Dukungan lintas partai di Selandia Baru untuk West Papua - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :

.

.
Home » , , , » Dukungan lintas partai di Selandia Baru untuk West Papua

Dukungan lintas partai di Selandia Baru untuk West Papua

Written By Suara Wiyaimana Papua on Selasa, 16 Mei 2017 | Selasa, Mei 16, 2017

Wakil-wakil Parlemen Selandia Baru berpose dengan Benny Wenda setelah menandatangani Deklarasi International Parliamentarians for West Papua-RNZI/Koroi Hawkins
Jayapura, Jubi - Wakil-wakil parlemen dari beberapa partai politik di Selandia Baru telah ikut menandatangani sebuah deklarasi yang diprakarsai oleh International Parliamentarians for West Papua.
Hal ini menyusul pidato dihadapan parlemen oleh tokoh pejuang Papua Merdeka Benny Wenda yang berada di Selandia Baru belum lama ini, untuk menambah kepedulian atas wilayah tanah airnya itu.

Sebelas anggota parlemen dikatakan sudah menandatangani deklarasi Internasional para anggota parlemen yang menyerukan penentukan nasib sendiri di Papua.

Wenda mengatakan dukungan lintas partai tersebut adalah pertanda bertumbuhnya solidaritas global.
"In bukan saja satu partai politik melainkan empat, yakni Partai Buruh, Partai Hijau, Nasional (dan Partai Maori), mereka semua tandatangani deklarasi tersebut. Melalui cara ini mereka tunjukkan pada dunia bahwa perjuangan ini adalah soal kemanusiaan. Orang-orang itu percaya keadilan dan kemerdekaan," kata Wenda.

Sensitivitas isu Papua

Selama di Wellington, kali ini Benny Wenda bahkan tidak diminta untuk membeberkan latar belakangnya dihadapan panitia terpilih parlemen terkait petisi yang menuntut pemerintah Selandia Baru bertindak atas pelanggaran HAM di Papua.


Malah, dia sempat melakukan pertemuan singkat dengan beberepa pejabat Kementerian Luar Negeri yang mendengarkan penyampaiannya dengan seksama untuk meminta lebih tindakan lebih terhadap Papua. Mereka bahkan mengantarnya saat pamitan.

Selama ini pemerintah NZ tampak sungkan mendorong Jakarta lebih keras terkait Papua, meskipun mereka tunjukkan perhatiannya pada tinjauan HAM periodik Indonesia di PBB bulan ini.

Namun, sensitivitas isu terkait West Papua memang terbukti selama masa kunjungan Wenda di Wellington.
Dia sempat berpartisipasi dalam demonstrasi (11/5) ke kedutaan Indonesian di Kelburn, Wellington dan berkumpul bersama para pemrotes yang menyerukan kemerdekaan West Papua.

Protes tersebut berlangsung agak sengit setelah kedutaan Indonesia membuka pintu dan pejabat kedutaan keluar bertemu para pemrotes.

Firdauzie Dwiandika, Konselor Menteri untuk urusan politik, berdiri di dekat Wenda dan Catherine Delahunty anggota parlemen dari Partai Hijau Selandia Baru yang bicara di hadapan massa.

Dwiandika menyatakan bahwa mereka salah terkait HAM di Papua, dan bahwa rakyat Papua tahu mana yang benar.

Namun Delahunty menjawab, "Anda tidak bisa lagi menganggap kami akan percaya cerita itu, anda sudah memarginalisasi masyarakat asli Papua, mencoba ‘memenjarakan’ mereka dalam batas negara, mengabaikan krisis kesehatan mereka, dan mengambil sumber daya alamnya.”

Dwiandika membalas Delahunty dengan pernyataan, “Papua sudah berubah,” kata dia.(*)

Share this article :

0 komentar:

.

.

Pray For West Papua

Pray For West Papua

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA