Orang Asli Papua Waspada!! Ratusan Anggota Brimob Ditugaskan ke Timika Papua - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :

.

.
Home » , , » Orang Asli Papua Waspada!! Ratusan Anggota Brimob Ditugaskan ke Timika Papua

Orang Asli Papua Waspada!! Ratusan Anggota Brimob Ditugaskan ke Timika Papua

Written By Suara Wiyaimana Papua on Rabu, 14 September 2016 | Rabu, September 14, 2016

SuaraDukaNews : BOYOLALI – Sebanyak 600 anggota Brimob asal Jateng ditugaskan ke Papua. Upacara pemberangkatan dipimpin Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono di Mako Brimob Gunung Kendil, Kecamatan Mojosongo, Selasa (13/9).
Mereka akan ditugaskan untuk pengamanan di objek vital nasional PT Freeport di Kabupaten Mimika, selama empat bulan. Kapolda berharap analisis daerah operasi menjadi pedoman bagi anggota dalam menjalankan tugas di Freeport. ”Ada pepatah Minang, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Anggota wajib menghormati budaya dan kultur di Papua,”kata Kapolda.
Dijelaskan, PT Freeport yang berada di Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika adalah perusahaan pengolah tembaga dan perak terbesar ketiga di dunia. Bahkan, menjadi penghasil emas terbesar di dunia. Perusahaan ini telah berkonstribusi terhadap penerimaan pajak negara hingga 1,7 persen.
Freeport adalah objek vital nasional yang punya arti penting bagi Indonesia, dana corporate social responsibility (CSR) yang dikucurkan Freeport cukup besar. ”Perusahaan tersebut mempekerjakan 12.000 orang Indonesia serta 1 persen tenaga asing. Tugas anggota adalah mengamankan objek vital tersebut.”
Dapat Gangguan
Anggota yang bertugas Bantuan Kendali Operasi (BKO) ke Papua, juga bertugas mengamankan seluruh personel di Freeport. Hal ini perlu dilakukan, karena hingga saat ini Freeport sering mendapat gangguan secara sporadis dari pasukan kriminal bersenjata di sana. Kabupaten Mimika berbatasan dengan kabupaten yang cukup rawan, yakni Kabupaten Dogiyai dan Wamena di Puncak Jaya.
Untuk itu, anggota harus siaga, karena pasukan kriminal bersenjata yang sering mengganggu di Freeport bukanlah anggota kriminal biasa. Di Papua, anggota Brimob Polda Jateng akan bertemu dengan pasukan pengamanan dari satuan lain, seperti TNI dan Brimob Polda Papua. ”Saya ingatkan lagi, jangan tinggalkan prosedur standar operasi.” Salah satu anggota Bhayangkari, Kusmiyati mengungkapkan, suaminya, Bripka Putu Rida termasuk salah satu anggota yang ditugaskan BKO ke Polda Papua.
Baginya, tugas suami adalah nomor satu. ”Sudah enam kali ditinggal suami tugas operasi ke luar wilayah, paling lama ke Aceh. Saya sengaja mengajak anak bungsu, Rendra agar tahu ayahnya bakal tugas lama di tempat jauh.” Senada, anggota Bhayangkari lainnya, Ana mengaku sudah terbiasa ditinggal tugas suaminya, Ipda Hendra.
Rata-rata setiap tugas selama empat bulan. Paling lama tugas ke Aceh, beberapa waktu lalu, yaitu selama enam bulan. ”Sudah biasa ditinggal tugas, yang penting komunikasi tetap jalan rutin.” (G10-76)
 
Share this article :

0 komentar:

.

.

Pray For West Papua

Pray For West Papua

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA