Rakyat Papua Di Timika Mediasi KNPB Memperingati Hari Kemerdekaan Emrio West Papua Ribuan rakyat papua memperingati HUT West Papua yang ke 54. - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » » Rakyat Papua Di Timika Mediasi KNPB Memperingati Hari Kemerdekaan Emrio West Papua Ribuan rakyat papua memperingati HUT West Papua yang ke 54.

Rakyat Papua Di Timika Mediasi KNPB Memperingati Hari Kemerdekaan Emrio West Papua Ribuan rakyat papua memperingati HUT West Papua yang ke 54.

Written By Suara Wiyaimana Papua on Rabu, 20 April 2016 | Rabu, April 20, 2016

Rakyat Papua Di Timika Mediasi KNPB Memperingati Hari Kemerdekaan Emrio West Papua Ribuan rakyat papua memperingati HUT West Papua yang ke 54. 

Timika (KM)— Komite Nasional Papua Barat (KNPB) mediasi Rakyat Papua bersama berbagai elemen rakyat Papua menggelar memperingati, kemerdekaan Emrio Bangsa West PApua di 1 desember 2015, yang ke 54 tahun. pada selasa (01/12 2015) di tempat halaman kantor KNPB dan PRD kebun sirih Bendungan Timika.

Hut West Papua dengan sorotan Thema "Bintang Fajar dari ufuk timur berkibar untuk selama lamanya dengan teks Alkitab (Matius 2;1.12.) tertulis di spanduk ukuran besar depan kantor sekertariat Knpb dan Prd Wilayah Timika.

Dari pantauan awak media ini www.kabarmapegaa.com, kegiatan dimulai pada pukul 09.15 pagi waktu setempat hingga berakhir pada pukul 15:20 sore. Kondisi Timika secara umum sangat tidak aman bagi orang asli papua, karena setiap mata jalan di jaga dengan keamanan TNI/POLRI turun dengan pakain yang lengkap, senjata,alat-alat perang, namun kegiatan berjalan aman tanpa gangguan apapun.

Dalam kegiatan tersebut, ibadah renungan dipimpin langsung oleh pendeta Daniel Bagau, dalam kotbanya menyatakan, "Sorong sampai Samarai adalah bangsa papua barat kita harus ungkapkan dalam hati masing-masing diri pribadi, kita harus merdeka, secara rohani dan jasmani, walaupun Bintang Fajar sebelum berkibar ada saat nya untuk Bintang Fajar akan berkibar selamanya.

Ketua umum, Knpb Timika Steven Itlay "mengatakan bahwa, bangsa papua di momen sejarah ini, kita tetap lawan, perjuangan secara damai, kami minta kepada gereja juga harus mendukung perjuangan bangsa papua, supaya perjuangan papua bisa sukses,"Tegasnya.

Steven, juga mengajak "rakyat papua tetap ada dalam satu komando yang jelas, orang papua stop jadi budak diatas negerinya sendiri, tapi harus bersadar dan bersatu ambil komitmen untuk berjuang papua merdeka, dan di tahun baru 2016 kita jadikan tahun perlawanan terhadap penjajah kolonial Indonesia di atas teritori West Papua,"Ungkapnya.

Selanjutnya, Steven, juga membacakan pidato politik depan Ribuan hadirin rakyat Papua “Melalui HUT ke 54 lahirnya Embio Negara West Papua 1 Desember 1961 di tahun 2015, rakyat west papua nyatakan sikap perlawanan kita dalam perjuangan bangsa papua adalah:

Pertama Segera, Semua Orang Papua dari berbagai suku dan latar belakang perjuangan bersatu dalam satu system perjuangan bangsa papua menuju pembebasan Nasional bangsa papua.

Kedua, Hentikan semua program Nasional dari Kolonial yang di terapkan di papua dengan berbagai cara di semua aspek dengan tujuan untuk hancurkan masa depan rakyat bangsa papua.

Ketiga, Segera berhenti, Orang Papua yang menjadi agenda atau Informen Indonesia (Milisi Merah Putih) yang jadikan perjuangan bangsa papua sebagai lahan bisnis.
Dan Keempat, Rakyat bangsa papua segera bangkit untuk melakukan perlawanan secara damai dan bermartabat untuk menuntut hak penentuan Nasib Sendiri bagi bangsa dan rakyat papua.

Dalam kesempatan ini juga Ketua umun, KNPB Pusat, Viktor Yeimo, menyatakan bahwa, hari ini kita, memperingati hari kemerdekaan 1 desember 2015 adalah hari besar bangsa west papua hari nasional bagi bangsa papua Tahun 2016 perlawanan selanjutnya sekarang rakyat bangsa papua, hidup harus berbangsa sendiri," tegasnya.

kegiatan yang hadir dari berbagai elemen rakyat papua Sorong sampai Samarai yang berdomisili tanah Amungsa yakni toko agama, toko adat, toko perempuan, dan, pemuda, pelajar. Diakhiri dengan makan bersama makanan ciri kas papua nasional, didalamnya masakan bakar batu 6 ekor babi sumbangan dari rakyat Papua.(Yustus muyapa, Andy O/KM)

Berikut Foto 


















Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA