Ini Pernyataan Sikap Menlu Indonesia bersama Menlu Solomon dan Menlu Fiji - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , , » Ini Pernyataan Sikap Menlu Indonesia bersama Menlu Solomon dan Menlu Fiji

Ini Pernyataan Sikap Menlu Indonesia bersama Menlu Solomon dan Menlu Fiji

Written By Suara Wiyaimana Papua on Senin, 02 Maret 2015 | Senin, Maret 02, 2015

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, HE Retno LP Marsudi saat pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Fiji, Hon. Ratu Inoke Kubuabola. Foto: kemlu.go.id
Jayapura, MAJALAH SELANGKAH -- Pada 27 Februari 2015 lalu, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P. Marsudi, dan Menteri Luar Negeri Papua Nugini, Hon. Rimbink Pato telah melakukan pertemuan bilateral resmi pertama di Port Moresby, Papua Nugini, pada tanggal 27 Februari 2015. Pada pertemuan itu, mereka sepakati 14 pernyataan bersama (Baca: 14 Pernyataan Pers Bersama PNG-Indonesia).

Selanjutnya, pada 28 Februari 2015, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P. Marsudi tiba di Solomon dan melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Kepulauan Solomon, Hon.Milner Tozaka MP. Pernyataan mereka berisi 9 point. 

Point ke 7 berbunyi: Sebagai bagian dari realisasi komitmen Indonesia terhadap program pembangunan kapasitas negara-negara MSG, maka Indonesia akan memberikan US$ 20 juta atau sekitar Rp258 miliar. Kedua Menteri sepakat bahwa tim teknis akan bertemu tahun ini ke daerah-daerah dan akan dibahas lebih lanjut di mana program peningkatan kapasitas dapat diarahkan, sehingga dapat memberikan kontribusi terbaik untuk pengembangan Kepulauan Solomon. Menteri Luar Negeri Indonesia juga memberikan mesin pengolahan kerang-kerang dan modul pelatihan UKM untuk membuat perhiasan berbasis kerang yang akan dilakukan akhir tahun ini di Kepulauan Solomon.



Usai pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Kepulauan Solomon, Hon.Milner Tozaka MP, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P. Marsudi melanjutkan perjalanan ke Fiji. Pada 1 Maret 2015, Retno mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Fiji, Hon. Ratu Inoke Kubuabola.

Seperti di PNG dan Fiji, HE Retno LP Marsudi dan Hon. Ratu Inoke Kubuabola membuat 10 pernyataan bersama. Baca selengkapnya: 
Fiji-Indonesia Joint Press Statement on the Outcome of the Meeting Between the Foreign Affairs Ministers of Fiji and Indonesia. (kemlu.go.id/Admin/MS)

Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA