Papua Nugini dan Bougainville sepakat bentuk komisi referendum - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , » Papua Nugini dan Bougainville sepakat bentuk komisi referendum

Papua Nugini dan Bougainville sepakat bentuk komisi referendum

Written By Suara Wiyaimana Papua on Kamis, 26 Januari 2017 | Kamis, Januari 26, 2017

Rakyat Bougainville mendesak referendum. –RNZI
Port Moresby, Jubi – Pemerintah Papua Nugini dan pemerintah daerah Bougainville sepakat membentuk komisi referendum yang akan bertugas mengurusi proses referendum rakyat Bougainville untuk menentukan kemerdekaan dari Papua Nugini.

Komisi referendum Bougainville akan bertugas menyelenggarakan proses referendum pada tahun 2019. Referendum ini merupakan amanat dari kesepakatan damai tahun 2001 yang mengakhiri konflik bersenjata selama lebih dari satu dekade antara Bougainville dan Papua Nugini.

Wakil Presiden Pemerintahan OTonomi Bougainville, Patrick Nisira mengatakan bahwa pembentukan komisi ini menunjukkan kedua pemerintahan akan bekerja sama untuk menghormati kesepakatan damai. “Ini adalah langkah maju yang sangat penting,” ujarnya.

Ia menambahkan, pembentukan komisi referendum akan menambah kepercayaan diri rakyat Bougainville dan rakyat Papua Nugini. Ia berharap prosesnya akan berjalan lancar.

Sekretaris negara Papua Nugini, Isaac Lupari mengatakan bahwa komisi ini memiliki tanggung jawab penting untuk memimpin proses pemungutan suara. “Komisi ini akan ditugasi untuk merencanakan persiapan referendum dan pelaksanaannya nanti,” katanya.

Lupari mengatakan bahwa masih ada dua hal penting yang harus dipenuhi sebelum referendum sesuai kesepakatan damai tahun 2001; yaitu pembentukan struktur pemerintahan yang baik dan pemusnahan semua senjata yang tersisa. “Referendum hanya bisa dan boleh dilakukan jika kedua hal itu terpenuhi, kita harus pastikan bahwa keduanya terpenuhi sesuai hukum yang berlaku,” ucapnya.

Ia menambahkan, selain kedua hal itu juga perlu ada evaluasi terhadap pelaksanaan dan performa pemerintahan otonomi Bougainville yang berdiri selama ini.

Bougainville adalah sebuah provinsi di selatan Papua Nugini. selama berpuluh-puluh tahun, provinsi ini selalu dilanda kerusuhan dan konflik antarsuku dan konflik bersenjata yang disulut terutama sejak dibukanya lahan eksploitasi pertambangan di wilayah itu. (*)

Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA