ULMWP: Kemerdekaan Papua adalah Nubuat Injil - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , » ULMWP: Kemerdekaan Papua adalah Nubuat Injil

ULMWP: Kemerdekaan Papua adalah Nubuat Injil

Written By Tamogei Gobai on Rabu, 24 Februari 2016 | Rabu, Februari 24, 2016

Octovianus Mote (Foto:radionz.co.nz)
WAMENA, SATUHARAPAN.COM - Keberadaan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP)yang mengklaim sebagai wadah persatuan rakyat Papua dalam berjuang menentukan nasibnya sendiri tampaknya harus menjadi bahan monitor pemerintah pusat lebih seksama.
Diterimanya ULMWP di dalam organisasi negara-negara rumpun Melanesia Pasifik Selatan atau Melanesian Spearhead Group (MSG) walau pun dengan status observer, tampaknya telah menumbuhkan posisi dan strategi baru bagi warga Papua yang tergabung dalam gerakan yang menginginkan kemerdekaan Papua. Pemerintah tampaknya harus secara jeli membaca dan menyimak retorika mereka, jika ingin membangun dialog.
Octovianus Mote, Sekjen ULMWP, dalam pidatonya ketika meresmikan pembukaan kantor perwakilan ULMWP di Wamena yang kontroversial, dengan panjang lebar menjelaskan tujuan perjuangan ULMWP. Ia tak lagi malu-malu menyatakan tentang keinginan mereka untuk merdeka.
Menurut dia, kantor ULMWP di Wamena bukan sekadar kantor, melainkan "rumah dimana kita yang hidup dan mereka yang sudah  meninggalkan dunia ini" menjadi satu "dalam perjuangan...  kerinduan yang besar akan kemerdekaan."
Octovianus menegaskan bahwa kemerdekaan itu adalah "hak yang Tuhan berikan kepada bangsa Papua," dan sudah dinubuatkan oleh Injil melalui Pdt Izaac Samuel Kijne, tokoh yang pertama kali mendirikan sekolah zending di Wondama pada 1925, dan membawa Injil pertama kali ke Papua pada 5 Februari 1855.
"Dari rumah ini  kami, seluruh pejuang bangsa Papua yang kini sudah bersatu dalam  satu-satunya wadah ULMWP keluar meyakinkan dunia dan akan kembali membawa kemerdekaan yang  dirampok bangsa-bangsa lain di dunia," kata Octavianus dalam pidato yang juga diunggah ke akun facebook organisasi tersebut.
"Di rumah ini, kita akan pasang  sejarah dari perjungan kita melalui foto, rangkaian kata-kata dan ukiran  hingga benda budaya yang menggambarkan bahwa kita adalah sebuah bangsa  merdeka."
Sejatinya, menurut Octavianus, peresmian kantor UMWLP di Wamena dilaksanakan pada 5 Februari, karena mengingat itulah hari dimana Injil masuk ke Papua.
Peresmian diubah ke 15 Februari 2016 karena tanggal itu adalah hari   dimana ULMWP mengajukan lamaran  untuk menjadi anggota penuh dari keluarga besar MSG. Bagi Octavainus, MSG adalah juga rumah  adat bangsa Melanesia.
"Dan itulah hari dimana seorang Pemimpin Bangsa  Vanuatu, Joe Natuman, yang ketika itu adalah Perdana Menteri Vanuatu,  menyebut ini hari baik untuk menandai bahwa bila Penginjil Papua itu  menandai pengusiran kuasa setan rohani, maka itulah hari kita mengusir  setan politik."
Octovianus mengingatkan para hadirin bahwa tentang kemerdekaan Papua telah dinubuatkan oleh penginjil IS Kijne, yang mengatakan bahwa "tidak ada bangsa yang  akan berhasil memimpin bangsa ini melainkan bangsa ini akan memimpin  dirinya sendiri."
Menurut Octovianus, ini adalah "sebuah nubuat mengenai kepastian akan kemerdekaan  bangsa Papua."
Menurut Octovianus, pertanyaan kapan bangsa Papua akan merdeka memang selalu muncul. Dan itu, kata dia, adalah pertanyaan bersama yang menjadi "semangat yang menguatkan kita  akan kepastian bahwa kemerdekaan itu akan kita raih."
"Tidak ada bangsa  yang sebodoh apapun akan hentikan perjuangan apabila tidak yakin bahwa  mereka akan merdeka. Kita semua yakin bahwa suatu saat kita akan merdeka."
"Sebagai pemimpin Papua saya hendak memberi kesaksian bahwa saat  itu sudah mendekat."
"Dan sebagaimana kata-kata Injil bahwa apa yang sudah Tuhan berkati dan mulai, Dia akan akhiri dengan kepastian akan kemenangan. Kuncinya cuma satu, terus melangkah bersama dengan merendahkan diri dan maju terus atas dasar iman dengan hati terbuka mengikuti lembaran-lembaran baru yang Tuhan buka di depan kita," kata Octovianus.
Editor : Eben E. Siadari
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA