Oposisi Solomon Desak West Papua Diangkat di PBB - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » » Oposisi Solomon Desak West Papua Diangkat di PBB

Oposisi Solomon Desak West Papua Diangkat di PBB

Written By Suara Wiyaimana Papua on Sabtu, 19 April 2014 | Sabtu, April 19, 2014

Manasseh Sogavare

Jayapura, KNPBnews – Salah Anggota Parlemen Oposisi  yang juga mantan Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasseh Sogavare telah menyatakan keprihatian terhadap West Papua dan mendesak Pemerintah Kepulauan Solomon mendorong West Papua ke agenda PBB.
“Kepulauan Solomon sepenuhnya dibenarkan untuk meningkatkan kekhawatiran tentang isu West Papua dan mendorong agar hal itu harus ditempatkan pada agenda PBB, ” kata Sogavare, seperti yang dikutip Solomon Star saat berbicara di Parlemen, Selasa (15/4) kemarin.
Sogavare mengatakan ia menghargai pendekatan hati-hati yang diambil oleh para pemimpin Melanesia Spearhead Group, mereka tidak harus membiarkannya dengan pendekatan hati-hati untuk mengarah pada keraguan bahwa mereka lupa salah satu kesalahan hak asasi manusia terburuk di abad ke-20 dan ke-21 yang  tak terhitung penderitaan yang ditimbulkan terhadap rakyat West Papua,  sementara dunia sedang menyaksikan.
Oposisi MP mengatakan dalam mencoba untuk memahami pandangan yang berbeda tentang isu West Papua ia datang ke dua realisasi. Pertama, Apakah Kepulauan Solomon akan terus bergabung dengan antrian panjang kecerobohan kotor, kenetralan, keegoisan dan kemunafikan yang menandai cara dunia termasuk PBB menangani masalah West Papua selama empat dekade terakhir?
Atau, yang kedua, Menghadapi kenyataan di kepala dan memberitahu dunia untuk keluar dari kemunafikan sebelum mulai percaya pada apa pun yang dikatakan tentang demokrasi, hak rakyat untuk menentukan nasib sendiri, kebebasan dan penghormatan terhadap martabat kehidupan manusia?
Anggota Parlemen asal East Choiseul ini mengatakan ia mendukung rencana Pemerintah untuk membuka Kantor Kedutaan di Jakarta, tetapi ia juga mengharapkan hal itu bukan saja untuk kepentingan ekonomi tetapi untuk juga untuk mengangkat isu West Papua bersama dengan Indonesia.
Lebih lanjut, Sogavare dari gedung Parlemen mengatakan memang isu West Papua adalah hal yang sensitif namun Kepulauan Solomon harus berani mengatakan yang salah dengan cara yang benar.
“Ini tentang kemanusiaan dan  moral dari negara anggota PBB, ini merupakan kekhawatiran tentang dunia yang hanya menonton sementara beberapa warganya akan melalui kesulitan”, kata Sogavare.
Sebelumnya, Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Gordon Darci Lido diberitakan menerima sogokan dana dari Indonesia agar memperlemah dukungan bagi perjuangan West Papua di MSG. (wd)

Sumber: knpbnews.com
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA