TNI/POLRI Tembak Mati Lima Warga Paniai, Puluhan Luka-Luka - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » » TNI/POLRI Tembak Mati Lima Warga Paniai, Puluhan Luka-Luka

TNI/POLRI Tembak Mati Lima Warga Paniai, Puluhan Luka-Luka

Written By Suara Wiyaimana Papua on Selasa, 09 Desember 2014 | Selasa, Desember 09, 2014

Ilustrasi Polisi lakukan Patroli – Jubi/Indrayadi TH

Abepura, Jubi – Aparat Gabungan TNI dan Polri menembak mati lima warga sipil dan melukai 9 orang masyarakat di Enarotali, kabupaten Paniai, Papua, 7 Desember pukul 12:14 waktu Papua.
Pernyataan itu disampaikan aktivis HAM Papua, Yones Douw kepada Jubi melalui sambungan telpon, Senin (8/12). “Penembakan terjadi di depan lapangan Soeharto Enarotali,” kata Douw dari Paniai.
Korban yang tewas akibat kebrutalan aparat keamanan gabungan tersebut, kata Douw, masing-masing bernama Habakuk Degei seorang warga sipil, Bertus Gobay dan Neles Gobay, keduanya mahasiswa STIE Karel Gobay, Yopianus Gobay seorang siswa SMA dan Yulianus Yeimo. Sementara korban luka berat ada tiga orang.
“Luka tembak diperut. Peluru masih dalam tubuh. Ada 22 korban luka ringan kaki tertembus peluru,” lanjut Douw.
Kejadian ini, menurut Douw terjadi pada hari Minggu (7/12), sekitar pukul 00:15 WP. Saat itu, satu mobil Fortuner tanpa lampu melaju di depan pondok natal pemuda setempat, menuju ke Madi. Tiga orang pemuda yang berada di pondok natal tersebut menyampaikan kepada pengendara mobil untuk menyalakan lampu mobil.
“Mereka hanya sampaikan ini malam, jadi pasang lampu baru lewat. Kita sama-sama jaga dan kami juga merayakan natal jadi kamu juga menghargai kami,” kata Douw menirukan pesan tiga pemuda itu.
Namun pengemudi mobil yang rupanya berisi aparat keamanan langsung lewat tanpa pembicaraan apapun. Tiga pemuda itu kembali ke pondok seperti biasa. Mereka tidak pikir apa yang terjadi, karena mereka tidak buat kesalahan.
“Mereka tiga asyik pasang lagu-lagu natal dan menikmati lagu natal, tiba-tiba satu truk berisi aparat gabungan dan mobil fortuner dari arah Madi berhenti di depan Pondok. Mereka menganiaya Yulianus Yeimo sampai tidak berdaya dan mereka bongkar Pondok Natal itu,” katanya.
Pasca penganiayaan tersebut, pagi harinya masyarakat dari kampung Ipakiye menuju ke kota Enarotali yang jaraknya diperkirakan 5 Km dengan tujuan menanyakan dan meminta penjelasan dari aparat keamanan mengenai pelaku dan mobil yang dikendarai.
Sekitar pukul 10.00 WIT, karena marah, masyarakat lalu membakar satu buah mobil Fortuner yang diduga sebagai mobil yang semalam melintas di depan pondok natal. Setelah itu mereka berkumpul di lapangan Karel Gobay, sambil bernyanyi dan waita. Tindakan masyarakat ini ternyata ditanggapi secara brutal oleh aparat keamanan. Mereka langsung menembak masyarakat yang ada di lapangan Karel Gobay itu.
Yones Douw membantah isu yang menyebutkan ketiga pemuda yang dipukul pada minggu (7/12) malam terlibat gerakan separatis TPN/OPM.
“Tiga Pemuda yang berada di pondok natal dan korban yang ditembak mati itu bukan TPN/OPM atau bukan orang Partai Politik. Mereka itu benar-benar masyarakat sipil, pelajar dan mahasiswa. Jadi peristiwa berdarah di Paniai ini tidak ada kaitan dengan Papua Merdeka atau TPN OPM,” kata Douw.

Pihak Kepolisian Daerah Papua, saat dikonfirmasi tentang insiden penembakan masyarakat sipil ini, mengaku masih mengumpulkan data dari Kapolres Paniai.
“Kasus itu sedang saya minta keterangan dari Kapolresnya,” kata Kabidhumas Polda Papua, Kombespol Sulistyo Pudjo. (Mawel Benny)
Foto Korban Tewas di Tempat






Sumber: tabloidjubi.com
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA