ENDEN WANIMBO DAN PURON WENDA, MENUNTUT PAPUA TETAP MERDEKA DAN DUKUNG PERTEMUAN VANUATU - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » » ENDEN WANIMBO DAN PURON WENDA, MENUNTUT PAPUA TETAP MERDEKA DAN DUKUNG PERTEMUAN VANUATU

ENDEN WANIMBO DAN PURON WENDA, MENUNTUT PAPUA TETAP MERDEKA DAN DUKUNG PERTEMUAN VANUATU

Written By Suara Wiyaimana Papua on Rabu, 03 Desember 2014 | Rabu, Desember 03, 2014

Enden Wanimbo (kiri) Dan Puron Wenda (kanan). (Foto : Amri/SP)
Dua Toko Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) Enden Wanimbo dan Puron Wenda kembali menegaskan sikapnya untuk meminta agar Papua “di merdekakan” oleh Pemerintah RI di masa pemerintahan Presiden Jokowi, karena dirinya mengaku sudah terlalu banyak penderitaan yang di alami bangsanya selama ini.

“Kami sudah cukup di jajah Indonesia, kami minta merdeka dan menentukan nasib sendiri, kami bukan minta uang, bukan minta pemekaran, kami minta kedaulatan”, kata Puron Wenda dan Enden Wanimbo dalam pernyataan sikap mereka yang dibacakan di Markas Besar Malaganery Tiom, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Senin, (1/12/2014) kemarin.
Pernyataan sikap yang dibacakan dalam sebuah sesi upacara singkat tersebut tanpa di lakukan pengibaran bendera Bintang Kejora, karena area sekitar Markas Besar mereka itu sudah berdiri beberapa bendera Bintang Kejora setiap harinya.
Pernyataan sikap keduanya yang di dampingi oleh puluhan pasukannya lengkap dengan berbagai jenis senjata kemarin itu di warnai dengan tembakan ke udara yang di lepaskan oleh Enden Wanimbo dan pasukannya.
Meski bagi pemerintah, proses Pepera adalah sudah final, namun bagi Enden Wanimbo kembali menegaskan bahwa menurutnya pelaksanaan Pepera tidak sesuai aturan, karena tidak berlaku azasone man one vote sesuai dengan mekanisme demokratis internasional.
“hak kami masih ada, cacat hukum, rakyat Papua Barat sekarang menuntut hak secara demokrasi, kami sekarang berjuang untuk merdeka, Indonesia tidak melaksanakan prinsip – prinsip hukum internasional, karena kepentingan ekonomi, sampai sekarang terlalu banyak pelanggaran, kami menuntut kedaulatan penuh bangsa Papua bukan otonomi dan cari makan”, tambah Enden Wanimbo lagi dalam orasi politiknya.
Ia juga menyatakan terima kasih dan dukungannya terhadap Pemerintah Vanuatu yang telah bersedia menmberikan dukungan baik materiil maupun moril terhadap perjuangan bangsa Papua sehingga akan menggelar Simposium Internasional sejak 30 November 2014 lalu hingga 4 Desember 2014 mendatang.
“kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Vanuatu yang telah memberikan dukungan bagi perjuangan kami, semoga dengan adanya seminar internasional yang tengah di gelar di Vanuatu, akan mempersatukan seluruh pergerakan pejuang kemerdekaan yang ada di Papua yang selama ini terpecah – pecah karena berbagai kepentingan”, kata Enden Wanimbo di dampingi Puron Wenda kepada SULUH PAPUA usai membaca pernyataan sikapnya di Markas Besar Malaganery kemarin.
Terkait 1 Desember yang minim aksi, menurutnya bukan berarti pergerakan ideologi Papua merdeka sudah tiarap, namun itu menunjukkan kedewasaan perjuangan Papua merdeka yang mana menghargai proses pertemuan yang sedang berlangsung di Vanuatu saat ini.

“Tidak masalah, seruan kami bukan soal pengibaran benderanya, tapi bagaimana rakyat bangsa Papua Barat memiliki kesadaran yang sama dengan kami akan 1 Desember, walaupun tidak ada bendera di kibarkan, bendera Bintang Kejora berkibar di hati orang Papua kok”, katanya dengan nada sedikit kesal ketika ditanya SULUH PAPUA bahwa seruan Puron Wenda beberapa waktu lalu untuk pengibaran bendera BK tidak di penuhi semua elemen pergerakan Papua di daerah lain.

Sumber://suluhpapua.com
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA