JDP Akan Fasilitasi Dialog Internal Papua - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , , » JDP Akan Fasilitasi Dialog Internal Papua

JDP Akan Fasilitasi Dialog Internal Papua

Written By Suara Wiyaimana Papua on Jumat, 20 Maret 2015 | Jumat, Maret 20, 2015

Pater DR. Neles Tebay, Pr, Koordinator Jaringan Damai Papua (JDP) saat diwawancarai wartawan di STFT Padang Bulan, Abepura, 19/3/2015. Jubi/Arnold Belau
Jayapura, Jubi – Dr. Neles Tebay, Koordinator Jaringan Damai Papua (JDP) mengatakan, sesuai dengan peranannya sebagai fasilitator untuk semua, maka akan memfasilitasi dialog internal orang Papua dalam rangka menyambut ajakan dialog yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam kunjungan ke Papua pada Desember 2014 lalu.
“Menurut rencana, dialog internal orang Papua ini akan diselenggarakan di Papua pada Agustus 2015,” kata Tebay, koordinator JDP kepada wartawan di kampus STFT, Padang Bulan, Abepura (19/3/2015).
Menurut Tebay, komitmen Jokowi yakni membangun Papua menjadi Tanah Damai dan menyelesaikan berbagai permasalahan di Papua melalui dialog memperlihatkan bahwa pemerintah telah membukan diri untuk berdialog dengan Papua dalam rangka menjadikan Papua sebagai Tanah Damai.
“Jadi dialog Jakarta-Papua bermuara pada terciptanya perdamaian di tanah Papua. Itu berarti agenda dialog Jakarta-Papua adalah pembangunan perdamaian perdamaian di tanah Papua,” katanya.
Warga Papua yang hidup di atas tanah Papua ini mesti menyambut keterbukaan pemerintah ini dengan gembira. Komitmen pemerintah ini merupakan satu kesempatan emas yang disediakan oleh pemerintah untuk membahas pembangunan perdamaian di tanah Papua melalui satu proses dialog.
“Untuk menyambut kesempatan inilah JDP mengambil inisiatif untuk memfasilitasi dialog internal Papua sebagai suatu tahapan persiapan menuju dialog Jakarta-Papua,” kata pater Neles yang juga mantan wartawan The Jakarta Post.
Menurut pengamatan JDP, dialog internal Papua ini penting sekali untuk dilaksanakan. Karena sudah merupakan satu kebutuhan, bahkan satu kerinduan warga Papua. Ketika dialog Jakarta-Papua diwacanakan, banyak pihak mengangkat pentingnya dialog internal antar warga Papua sebelum berdialoh dengan pihak Jakarta.
“Pernyataan seperti, ‘sebelum kita berdialog dengan Jakarta, perlu ada dialog antara kita yang hidup di tanah Papua’ ini sudah berkali-kali disampaikan oleh banyak pihak. Maka menyadari pentingnya dialog internal ini, JDP memilih motto: Mari Kitorang Bicara Dulu,” kata pater Neles Tebay.
JDP melihat bahwa di antara warga Papua sendiri, belum ada pemahaman yang sama tentang dialog Jakarta dan Papua. Terutama tentang tujuan dan agendanya. Ada pihak yang berpandangan bahwa dialog Jakarta-Papua ini membahayakan integritas territorial Indonesia. Ada juga yang berpandangan bahwa dialog Jakarta-Papua ini berbahaya karena dapat menghancurkan ideologi Papua merdeka.
Ada juga pihak yang memahami bahwa dialog Jakarta-Papua merupakan solusi atas konflik Papua. Pada hal dialog Jakarta-Papua bukanlah tujuan tetapi sarana untuk mengidentifikasi masalah dan mencarai solusi yang terbaik dengan melibatkan semua pihak.
“Dialog internal Papua dilaksanakan untuk melibatkan semua warga Papua dalam membahas konsep Papua Tanah Damai dan menetapkan tujuan dialog jakrta-Papua menurut warga Papua. Dalam dialog internal Papua ini, setiap dan semua warga dimintai pendapatnya dan dikonsultasikan, sehingga merasa dilibatkan dalam upaya membangun Papua yang damai sejahtera melalui dialog,” jelas pater Neles.
Sementara itu, presiden Indonesia, Joko Widodo dalam kunjungannya ke Papua pada Desember 2014 lalu menyampaikan komitmennya untuk membangun Papua menjadi Tanah Damai dan menyelesaikan berbagai permasalahan di tanah Papua melalui dialog.(Arnold Belau)


Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA