7 Aktivis KNPB Konsulat Indonesia Tengah Diminta Melapor Tiga Kali Seminggu - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :

.

.
Home » , , » 7 Aktivis KNPB Konsulat Indonesia Tengah Diminta Melapor Tiga Kali Seminggu

7 Aktivis KNPB Konsulat Indonesia Tengah Diminta Melapor Tiga Kali Seminggu

Written By Suara Wiyaimana Papua on Jumat, 03 Juni 2016 | Jumat, Juni 03, 2016

Penangkapan para aktivis KNPB di Manado, Senin (31/05). Foto: Anton Gobai.
Manado, Majalah Beko  - - 7 aktivis KNPB Konsulat Indonesia Tengah yang ditangkap Polresta Manado  pada aksi demo damai KNPB mendukung ULMWP sebagai anggota penuh di MSG dan mendesak pembebasan aktivisatau tahanan politik (tapol) Papua, Senin (31/05) kemarin dibebaskan bersyarat oleh pihak Polresta Manado pada Rabu (01/06) sore.

7 Aktivis KNPB itu diminta untuk melapor 3 kali seminggu. Mereka harus menepati permintaan Polresta Manado dan jika tidak ditepati, mereka diancam untuk dimasukan dalam DPO (Daftar Pencarian Orang).

Hal ini disampaikan Ketua KNPB Wilayah Gorontalo, Emanuel Ukago kepada Majalah Beko, Kamis (02/06).

“Kami harus melapor tiga kali seminggu ke Polresta Manado dan jika tidak lapor maka kami diancam langsung DPO dari pihak Polresta”, jelas Eman.

Dikatakannya, selama di Polresta Manado, 7 aktivis KNPB itu diperiksa tiga kali. Dalam pemeriksaan itu, mereka ditanya  seputar ULMWP (United Liberation Movement for West Papua) dan KNPB.

“Kami ditanya mengenai agenda-agenda ULMWP serta tujuan dan keberadaan KNPB,” ujar Eman.

Ia menjelaskanpihaknya menjawab agenda ULMWP dan KNPB adalah jelasdan ingin bebas dari kolonial Indonesia dengan menentukan nasib sendiri atau referendum.

Pihaknya menilaipilihan bebas atau act of free choice yang dilakukanIndonesia pada tahun 1969 sudah cacat hukum kerena tidak mewakali seluruh rakyat Papua saat itu dan jelas sudah dimanipulasi untuk kepentingan terselubung.

“Kami ditanya mengenai agenda ULMWP dan KNPB, namun kami sudah jelaskan bahwa agendanya bebas dari kolonial Indonesia melalui penentuan nasib sendiri yang dulu tahun 1969 sudah dimanipulasi,” tutur Eman.

Sementara, di kesempatan sama, Ketua KNPB Konsulat Indonesia Tengah,Hiskia Meage membenarkan soal dirinya bersama 6 aktivis KNPB lainnya yang dibebaskan bersyarat itu.

“Dari Polresta, kami diminta untuk melapor tiga kali seminggu dan tiga hari itu adalah setiap Senin, Rabu dan Jumat dan jika tidak melapor, kami diancam DPO,” ungkapnya(JI)

Share this article :

0 komentar:

.

.

Pray For West Papua

Pray For West Papua

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA