KNPB Nabire: “Kami Mau Diculik Aparat Keamanan, Bukan Mau Ditangkap” - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , » KNPB Nabire: “Kami Mau Diculik Aparat Keamanan, Bukan Mau Ditangkap”

KNPB Nabire: “Kami Mau Diculik Aparat Keamanan, Bukan Mau Ditangkap”

Written By Suara Wiyaimana Papua on Kamis, 19 Februari 2015 | Kamis, Februari 19, 2015

Pengurus KNPB Nabire saat jumpa pers (Foto: Stevanus Yogi/Suara Papua)
NABIRE, SUARAPAPUA.com --- Pengurus Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Nabire, menyesalkan tindakan Kepala Kepolisian Resort (Polres) Nabire, yang melakukan penangkapan secara brutal terhadap beberapa anggota KNPB yang hendak ke Nabire, di Pelabuhan Samabusa, pada 15 Februari 2015 lalu.

Juru Bicara KNPB Wilayah Nabire, Deserius Goo, menanyakan alasannya yang dipakai aparat kepolisian hingga menangkap sejumlah anggota KNPB Wilayah Sorong. 

“Kami bingung dan tidak mengerti, kenapa kawan-kawan KNPB bisa dicegat dan ditangkap oleh Kapolres Nabire. Beliau harus memberitahu apa kesalahan kami,” kata Goo, saat memberikan keterangan pers, di Warnet F-Tri, Selasa (17/2/2015) siang.

Menurut Goo, sebagai penegak hukum, Kapolres Nabire harus bertindak sesuai hukum yang berlaku. Tidak boleh seenaknya menangkap dan meneror setiap anggota KNPB di seluruh tanah papua. 

“Sebab KNPB adalah organ sipil yang siap mediasi rakyat Papua untuk menuju pada referendum dengan mendepankan norma dan etika.” (Baca: Kapolda Papua Diminta Segera Bebaskan Aktivis KNPB yang Ditahan).

“Kalau jadi penegak hukum, pak Kapolres harus memberi contoh yang baik. Jangan seenaknya secara brutal menangkap dan terus meneror kami dalam setiap pergerakan.”

“KNPB ini bukan organ militer atau yang lainnya, KNPB ini organ sipil yang siap mengantarkan rakyat Papua untuk menentukan nasibnya sendiri,” ujar Goo.

Goo menambahkan, tujuan kedatangan kawan-kawan KNPB Wilayah Sorong dan pengurus KNPB Pusat bukan untuk mengacaukan situasi di kota Nabire, melainkan hanya mau menghadiri diskusi di Nabire.

“Kawan-kawan datang dengan tujuan yang jelas yaitu mau memberi materi kepada anggota KNPB di Nabire, bukan datang untuk mengacaukan situasi di Nabire. Kegiatan yang kami lakukan tidak mengganggu aktivitas umum, kenapa kawan-kawan bisa ditangkap?” tanya Goo.

Sementara itu, Sadrak Kudiai, Ketua KNPB wilayah Nabire mengatakan, tindakan Kapolres Nabire sangat tidak manusiawi, dan biadab.

“Saya lihat aparat bukan bertingkah seperti mau mengamankan, tapi kayaknya mau menculik kawan-kawan KNPB. Kenapa? Karena mereka pakai baju preman, kemudian mobil yang mereka gunakan juga bukan mobil dinas, melainkan mobil Avanza warna putih.”

“Ini memang sebuah tindakan kurang ajar. Sebenarnya mereka tahu aturan atau sengaja pura-pura bodoh?” beber Kudiai.

Ketika ditanya terkait kondisi terakhir kawan-kawannya yang  ditangkap, Sadrak katakan, kini sudah dipulangkan tapi barang sitaan masih di kantor Polres Nabire.

“Kawan-kawan sudah dipulangkan semua, hanya barang sitaan saja yang belum dikembalikan. Jadi, kami minta bapak Kapolres segera kembalikan perlengkapan kami,” jelas Kudiai.

Editor: Oktovianus Pogau

STEVANUS YOGI


Sumber: Suara Papua
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA