KONFRONTASI WEST PAPUA, INDONESIA, & BELANDA - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » » KONFRONTASI WEST PAPUA, INDONESIA, & BELANDA

KONFRONTASI WEST PAPUA, INDONESIA, & BELANDA

Written By Suara Wiyaimana Papua on Senin, 07 April 2014 | Senin, April 07, 2014


Ilustrasi : Sejarah Papua
Sengketa Indonesia dan Belanda atas Papua Barat yang sempat tertunda dengan adanya program konsolidasi politik yang di lakukan soekarno pada awal periode demokrasi terpimpin, kemudian menjadi isu yang semakin panas pada 1960-an. Indonesia semakin intensif melancarkan kebijakan konfrontasinya. Kegagalan melalui jalur negosiasi diplomasi, membuat Indonesia mengambil jalan lain untuk penyelesaian kasus Papua Barat.

Indonesia semakin meningkatkan ancaman penggunaan kekuatan ekonomi, politik dan militer untuk memaksa Belanda menyerahkan wilayah Papua barat ke Indonesia. Jika kita menyimak dalam konteks diatas ini, Indonesia dan Belanda hanya demi kepentingan merebut kekuasaan ekonomi, politik dan merampas kekayaan milik negeri nagara lain.

Mengapa katakan demikian, karena Belanda tidak pernah melibatkan orang melanesia pada saat, konfrontasi berlansung dengan Indonesia. Pendekatan militer ke tanah Papua pada saat itu, mengakibatkan nyawa manusia sekitar 500,000 orang khususnya masyarakat pribumi dibunuh.

Ancaman Indonesia dan Belanda mengindikasikan bahwa, politik intervensi demi kepentingan kedua negaranya dan waktu itu, tak pernah melibatkan pihak pertama yang disebut penghuni tanah papua. Apakah Belanda memberikan kenangan sebagai sebuah negara independen "West Papua" dengan alat kelengkapan bendera, lambang negara, dan lagu kebangsaan? itu memang telah dideklarasikan sidang PBB pada tahun 1960-an dan Belanda juga mengakui West Papua sebagai negara tunggal namun, saat ini kekayaan alam yang sedang di eksploitasi adalah Amerika Serikat dan tempat kedudukan perserikatan bangsa-bangsa PBB (United Nation) juga berada di Amerika sehingga isu tentang Papua merdeka itu, diapatiskan.

Realita Sejarah perjungan papua kita tidak bisa melupakan dan mengabaikan begitu saja. Tetapi diharapkan generasi penerus bangsa papua " berambut kriting kita menyatukan barisan untuk penentuan nasib kita sendiri, agar terbebasnya papua barat dari kolonial indonesia adalah perjuangan yang membutuhkan persatuan dan kesatuan kita semua. Kita sudah punya jaringan internasional yang sangat kuat sehingga dipastikan nasib hidup bangsa Melanesia di Tanah- Papua. Jangan takut dengan dengan kekejaman dan tindakan brutal dari TNI dan POLRI tetapi kalahkan segala kejahatan dengan iman yang kokoh. Syalom......Berjuang kita mengkhari

 Oleh: Awimee Wiyaipai #

Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA