Ini alasan tiga gereja anggota PGGP tidak ikut aksi - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , , » Ini alasan tiga gereja anggota PGGP tidak ikut aksi

Ini alasan tiga gereja anggota PGGP tidak ikut aksi

Written By Suara Wiyaimana Papua on Rabu, 17 Mei 2017 | Rabu, Mei 17, 2017

Massa memegang baliho di halaman kantor DPRP – Jubi/Abeth You
Jayapura, Jubi – Aksi yang digelar Persekutuan Gereja-Gereja Papua (PGGP) Senin (15/3/2017), tidak diikuti tiga denominasi gereja anggota PGGP. Yakni Gereja Injili di Indonesia (GIDI) di Papua, Gereja Kingmi Papua dan Gereja Baptis Papua.

Pdt. Dorman Wandikbo selaku Presiden Gereja Injili di Indonesia (GIDI) di Papua mengatakan pihaknya tidak berpartisipasi dalam aksi itu, karena selama ini gereja-gereja di tanah Papua tidak pernah demo mengenai masalah pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) Papua. Padahal, banyak orang Papua mati ditembak, dibunuh, ditabrak, kesehatan buruk, pendidikan macet dan sebagainya.

“Gereja semakin buta dengan kondisi kemanusiaan seperti pelanggaran HAM di tanah Papua ini,” tutur Pdt. Dorman Wandikbo kepada Jubi via selularnya, Selasa, (16/5/2017). 

Menurutnya, ketiga denominasi gereja itu selama ini seringkali dianggap separatis oleh pemerintah, karena menyuarakan ketidakadilan rakyat yang kecil yang menderita dan menjadi korban ketidakadilan hukum .
“Maka, umat GIDI, Baptis dan Kingmi seluruhnya tidak hadir kemarin,” katanya.

Terpisah, Ketua Umum Badan Pelayan Pusat Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Papua (BPP PGGP), Pdt. Socratez Sofyan Yoman menegaskan, demo PGGP dan PGGSP adalah wujud solidaritas demi keadilan dan kemanusiaan di Indonesia dan Papua.

“Semua pihak harus membangun solidaritas yang kuat dan harmonis tanpa memandang latar belakang, pandangan ideologi, ras, etnis dan status sosial,” katanya.

Namun Socratez tidak setuju dengan demo PGGP kemarin. Menurutnya PGGP sudah keluar dari tugas utamanya yang memegang nilai-nilai universal.

“PGGP melegitimasi dan membenarkan pelanggaran HAM berat yang dilakukan negara selama ini. Kenapa PGGP selama ini membisu dan diam untuk berbicara tentang pelanggaram HAM yang merupakan kejahatan negara di Tanah Papua?” bebernya.(*)

Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA