisasi Papua merdeka OPM/ULMWP yang diluar negeri maupun dalam negeri untuk mendorong perjuangan bangsa Papua menuju pembebasan Nasional Papua barat.

Kelima, Kesimpulan: semua rakyat bangsa Papua barat perlu keterlibatan dalam semua komponen dan dukungan rakyat Melanesia di papua barat sangat penting dalam perjuangan bangsa papua barat untuk capai kebebasan bangsa papua barat secara nasional.
Dalam perjuangan bangsa papua barat ULMWP berhadap semua orang papua barat diwilayah teritori west papua, hentikan propaganda intelijen Negara yang di bangun antara kubu orang papua panted an orang papua gunung.
Rakyat Melanesia di papua barat ucapkan dan rasa hormat kami kepada Tuhan Allah Bangs Papua Barat senantiasa terus menyertai orang papua dalam hidup dan perjuangannya.
Setelah seusai materi sosialisasi ULMWP lansung dibacakan hasil Deklarasi ULMWP secara terbuka dan dilanjutkan pembacakan Petisi dukungan terhadap lahirnya ULMWP dan ditanda-tangani oleh seluruh komponen organisasi yang ikut dalam kegiatan sosialisasi hasil ULMWP. Berakhir dengan doa.

Akhir kata…….. Amologo, Nimo, Kinaonak, koyao, Koha, Selebe, Jebmu, Dormumo, Foi moi, Tabea Mufo, Walak, Nayaklak Nerugi, Wainambe, Acemo, Wa wa wa……!


Foto kegiatan Sosialisasi hasil Deklarasi ULMWP



Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA