MENUJU Ke- MSG; Solusi Masalah Papua - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , » MENUJU Ke- MSG; Solusi Masalah Papua

MENUJU Ke- MSG; Solusi Masalah Papua

Written By Suara Wiyaimana Papua on Kamis, 08 Desember 2016 | Kamis, Desember 08, 2016


MENUJU Ke- MSG; Solusi Masalah Papua
==================================
Persoalan Papua kini bukan lagi masalah domestik. Bukan lagi soal ketimpangan pembangunan. Saat ini masalah Papua sesungguhnya adalah masalah sengketa status sejarah yang menimbulkan pelangaran HAM berat. Fakta pelangaran HAM berat selama ini di Papua telah menarik perhatian sudara/i Melanesia yang tergabung dalam MSG. Ruang penyelesaian Papua tidak memungkinkan lagi untuk diselesaikan secara domestik antara Papua dan Pemerintah Jakarta, sebab selama ini pemerintah benar-benar mengabaikan aspirasi rakyat Papua dan mendekatinya dengan kekerasan militer. Pendekatan pembangunan terus dipaksakan sebagai solusi utama isu politik Papua, namun faktanya otsus gagal dan hanya uang yang diberikan sementara kewenangan penuh untuk memproteksi orang asli Papua ditahan.

Masuknya ULMWP sebagai observer di dalam MSG tentu adalah keberhasilan diplomasi aktivis pro-kemerdekaan rakyat Papua di Pasifik. Kehadiran ULMWP semakin membuktikan kepekaan spirit regionalisme yang sedang dikonsolidasikan. Munculnya regionalisme baru di berbagai belahan dunia dengan tujuan dapat mengatasi permasalahan bersama anggotanya yang berada di satu zona wilayah dan zona sosial kultural yang sama. Regionalisme (MSG) dalam awal pembentukanya telah memberikan konsentrasi terhadap isu Papua merdeka, ini adalah wujud aplikasi nyata daripada spirit regionalisme dalam konteks politik. Namun dalam prosesnya, dinamika politik MSG tidak lagi menjadi objektif. Lobi-lobi politik Indonesia kepada anggota MSG terkait isu Papua, membuat sebagian anggota MSG, seperti PNG, tidak lagi objektif terhadap konflik dan pelangaran HAM Papua.

Lobi politik Indonesia dan lobi politik ULMWP terus berlanjut dalam agenda-agenda Meeting MSG. Masing-masing berhasil memenangkan opini anggota (members) MSG. Agenda MSG mengenai persoalan Papua tetap dijadikan isu dominan dalam pembahasan agenda regional. menarik, dalam pertemuan lanjutan pada bulan Desember, awalnya Indonesia menolak kehadiran ULMWP dalam pertemuan para menteri dan pejabat senior yang diselenggarakan di Lautoka, Fiji pekan ini. dan West Papua (ULMWP) satu meja untuk membahas status keanggotaan keduanya untuk menjadi anggota penuh MSG. Fiji dan PNG (terutama menteri luar negerinya). Sementara, Vanuatu, Solomon Islands, dan FLNKS akan mendukung ULMWP menjadi anggota penuh MSG. Keputusan politik ada di pertemuan Pemimpin Negara-negara yang tergabung dalam MSG pada tanggal, 20 Desember 2016 di Vanuatu.


Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA