SOSIALIS JEREMY CORBYN PADA DUKUNGAN PAPUA MEREDEKA - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , » SOSIALIS JEREMY CORBYN PADA DUKUNGAN PAPUA MEREDEKA

SOSIALIS JEREMY CORBYN PADA DUKUNGAN PAPUA MEREDEKA

Written By Suara Wiyaimana Papua on Senin, 09 Mei 2016 | Senin, Mei 09, 2016


                                                                       Foto Doc Jeremy Corbyn
 Oleh Viktor Yeimo.

Saya yakin Indonesia kaget dengan Jeremy Corbyn dalam pertemuan International Parlementarians for West Papua (IPWP), 3 Mei 2016 kemarin di Gedung Parlemen Inggris. Ini pukulan besar Pemerintahan Jokowi yang baru saja, pada 20 April 2016 lalu, berkunjung ke Inggris menyepakati kerja sama Ekonomi dan Perdagangan dengan Pemerintahan David Cameron. Belum lagi, pertemuan IPWP ini dihadiri dan didukung oleh Pemimpin Negara seperti Tonga, Vanuatu, Solomon Islands, dan Guyana. Siapa sebenarnya Jeremy Corbyn, dan maknanya bagi perjuangan melawan kolonialisme dan imperialism?

Jeremy Corbin (66) adalah tokoh sayap kiri yang kental di Inggris. Dia dipilih dengan suara yang dominan dalam partai haluan kiri, yakni Partai Buruh (Labor Party) Inggris. Dia kini menjadi Pemimpin Partai Opisisi terbesar di Inggris. Ia menolak kebijakan Luar Negeri Inggris di Timor Tengah. Ia menawarkan kebijakan sosialis di Inggris dan menolak kebijakan imperialis. Ia bahkan mengatakan ISIS adalah buatan barat (termasuk Inggris).

Terlepas dari bagaimana peluang politik Corbyn kedepan dalam pemerintahan Inggris, saya hendak mengambil makna dari pada dukungannya secara tegas terhadap hak penentuan nasib sendiri West Papua. Pertama, Jeremy Corbyn konsisten pada sikap politiknya sebagai sosialis yang mendukung hak penentuan nasib sendiri. Ia tidak hanya mendukung West Papua, ia juga mendukung self-determination untuk Tamil dari Sri Langka. Ia juga mendukung Kepulauan Falkans berpisa dari Argentina, begitu juga sikapnya pada Irlandia dan skotlandia.

Kedua, dalam pernyataan terhadap West Papua ia justru lebih jauh menyampaikan solusi strategis menuju PBB. “Sudah saatnya rakyat West Papua membuat pilihan mereka tentang masa depan politik mereka. Ini tentang strategi politik untuk membawa penderitaan rakyat West Papua diketahui oleh dunia, untuk menjadikannya agenda agenda politik, membawanya ke PBB, dan akhirnya memungkinkan rakyat West Papua untuk membuat pilihan terhadap tentang jenis pemerintahan yang mereka inginkan dan apa jenis masyarakat yang ingin mereka hidupi,” Kata Jeremy dalam pertemuan IPWP.

Pernyataan ini sesungguhnya menggambarkan posisi politik yang sangat kuat terhadap pentingnya West Papua memilih untuk memiliki negara dan bentuk ideologi politiknya sendiri. Tentu sebagai seorang sosialis, sebagaimana Lenin dalam esai tentang sosialisme dan hak penentuan nasib sendiri, Corbyn memahami pentingnya sebuah wilayah yang terjajah untuk menentukan nasibnya sendiri sebagai solusi pokok dalam membentuk kehidupan bermasyarakat yang lepas dari intervensi kolonialis-imperialis.

Sebagai pemimpin partai kiri sosialis, ia tentu memahami perlawanan rakyat tertindas, terlepas dari hubungan bilateral Pemerintah Indonesia dan Inggris yang terjalin baik atas dasar kepentingan ekonomi politik kedua negara. Inggris adalah penjajah tertua di dunia, yang sementara berada pada semangat dekolonisasi dalam keanggotaanya sebagai pemegang hak veto di PBB.

Sosialis Jeremy Corbyn dibuktikan dalam dukungannya terhadap hak penentuan nasib sendiri dari bangsa-bangsa yang terjajah. Gerakan politik yang berbasis sosialis tidak pernah lepas dari keberpihakannya terhadap wilayah-wilayah tertindas di dunia, tanpa batas politik colonial dan imperialis. Pertanyaannya, apa dan bagaimana dukungan Jeremy Corbyn selanjutnya terhadap isu West Papua di Inggris menuju PBB?

Bagi rakyat West Papua, adalah suatu hal maju bahwa Pemimpin teras atas di Parlemen Inggris Raya, yakni Pemimpin Oposisi terbesar Inggris dapat hadir memberikan dukungan referendum di West Papua di pertemuan IPWP lalu. Sebagaimana Corbyn menyatakan bahwa pertemuan itu sebagai pertemuan bersejarah.


Viktor Yeimo adalah Ketua Umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat.
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA