POLISI PENEMBAKAN 5 WARGA SIPIL 1 ORANG MENINGGAL DUNIA 17 ORANG DITAHAN DI POLRES YAHUKIMO - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :

.

.
Home » , , » POLISI PENEMBAKAN 5 WARGA SIPIL 1 ORANG MENINGGAL DUNIA 17 ORANG DITAHAN DI POLRES YAHUKIMO

POLISI PENEMBAKAN 5 WARGA SIPIL 1 ORANG MENINGGAL DUNIA 17 ORANG DITAHAN DI POLRES YAHUKIMO

Written By Suara Wiyaimana Papua on Senin, 23 Maret 2015 | Senin, Maret 23, 2015


KNPB WILAYAH YAUKIMO
KRONOLOGIS PERTAMA 19 MARET 2015

Pada tanggal 09 maret 2015 KNPB Yahukimo membuka panggung penggalangan dana di depan ruko putra daerah Yahukimo sesui dengan program kerja mereka. Pada tangal 11 maret 2015 KNPB bersama masyarakat melakukan penggalangan dana di depan Ruko putra daerah, kegiatan penggalangan dana ini berjalan secara damai selama 1 minggu sejak tanggal 11 -19 maret 2015.

Pada kamis tanggal 19 Maret direncanakan hari terakhir melakukan penutupan penggalangan dana tersebut, renca penutupan penggalangan tersebut hendak dilakukan pada pukul 15 .00 WPB dalam ibadah. Satu hari sebelumnya kegiatan berlangsung KNPB yahukimo sudah melakukan Kordinasi bahwa panggung penggalangan dana tersebut akan ditutup pada tanggal 19 Maret dalam bentuk Ibadah terbuka.

Kemudia Pada pagi hari tanggal 19 Maret 2015 KNPB yahukimo bersama ribuan rakyat sedang berkumpul di tempat penutupan panggung untuk mengikuti ibadah dan sedang melakukan persiapan, Namun pada pagi tanggal 19 maret 2015 pagi hari Polda Papua mengutus anggota Brimob polda Papua menuju Yahukimo menggunaan pesawat susi air menuju Yahukimo.

Kemudian pada pukul 09.25 langsung tiba ditempat kegiatan penggalangan dana tersebut dengan kekuatan penuh langsung mengeluarkan tembakan dan membongkar panggung tanpa kordinasi dengan pengurus KNPB dan kordinator yang melakukan persiapan ibadah penutupan panggung pencarian dana.

Anggota Brimob dan anggota polisi datang membonggar panggung tersebut degan membubarkan paksa masa yang berkumpul di tempat kegiatan dengan alasan bahwa kegiatan tersebut illegal katanya. Setelah anggota brimob dan dan kepolisian membongkar panggung dan menyita barang-barang milik KNPB seperti Spanduk ,Megapone, Spiker Toa dan Camera serta bendera KNPB bahkan juga uang Yang dikumpul oleh rakyat. 

Dalam insiden pembubaran paksa tersebut anggota brimob mengeluarkan beberapakan penembakan terhadap masa untuk membubarkan secara paksa hal tersebut mengakibatkan 2 anggota KNPB terluka dan 1 anggota KNPB ditangkap polisi sementara di tahan polres Yahukimo.

KORNOLOGIS HARI KE DUA JUMAT 20 MARET 2015

2.Brimob Polda Papua dan Kepolisian dari Polres Yahukimo kembali Menagkap 5 aktivis KNPB dan 5 warga Sipil Ditembak, 1 orang Meninggal Dunia 

Pada hari jumat 20 Maret 2015 kepolisian dari polres Yahukimo dan Brimob dari Polda Papua kembali melakukan penangkapan dan Penembakan terhadap rakyat sipil dan anggota KNPB.

Awalnya pada pukul 15.10 WPB kepolisian dari polres Yahukimo dan Brimob mendatangi sekertariat KNPB yang terletak di jalan Heluk, belakang pasar baru dengan kekuatan penuh membongkar sekertariat KNPB lalu tanpa melakukan negosiasi dengan pengurus dan anggota KNPB yang berada di sekertariat KNPB dan langsung mengeluarkan tembakan kearah sekertariat. akhirnya warga disekitar kompleks sekertariat berhamburan keluar dan lari menyelamatkan diri. Kemudian polisi langsung masuk ke sekertariat dan melakukan Pembonggaran terhadap sekertariat KNPB.

Dalam insiden ini polisi dan anggota brimob menangkap 3 aktivis KNPB dan menembak 4 warga sipil yang berada di sekitar kompleks sekertariat KNPB. Pada pukul 16.30 WPB kepolisian dan brimob menangkap 3 orang anggota KNPB antara lain :
1. ELKIUS KOBAK 17 Tahun 
2. PUTIH BAHABOL 20 Tahun
3. ERA KOBAK 20 Tahun

Kemudian 3 warga sipil yang ditembak adalah 
1. TITUS GIBAN 39 tahun ( kepala sekolah SD suru-suru) korban kena tembakan di Rusuk dan tembus perut
2. SIMSON GIBAN 32 Tahun kepala kampung silikon distrik silimo(kritis)
3. OBANGMA SEGENIL 58 Tahun (meninggal dunia)
4. INTER SENEGIL 16 tahun ( anak sekolah salah satu SMA di Yahukimo, Korban kena tembak di tangan kiri dan tangan kanan.

Penembakan itu terjadi pada pukul 16.45 di sekitar kompleks sekertariat KNPB wilayah Yahukimo. Kemudian pada pukul 17 30 WPB dua orang ditangkap, antara lain 1. Yulianus Payage 2 pion Yelemaken.

Berdasarkan informasi kami dapat dari Yahukimo bahwa Birimob dari polda papua dan polres Kabupaten Yahukimo telah menangkap dan menahan 16 orang di polres Yahukimo sejak tanggal 19-20 Maret 2015. Kemudian Jumlah korban penembakan 6 orang, dari 6 orang tersebut satu orang atas nama Obangma Segenil meninggal dunia.


Selanjutnya Situasi dan kondisi terakhir sampai saat ini belum aman. 


( KNPB-News, YAHUKIMO)
Share this article :

0 komentar:

.

.

Pray For West Papua

Pray For West Papua

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA