Pernyataan Dukungan dan Ucapan Terima kasih KNPB dan PNWP KEPADA PEMERINTAH VANUATU - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :

.

.
Home » » Pernyataan Dukungan dan Ucapan Terima kasih KNPB dan PNWP KEPADA PEMERINTAH VANUATU

Pernyataan Dukungan dan Ucapan Terima kasih KNPB dan PNWP KEPADA PEMERINTAH VANUATU

Written By Suara Wiyaimana Papua on Minggu, 05 Oktober 2014 | Minggu, Oktober 05, 2014




Perjuangan Bangsa West Papua yang telah berjalan selama lima (5) dekade lebih, sejak penyerahan  wilayah West Papua secara sepihak tanpa melibatkan wakil Bangsa West Papua oleh pemerintah kerajaan Nederland (Belanda kepada Indonesia melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yaitu  United Nation Temporery Executive Autority (UNTEA) pada 1 mei 1963.

Kemudian proses penentuan nasip sendiri (self determination) yang seharusnya satu orang satu suara (one man one voute)namun  di langgar oleh Indonesia pada tahun 1969 yang dilakukan dengan cara lokal Indonesia yang dikenal dengan nama  Pemungutan Pendapat Rakyat (PEPERA 1969) yang sangat tidak adil dan tidak bermartabat serta tidak sesuai tatanan Hukum Internasional.

Bangsa West Papua terus berjuang Mendapatkan  dukungan Internasional untuk hak penetuan nasib (SELF DETERMINATION). Tuntutan rakyat Papua selama 52 terusdiabaikan hak oleh Masyarakat Internasional. Tetap rakyat Papua Barat terusmenutut hakpolitiknya sebagai suatu Bangsa untuk menentukan nasipnya sendiri.

Kami Patut  bersyukur kepada Tuhan Karena suara rakayat Papua Barat itu telah didegar saudara-saudara kita Melanesia yang merupakan wilayaha kawasan satu rumpun dengan Kami Bangsa Papua Barat. Dan telah merespon tentang Hak penentuan Nasip Sendirimelalui Konferensi Tingkat Tinggi (KTT MSG ( Melanesia Spichk Grup) di kalidonia baru Kanaky pada tanggal 19-21 juni 2013, 

Kami bangsa Papua Barat sagat bersyukur Karena saudara Kami rakyat Papua dan pemerinta Vanuatu telah mengambil peran di wilayah kawasan Pasifik dan berkomien untuk Memperjuangkan Nasib bangsa Papua Barat sampai ke Tingkat kawasan sampai dengan di porum PBB. Bukti komitmen Mereka Pertama Perdana Menteri Vanuatu Mr Moana carcass Colosil telah membawa Isu West Papua  depan Sidang Umum tahunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 28 september 2013.

Kemudian pada pad 4 maret 2014 Mr. Moana Carcasiss Colosil, menyampaikan perhatian serius terhadap pemusnahan Ras Melanesia di West Papua dalam Sidang komisi HAM PBB di Genewa Swis. Mantan Perdana Menteri vanuatu tuan  Moana colosil Menyampaikan perhatianya dalam pertemuan negara-negara persemakmuran inggri pada 16 maret 2014 di colombo – srilangka.  Selain  pada 26 – 28 juni 2014 peminpin Negara-negara Melanesia di Port Moresby (PNG), telah mengauki Bahwa Wilayah West Papua adalah bagian dari Melanesia.

Dan Pada tanggal 29 September 2014 Sejarah barau bagi rakyat Papua Barat dimana Perdana Menteri Vanuatu Mr. Joe Natuman pidato di depan Mayelis Umum Perseikatan Bangsa-Bangsa) telah memberikan penghomatan terhadap Tokoh OPM Tuan .Dr John Otto Ondowame sebagai pahlawan dan telah menerima upeti dari seluruh dunia dalam siding tahunan PBB kali ini. Dr.John Onowame telah  bekerja  mengapdikan hidupnya terus terus berjuang untuk memperoleh dukungan untuk memperoleh kebebasan rakyatnya. Mimpinya itu juga diakui oleh masyarakat internasional di tingkat PBB juga. 

Ini adalah ketiga kalinya bahwa Perdana Menteri Vanuatu telah berbicara tentang perjuangan Papua Merdeka Barat di PBB dan pidato ini telah meningkatkan kepercayaan luar biasa dan kepercayaan rakyat Papua Barat dengan Republik Vanuatu, yang selalu tetap kokoh dalam mendukung penentuan nasib sendiri dan kemerdekaan bagi Papua Barat. Maka kami rakyat Papua Barat menyampaikan Bahwa :
  • 1.   Kami  Badan Pengurus KNPB Pusat,  Parlement Nasional West Papua (PNWP ) 28 KNPB wilayah, 23 Parlemen Rakyat Daerah (PRD)  dan seluruh Komponen RakyatBangsa Papua di West Papua sorong sampai Merauke Patut dan  menyampaikan banyak terima kasih kepada Perdana Menteri  Vanutu Mr. Joe Natuman yang telah membawa Isu West Papua Hak Penentuan Nasib Sendiri di sidang tahunan PBB pada tanggal 29 september 2014 .
  • 2.   Kami Bangsa Papua Barat di West Papua tak lupa menyampaikan banyakj terima Kasih kepada Pemerintah Vanuatu, Tokoh-tokoh Gerja Tokoh-Tokoh adat tokoh pemuda dan seluruh Masyarakat Vanuatu telah berkomitmen untuk Hak Penetuan Nasib Sendiri Bagi Bangsa Papua Barat.
  • 3. Kami Bangsa Papua Barat  tak lupa menyampaikan terima kasih Kepada pemerintah Dan Rakyat Vanuatu Bersama Pimpinan Gereja berinisiatfi Untuk memediasi Peminpin Rakyat Papua Barat Melalui symposium pada tanggal 30 November sampai 04 desember 2014.
  • 4.  Kami Parlemen Nasional West Papua (PNWP) dan Komite Nasional PapuaBarat (KNPB) bersama seluruh rakyat bangsa west papua Menyerukan kepada pemimpin negara-negara anggota MSG  agar mengikuti jejak pemerintah vanuatu sebagai sesama kelompok melanesia, untuk sama –sama mendorong Isu West Papua di tingkat FIP Dan PBB .
Hal ini menunjukan tingkat dukungan  masyarakat internasional di regional melanesia hingga di sidang tahunan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun ini.  

Demikian Pernyataan dukungan dan Ucapan terima Kasih Rakyat Papua Barat di West Papua.

SALAM REVOLUSI
Numbay, 03 Oktober 2014

BPP Komite Nasional Papua Barat (KNPB)


 Victor F. Yeimo                                Ones Suhuniap
      Ketua umum                                  Sekertaris Umum


Mengetahui,
DEWAN NEW GUNEA RAAD
PARLEME NASIONAL WEST PAPUA


BUCTHAR TABUNI


Ketua
Share this article :

0 komentar:

.

.

Pray For West Papua

Pray For West Papua

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA