PRESS RELEASE OLEH SOFYAN YOMAN TERKAIT PRESMIAN KANTOR ULMWP DI WAMENA - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :

.

.
Home » , » PRESS RELEASE OLEH SOFYAN YOMAN TERKAIT PRESMIAN KANTOR ULMWP DI WAMENA

PRESS RELEASE OLEH SOFYAN YOMAN TERKAIT PRESMIAN KANTOR ULMWP DI WAMENA

Written By Suara Wiyaimana Papua on Senin, 22 Februari 2016 | Senin, Februari 22, 2016

Foto Socrates Sofyan yoman
Saat sampaikan situaasi HAM
PAPUA new york A.S.
Terkait dilakukannya Peresmian Kantor   United Liberation Movement  for West Papua (ULMWP) pada 15 Februari 2016 di Wamena, pimpinan gereja angkat bicara. ketua persekutuan gereja -gereja Babtis Papua, Socrates Sofyan Yoman menyampaikan melalui Press Releasenya, bahwa Presmian Kantor ULMWP di Wamena merupakan dinamika dan realitas politik perjuangan Rakyat dan Bangsa Papua Barat yang patut diakui dan diterima oleh Pemerintah Indonesia. Mengapa Demikan?  Karena  ada empat alasan mendasar.

Pertama, selama ini Pemerintah Indonesia menghindar dengan alasan banyak kelompok/faksi sehingga pemerintah sulit  untuk duduk berdialog atau negosiasi, maka sekarang seluruh faksi sudah bersatu dalam ULMWP. Pemerintah RI tidak ada alasan lagi karena  sudah sama-sama dalam satu kamar, yaitu kamar keterwakilannya di MSG sebagai anggota dalam melanesian sperhead group.

Kedua, ULMWP bukan perwakilan atau perkumpulan orang - orang Papua yang berdiaspora di Luar Negeri Tetapi ULMWP adalah perwakilan dan badan politik yang sah dan memilikiblegitimasi kuat dari rakyat dan bangsa Papua Barat tegasnya. Karena orang - orang yang ada dalam ULMWP dipilih secara sah oleh  rakyat Papua dalam Konferensi Perdamaian Papua (KPP) pada 5-7 Juni 2011 di Auditorium Uncen Jayapura. Mereka yang dipilih adalah Octovianus Mote, Rex Rumakiek, Benny Wenda, Leoni Tanggahma, Dr. John Otto Ondowame. KPP ini dibuka oleh Pemerintah RI yaitu  Menkopolhukam dalam  pemerintahan Susilo Bambang Yodhoyono. 

Ketiga, saya juga mendapat undangan resmi dari Sekjen ULMWP, Octovianus Mote untukk hadir peresmian kantor ULMWP di Wamena kata Pria yang sangat kritis yang ditakuti oleh Pemerintah Indomesia ini. Tapi saya tidak bisa hadir karena ada kegiatan kantor yang tidak bisa saya tinggalkan. Keempat, pemerintah RI terlambat untuk membendung arus deras masalah Papua yang sudah menjadi persoalan Internasional dengan beberapa alasan krusial, yaitu: pelanggaran HAM berat sebagai kejahatan negara; kegagalan pembangunan termasuk kegagalan Otsus sebagai solusi politik; status politik West Papua yang tidak jelas dan juga  pemusnahan Penduduk Asli Papua dalam sistem pemerintah RI yang sudah terbukti dengan berbagai penelitian kredibel. Demikian melalu press realise yang di sampaikan oleh Socratez Sofyan Yoman, Ketua Umum Badan Pelayan Persekutuan Gereja-gereja Baptis Papua.

Share this article :

0 komentar:

.

.

Pray For West Papua

Pray For West Papua

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA