KNPB: Rakyat Papua Wajib Rayakan 1 Desember Sebagai Hari Bersejarah - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , , » KNPB: Rakyat Papua Wajib Rayakan 1 Desember Sebagai Hari Bersejarah

KNPB: Rakyat Papua Wajib Rayakan 1 Desember Sebagai Hari Bersejarah

Written By Suara Wiyaimana Papua on Senin, 28 November 2016 | Senin, November 28, 2016

KNPB: Rakyat Papua Wajib Rayakan 1 Desember Sebagai Hari Bersejarah

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menghimbau kepada seruruh rakyat Papua Barat dari Sorong – Samarai dan seluruh rakyat Papua yang tersebar di seluruh belahan dunia untuk merayakan 1 Desember sebagai hari bersejarah bagi orang Papua.

“1 Desember 2016 wajib dirayakan oleh rakyat West Papua sebagai hari paling bersejarah dimana orang Papua memanifestokan indentitas politik kebangsaannya sendiri. 55 tahun berlalu, aneksasi Indonesia melalui operasi Trikora hingga rekayasa Pepera 1969 seakan membenarkan kekuasaannya diatas tanah Papua, menyebabkan penindasan tiada henti,” himbau Victor Yeimo, ketua KNPB Pusat kepada suarapapua.com di Jayapura, tidak lama ini.

Yeimo menjelaskan, West Papua bukankah bagian sah dari teritori Indonesia, namun teritori tak berpemerintahan sendiri dibawah pendudukan kolonial Indonesia. Kemerdekaan West Papua akan merupakan pengembalian kedaulatan rakyat Papua dan bukanlah pelanggaran integritas teritorial Indonesia.


“Karena itu, rakyat dunia, termasuk rakyat Indonesia, berkewajiban memastikan rakyat West Papua diberikan hak untuk secara bebas menentukan nasibnya sendiri,” tegas Yeimo.

Kata Yeimo, Solidaritas tanpa batas harus mengalir dari seluruh penjuru dunia bagi kemerdekaan Papua. Bulan Desember, bangsa Papua mesti memastikan ULMWP menjadi anggota penuh MSG.

“Kita juga mesti memastikan orang-orang di Eropa, Afrika, dan Asia, termasuk rakyat Indonesia mendukung perjuangan kita. Dan lebih dari itu, kita mesti memastikan rakyat West Papua mengorganisir diri dalam gerakan perlawanan nyata secara damai dan bermartabat,” terangnya.

Menurut Yeimo, kemerdekaan Papua merupakan solusi untuk menyelamatkan rakyat Papua dari pemusnahan yang secara terstruktut dilakukan oleh penjajah.

“Perjuangan kemerdekaan adalah satu-satunya jalan untuk menyelamatkan bangsa Papua dari penguasaan dan pemusnahan bangsa Papua oleh kolonialisme Indonesia,”ungkap Yeimo.

Untuk diketahui, pada tanggal 26 November 2016, KNPB Wilayah Mnukwar melaporkan, sekitar pukul 13.00 WP waktu setempat telah terjadi penangkapan terhadap 14 aktivis KNPB dan telah dipulangkan setelah ditahan selama hampr 10 jam di kantor Polisi, Polres Manokwari, Papua Barat.

Penangkapan tersebut dilakukan saat ke 14 aktivi KNPB wilayah Mnukwar melakukan pembagian selebaran himbauan tentang perayaan peringatan 1 Desember yang merupakan hari bersejarah bagi rakyat Papua.


Victor F. Yeimo, ketua umum KNPB Pusat.  

Sumber:www.suarapapua.com
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA