PENEMBAKAN ANAK PELAJAR KALEP BAGAU ADALAH SALAH SATU STRATEGIS OLEH TNI/POLRI/BIN/BAIS - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » » PENEMBAKAN ANAK PELAJAR KALEP BAGAU ADALAH SALAH SATU STRATEGIS OLEH TNI/POLRI/BIN/BAIS

PENEMBAKAN ANAK PELAJAR KALEP BAGAU ADALAH SALAH SATU STRATEGIS OLEH TNI/POLRI/BIN/BAIS

Written By WEST PAPUA on Selasa, 29 September 2015 | Selasa, September 29, 2015


Foto Korban Kalep Bagau, Bekas Tembakan mengalir darah.
Penembakan anak pelajar Kalep Bagau adalah salah satu strategis oleh TNI/POLRI/BIN/BAIS memancing emosi  keluarga KNPB dan PRD Timika, karena terkait tiga kegiatan dan pernyataan yang dilakukan oleh KNPB dan PRD Timika yaitu Mengangkut dengan:
 
1.      Deklarasi Larangan Minuman Keras yang dideklarasikan di Kantor PRD/KNPB di Timika yang dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2015
2.      Deklarasi dan Aksi Gerakan Peduli Pelanggaran HAM di Tanah Papua Barat 3 September 2015
3.      Worshop KNPB dan PRD Timika yang dilaksanakan 35-26 September 2015
Dalam Deklarasi Larangan memproduksi, menjual, membeli, dan menkomsumsi ini telah menyatakan beberapa keputusan bersama yang mengganggu uang saku TNI/POLRI/BIN/BAIS melalui Minuman Keras karena sesudah Deklarasi Tim KNPB/PRD Timika turun di tempat penjual Minuman Keras bahwa penjaga penjual Minuman Keras menyatakan bahwa mereka hanya dipercayakan untuk menjaga saja tokoh-tokoh minuman keras milik TNI/POLRI/BIN/BAIS jadi TNI/POLRI/BIN/BAIS menembak anak pelajar Kalep Bagau adalah memancing emosi oleh KNPB/PRD Timika dengan tujuan agar mereka datang menghancurkan Kantor OPM (KNPB/PRD) Timika, karena dalam deklarasi itu sangat berbahaya bagi TNI/POLRI punya usaha minuman keras yang biasa satu hari masuk 100.000.000 (Seratus Juta) tidak akan masuk di kantong saku mereka! Isi Deklarasi Larangan Memproduksi, Menjual, Membeli, dan Menkomsumsi adalah:
Pertama
:
Bahwa kepada Bangsa Papua Barat mulai dari tanggal 27 Agustus 2015 hari ini sampai seterusnya kami MENDEKLARASIKAN LARANGAN MEMPROKDUKSI, MENJUAL, MEMBELI DAN MENKOMSUMSI dalam lingkungan masyarakat Papua Barat dan segera berhenti dari minum minuman beralkohol atau minuman keras karena minuman keras adalah salah satu minuman pemusnahan etnis bagi bangsa Papua Barat.
Kedua
:
Bahwa pelaku pengedar, pengadaan, dan penjual minuman keras di Timika Papua Barat baik itu orang Papua maupun orang pendatang segera tutup dari sejak surat deklarasi bersama larangan minuman keras ini keluar karena anda adalah actor pembunuh dan pemusnah etnis bangsa Papua Barat.
Ketiga
:
Bahwa anda yang adalah pelaku pengedar, pengadaan, penjual tidak taat pada point kedua diatas ini kami akan datang dengan masa untuk menanyakan anda kenapa anda memperpanjang pemusnahaan etnis bangsa Papua melalui minuman keras ini.
Keempat
:
Bahwa kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mimika yang mengijinkan melalui Surat Ijin Usaha Perdangan Minuman Keras kepada actor-aktor pemusnah etnis bangsa Papua yaitu pedagang-pedagang minuman keras dengan tujuan secara tidak langsung atau langsung untuk melaksanakan pemusnahan bagi etnis bangsa Papua  kami mohon agar segera mencabut Surat Ijin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Ijin Usaha Perdangangan (SIUP).
Kelima
:
Bahwa surat Deklarasi Larangan Minuman Keras ini di tanda tangani dan dilaksanakan secara bersama untuk melawan arus pemusnahan bangsa Papua Barat melalui minuman keras ini.
  
Terus yang berikut pada tanggal 3 September 2015 adalah Gerakan Peduli Pelanggaran HAM di Tanah Papua Barat dilaksanakan menyikapi pembunuhan terhadap 6 Orang Suku Kamoro yang ditembak mati oleh TNI/POLRI/BIN/BAIS di Koperapoka Timika, dalam aksi dan Gerakan Peduli Pelanggaran HAM di Tanah Papua itu KNPB dan PRD Timika menyatakan beberapa pernyataan yaitu:
Pertama
:
Bahwa mulai hari ini tanggal 3 September 2015 kami mengutuk pelaku-pelaku Pembunuh masyarakat (warga) sipil mulai dari sesudah dan sebelum PEPERA 1969 sampai hari ini tanggal 3 September 2015
Kedua
:
Bahwa hari ini kami KNPB/PRD menyatakan sikap bahwa hari ini pertama dan terakhir kamu (TNI/POLRI/BIN/BAIS) melaksanakan pembunuhan, kalau mau baku tembak berarti kamu (TNI/POLRI/BIN/BAIS) silahkan masuk di hutan dan baku tembak dengan Tentara Pasukan Nasional (TPN) Papua Barat.
Ketiga
:
Bahwa hari ini pertama dan terakhir kamu (TNI/POLRI/BIN/BAIS) melaksanakan pembunuhan terhadap rakyat sipil kota, kalau kamu terulang menembak mati rakyat sipil kota, maka kami akan intruksi kepada rakyat Papua bangkit melawan kamu (TNI/POLRI/BIN/BAIS)

 Jadi analisa kami bahwa point yang ke-tiga ini pernyataan yang bahaya dan TNI/POLRI/BIN/BAIS mengambil strategis agar pernyataan keluarga besar KNPB dan PRD Timika agar pernyataan ini harus dilaksanakan, sewaktu KNPB dan PRD Timika serta masyarakat Papua melaksanakan emosi disitu TNI/POLRI/BIN/BAIS menghancurkan agenda Papua Merdeka dan Kantor OPM (KNPB/PRD) ini.
Terus yang berikut kegiatan Worshop KNPB/PRD Timika pada tanggal 25-26 September 2015 ini juga tadi siang (29 September 2015) Intelijen bangun opini bahwa KNPB dan PRD Timika melaksanakan pelatihan Perlawanan terhadap TNI/POLRI dan KNPB/PRD rekrut 26 anggota KNPB/PRD latihan secara khusus, Jadi latihan secara khusus yang dibangun oleh Intelijen ini KNPB dan PRD Timika belum tahu apa maksud dari latihan ini. Untuk memancing itu anak pelajar Kalep Bagau di tembak mati oleh TNI/POLRI agar bagaimana supaya emosi dari masyarakat Papua melalui KNPB dan PRD Timika melakukan perlawanan secara Fisik dengan demikian mereka (TNI/POLRI/BIN/BAIS) menghancurkan perjuangan damai yang dibangun oleh KNPB/PRD Timika.
Dalam worshop itu tidak ada yang lain hanya pelatihan anggota KNPB dan PRD Timika mengangkut dengan Moral dan Etika dalam Perjuangan itu. Berikut Jadwal dalam Worshop itu:
NO
PEMATERI
POKOK MATERI
1.       
STEVEN ITLAY
Ketua KNPB Timika
PEJUANG MEMAHAMI SEJARAH PENDERITAAN BANGSA PAPUA BARAT (PEPERA 1969 SAMPAI HARI INI)

2.       
ABIHUT DEGEI
Ketua PRD Timika
MEMAHAMI JATI DIRI SEBAGAI SUATU BANGSA YANG DI TINDAS DARI SISI EKONOMI, SOSIAL, POLITIK DAN HAM DI TANAH PAPUA DARI ZAMAN KE ZAMAN

3.       
PDT. DANIEL BAGAU
Ketua Komisi Agama PRD Timika
PEJUANG MENJADI TELADAN DALAM PERJUANGAN DAMAI DI TANAH PAPUA, MELALUI PERKATAAN, TINGKA LAKU, KESETIAAN, KESUCIAN, DAN KASIH (1 TIMOTIUS, 4:12)

4.       
PDT. DESERIUS ADII, S.TH
Fasilitator Gerakan Doa Lintas Bangsa Papua (GDLBP)

PEJUANG DALAM ETIKA DAN MORALITAS

PEJUANG DALAM ETIKA DAN MORALITAS

1.      PENGERTIAN DARI MORAL
Pengertian moral adalah merupakan pengetahuan atau wawasan yang menyangkut budi pekerti manusia yang beradab.Moral juga berarti ajaran yang baik, buruknya perbuatan dan kelakuan.Moralisasi yaitu uraian (pandangan dan ajaran) tentang perbuatan serta kelakuan yang baik.Demoralisasi, yaitu kerusakan moral.
Menurut asalusul katanya “moral” berasal dari kata mores dari bahasa Latin, lalu kemudian diartikan atau di terjemahkan jadi “aturan kesusilaan” ataupun suatu istilah yang digunakan untuk menentukan sebuah batas-batas dari sifat peran lain, kehendak, pendapat atau batasan perbuatan yang secara layak dapat dikatakan benar, salah, baik maupun buruk.
2.      APA ITU ETIKA
Pengertian etika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan upaya menentukan perbuatan-perbuatan yang di lakukan oleh manusia untuk dikatakan baik atau buruk, dengan kata lain aturan ataupun pola-pola dari tingkah laku yang di hasilkan oleh akal manusia. Karena adanya etika pergaulan dalam masyarakat/bermasyarakat akan terlihat baik & buruknya. Etika itu bersifat relative yaitu dapat berubah-ubah sesuai dengan kemajuan zaman.Etika juga diartikan sebagai ilmu yang mempelajari kebaikan & keburukan dalam hidup manusia khususnya perbuatan manusia yang didorong oleh kehendak serta didasari pikiran yang jernih dengan pertimbangan perasaan.
Etik adalah suatu cabang ilmu filsafat.Yang secara sederhana dapat dikatakan bahwa etik yaitu disiplin yang mempelajari tentang baik & buruk sikap dari tindakan manusia.Etika merupakan sebuah bagian filosofis yang sangat berhubungan erat sekali dengan nilai manusia dalam menghargai suatu tindakan, apakah benar atau salah, dan juga penyelesaiannya baik ataupun tidak.
Sedangkan menurut bahasa, Etik dapat diartikan sebagai – YUNANI Ethos, kebiasaan ataupun tingkah laku, INGGRIS á Ethis, tingkah laku / perilaku manusia yang baik ?tindakan yang harus dilaksanakan manusia sesuai dengan moral pada umumnya.
Sedangkan dalam koteks yang lain secara luas dinyatakan bahwa: Etik yaitu aplikasi dari proses & juga teori filsafat moral terhadap kenyataan yang sebenarnya. Hal ini juga berhubungan dengan prinsip-prinsip dasar serta konsep yang membimbing makhluk hidup dalam hal berpikir dan juga bertindak serta menekankan nilai-nilai mereka.
3.      MACAM ATAU JENIS-JENIS DARI ETIKA
Karena sebagai suatu ilmu maka Etika terdiri atas berbagai macam-macam jenis dan juga ragamnya diantaranya :

1. Etika deskriptif
 
Memberikan gambaran & ilustrasi tentang tingkah laku manusia ditinjau dari nilai-nilai baik dan juga buruk serta hal-hal yang mana yang boleh dilakukan sesuai dengan norma etis, yang dianut oleh masyarakat.
2. Etika Umum
Membahas berbagai macam berhubungan dengan kondisi manusia untuk bertindak etis dalam mengambil berbagai macam kebijakan berdasarkan teori-teori dan juga prinsip-prinsip moral.
3. Etika khusus
Etika yang terdiri dari etika sosial, etika individu & etika terapan, pengertiannya yaitu:
  • Etika sosial adalah yang menekankan tanggung jawab sosial & hubungan antar sesama manusia dalam aktivitas yang dilakukannya.
  • Etika individu adalah lebih menekankan kepada kewajiban manusia sebagai pribadi.
  • Etika terapan adalah etika-etika yang diterapkan pada sebuah profesi.
4.      MENJAGA ETIKA PEJUANG
A.    ETIKA PEJUANG MEMIMPIN DALAM RAPAT
ü  Hormati pimpinan rapat/moderator
ü  Berbicara harus menatap lawan bicara
ü  Bicara jika sudah dipersilahkan
ü  Jangan memotong pembicaraan
ü  Jangan mendominasi pembicaraan
ü  Jangan mau menang sendiri
ü  Mau terima saran orang lain
ü  Bicara tidak bertele-tele, singkat, padat, langsung pada tujuan, jelas, tegas tapi santun
ü   tidak menggurui 
ü  Tidak memojokkan, menghina, meremehkan orang lain 
ü  Dilarang bicara sambil menunjuk orang lain 
ü  Tidak bicara kasar, keras, tapi tegas dan berwibawa
ü  Tidak mengobrol sendiri 
ü  Memperhatikan dengan serius
ü  Jangan sampai ngantuk/tidur 
ü  Tidak merokok diruang rapat
ü  Duduk dengan sopan
ü  Bicara dengan tenang, tidak dengan nada tinggi dan emosi
ü  Bicara berdasarkan fakta bukan asumsi
ü  Tidak subyektif tapi obyektif
ü  Hindari penggunaan bahasa asing yang tidak dimengerti
ü  Selingi dengan humor cerdas
ü  Diskusi sebaiknya mampu membuat solusi yang tepat
ü  Mampu melahirkan keputusan –keputusan yang realistis dan praktis 
ü  Jangan bicara sambil makan
ü  Jangan bicara sambil memalingkan muka
ü  Jangan bicara sambil menyilangkan tangan
ü  Jangan meninggalkan ruangan sebelum selesai
ü  Tidak memukul-mukul meja saat bicara
ü  Hormati & dukung bila sudah menjadi keputusan bersama dengan konsekuen
ü  Pantangan sampai adu fisik gara-gara berbeda pendapat
ü  Persiapkan data & fakta seakurat mungkin
ü  Pendapat bisa berbeda tapi jika selesai harus berbesar hati dan tidak memperpanjang masalah diluar rapat atau sampai masuk hati
B.     ETIKA PEJUANG  DUDUK DALAM RAPAT/KEGIATAN
        Etika Duduk Dalam Rapat/Kegiatan AktifisAdalah:
ü  Badan tegak tapi santai
ü  Kaki dibawah tapi rapat
ü  Tidak tumpang kaki
ü  Tidak selonjoran apalagi diatas meja
ü  Tidak naik ke atas seperti jongkok/bersila
ü  Tidak duduk dimeja
ü  Tidak menggoyang-goyangkan kaki
ü  Tidak berpangku tangan
ü  Tangan diatas paha
ü  Kaki tidak terbuka apalagi wanita
ü  Tidak menyenderkan tangan diatas kursi
ü  Berdiri bila ada yang menyalami
ü  Jika wanita tutup lutut, kaki diserongkan
ü  Mempersilahkan duduk kepada orang tua
ü  Memberikan tempat duduk bagi mereka yang tidak kebagian
ü  Tidak duduk sebelum  orang yang dihormati, orang tua duduk terlebih dahulu
ü  Berdiri jika ada orang yang dihormati.
C.    ETIKA PEJUANG  BERKENDARAAN
      Etika aktifis dalam membawa kendaraan adalah:
ü  Pakai sabuk pengaman
ü  Jalan disebelah kiri
ü  Tidak ngebut
ü  Tidak jalan zig zag
ü  Tidak menyerobot
ü  Beri jalan bagi yang mau mendahului
ü  Beri sen/tanda bila mau belok atau berhenti min 50 m sebelumnya
ü  Mematuhi rambu-rambu lalu lintas
ü  Membawa kelengkapan P3K
ü  Tidak membawa orang/barang yang melebihi kapasitas
ü  Tidak berjejal
ü   Mobil dalam keadaan baik & laik jalan terutama rem,   mesin, lampu
ü  Hindari gunakan klakson kecuali terpaksa
ü  Knalpot tidak berasap
ü  Suara tidak berisik
ü  Hargai pengendara lain
ü  Utamakan keselamatan
ü  Tidak berhenti mendadak
ü  Tidak parkir sembarangan
ü  Wajib menggunakan helm bagi pemakai kendaraan bermotor roda dua
ü  Tidak menggunakan HP saat mengemudi
D.    ETIKA PEJUANG BERBICARA
ü  Suara Jelas, tidak terlalu keras juga tidak terlalu pelan
ü  Tidak membentak, berbicara keras
ü  Tidak menyindir, mencela atau sinis 
ü  Tidak sambil makan/merokok
ü  Menatap lawan bicara
ü  Tidak bertele-tele
ü  Tidak mendominasi pembicaraan
ü  Bersikap ramah & santun
ü  Memperhatikan lawan bicara
ü  Tidak mengobrol dengan seseorang tanpa menghiraukan yang lain
ü  Menyimak & mendengarkan dengan seksama
ü  Hindari perdebatan yang tidak perlu
ü  Hindari menggunakan bahasa asing yang berlebihan
ü  Menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar
ü  Berdasarkan fakta
ü  Tidak mengada-ada
ü  Menyejukkan dan tidak memprovokasi
ü  Menggunakan bahasa yang dipahami audience
ü  Hindari bercanda dengan kata-kata jorok
ü  Hindari kata-kata kasar
ü  Hindari membicarakan kejelekan orang lain
ü  Bersikap tenang & tidak emosi
ü  Tidak merasa paling pintar
ü  Tidak berbicara tinggi/sombong
ü  Tidak memotong pembicaraan orang lain
E.     ETIKA PEJUANG  BERTAMU
ü  Sebaiknya memberi tahu sebelum bertamu
ü  Tidak bertamu terlalu pagi atau terlalu malam
ü  Ucapkan salam
ü  Minta ijin tidak lebih dari 3 x
ü  Tidak bertamu pada waktu istirahat
ü  Memberitahu siapa saja dan berapa orang yang akan bertamu
ü  Berpakaian pantas dan sesuai
ü  Baru duduk, makan, atau minum sesudah dipersilahkan
ü  Duduk setelah tuan rumah duduk
ü  Pelajari kebiasaan tuan rumah
ü  Jangan merokok jika diruang AC/tidak tahu siapa tuan rumahnya
ü  Minta ijin jika terpaksa ingin merokok
ü  Pamit bila sudah malam
ü  Tidak buang sampah sembarangan 
ü  Batasi waktu jangan kelamaan
ü  Jangan jelalatan melihat barang
ü  Puji ruangan, kebersihan, suasana, keindahan, keunikan barang yang ada
ü  Ucapkan terima kasih atas penerimaan
ü  Berbicara tidak menggosip
ü  Tidak datang dengan orang yang tidak disukai tuan rumah
ü  Jika orang dekat sambil bawa cinderamata
F.      ETIKA PEJUANG BERDIRI
ü  Tidak tolak pinggang
ü  Tidak berpangku tangan
ü  Tidak membusungkan dada
ü  Tidak menengadahkan wajah
ü  Kaki tidak terlalu lebar
ü  Tidak terlalu rapat
ü  Tidak merogoh kantong celana
ü  Tidak memegang ikat pinggang
ü  Tidak menghalangi orang/jalan
ü  Tidak berdiri ditengah jalan
ü  Tidak berdiri didepan pintu
ü  Tidak menggerakkan kaki
ü  Tidak garuk kaki
G.    ETIKA PEJUANG BEKERJA
ü  Berpakaian Rapih Sesuai Dengan Lingkungn Kerja Di Kantor
ü  Berdoa Sebelum Berangkat Kerja
ü  Usahakan Jangan Sampai Datang Terlambat
ü  Harus Bekerja Keras Dan Tidak Malas Malasan
ü  Bersikap Loyal Kepada Perusahaan
ü  Disiplin Dan Bertanggung Jawab Dalam Pekerjaan
ü  Bertutur Kata Yang Baik Kepada Sesama Rekan,Kolega Dan Atasan
ü  Saat Masuk Kantor Ucapkan Salam
ü  Harus Selalu Tersenyum Dan Berwajah Ceria
ü  Jangan Sampai Menunda Pekerjaan.Bila Ada Tugas Langsung Saat Itu Juga Dalam Kesempatan Pertama Dikerjakan Sehingga Tidak Menumpuk Dan Di Kejar Waktu
ü  Janagan Pulang Sebelum Pekerjaan Selesai
ü  Jangan Pulang Sebelum Pimpinan Pulang
ü  Meminta Ijin Kepada Atasan Jika Ada Keperluan
ü  Catat Bila Ada Pesan Pesan Dari Manapun Juga
ü  Jika Ada Telepon Segera Angkat Jangan Sampai Berdering Samapi 3x
ü  Janagan Gunakan Telepon Untuk Keperluan Pribadi
ü  Jangan Bermain Game Saat Jam Kerja
ü  Jangan Bercanda Sehingga Menimbulkan Suara Berisik Yang Menggangu Orang Lain
ü  Jangan Menggosip Dan Membicarakan Kejelekan Rekan Kerja
ü  Jangan Berbuat Melanggar Norma Asusila Di Kantor
ü  Bersikap Ramah Terhadap Rekan Kerja Dan Tamu
ü  Ketika Menerima Telepon Ucapkan Salam,Nama,Institusi Dan Tanykan Keperluan Apa
ü  Jangan Membuang Sampah Sembarangan Di Ruang Kantor
ü  Jangan Merokok Di Ruangan Kantor
ü  Jaga Kebersiahan Kantor
ü  Jangan Membawa Barang Inventaris Kantor Ke Rumah
ü  Keperluan Atk Selalu Di Inventalisir Agar Tidak Terjadi Kehilangan
ü  Jangan Mendahului Pulang Sebelum Waktu Yang Di Tentukan
ü  Merapikan Buku/Dokumen/Kantor Sebelum Pulang Kerja
ü  Sebelum Pulang Kantor,Kondisikan Kantor Dengan Keadaan Aman,Bersih Dan Rapih.
H.    ETIKA PEJUANG MANDI
ü  Masuk dengan kaki kiri terlebih dahulu
ü  Membaca doa terlebih dahulu
ü  Mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun
ü  Membuka perhiasan
ü  Sebaiknya tidak bersiul/bernyanyi saat mandi
ü  Sebaiknya mandi air dingin
ü  Membasuh mulai dari kaki sampai seluruh tubuh
ü  Tetap menutup aurat
ü  Menundukkan pandangan dari melihat aurat
ü  Membuang tisu sampah pada tempatnya
ü  Perhatikan perlengkapan mandi seperti sikat gigi, sabun mandi jangan terbuka karena banyak bakteri dikamar mandi
ü  Siram dengan air yang bersih setelah buang air besar/kecil
ü  Bila perlu menggunakan pewangi agar kamar mandi tetap harum
ü  Tidak menyimpan sabun ditepi bak mandi agar tidak jatuh ke dalam bak mandi
ü  Berkaca setelah selesai mandi agar terlihat betul-betul bersih sebelum keluar kamar mandi
ü  Membersihkan kamar mandi/wastafel
ü  Usahakan kamar mandi/wastafel dalam keadaan kering
ü  Keluar kamar mandi badan harus dalam keadaan kering & berpakaian sopan
ü  Jangan keluar kamar mandi dalam keadaan basah kuyup
ü  Jangan keluar kamar mandi dalam keadaan setengah
ü  Jika Dewasa jangan berduaan dikamar mandi dengan sesama jenis
ü  setelah selesai keluar dimulai dengan kaki kanan
I.       ETIKA PEJUANG KEPADA ORANG YANG LEBIH TUA
ü  Menyalami terlebih dahulu
ü  Mendahulukan orang yang lebih tua waktu berjalan, makan, minum
ü  Menghormati
ü  Bicara lebih sopan dengan nada yang rendah/pelan/lemah lembut
ü  Mempersilahkan
ü  Bila bersalaman posisi badan berdiri dan agak membungkuk
ü  Meminta ijin jika mau keluar/mengambil sesuatu
ü  Tidak mengolok-olok yang lebih tua
ü  Meminta maaf lebih dahulu jika berbuat salah
ü  Datang jika dipanggil, tidak memanggil mereka datang
ü  Tidak mengeluh jika disuruh
ü  Mematuhi/menuruti orang yang lebih tua
ü  Pantangan untuk memaki/membentak
ü  Meminta doa orang tua
ü  Memuliakan orang tua
ü  Tidak membantah
ü  Mendoakan orang tua
ü  Mendatangi orang tua untuk silahturahmi sebelum didatangi
ü  Meneruskan silahturahmi dengan sahabat orang tua
J.       ETIKA PEJUANG DALAM LINGKUNGAN
ü  Tidak menimun minuman keras
ü  Tidak ketagihan merokok
ü  Tidak melakukan perpacaran secara tidak wajar
ü  Tidak mengganggu istri/suami lain
KESIMPULAN :
PEJUANG yang hebat adalah PEJUANG yang beretika, bermoral maka setiap anggota PEJUANG diharapkan menjadi PEJUANG  yang beretika dan bermoral menuju dalam perjuangan.

REKOMENDASI:
1.     Kepada Keluarga Besar KNPB/PRD Timika Di Harapkan Baca Untung Rugi Dari Kasus Penembakan Terhadap Anak Pelajar Kalep Bagau.
2.     Kepada TNI/POLRI/BIN/BAIS Semua Harus Sadar Dan Berpikir Yang Positif Jangan Mencabut Nyawa Manusia Tanpa Dikasih Rekomendasi Oleh Tuhan, Karena Apapun Yang Kamu (TNI/POLRI/BIN/BAIS) Rancang Kejahatan  Atas Nama Negara Akan Ketahuan Seperti Yang Kamu (TNI/POLRI/BIN/BAIS) Lakukan Hari Ini.
3.     Kepada Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo) sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) segera menarik TNI/POLRI/BIN/BAIS Organik maupun Non Organik dari Tanah Papua karena mereka (TNI/POLRI/BIN/BAIS) yang ada di Tanah Papua ini yang memperkeruh situasi Tanah Papua Barat, Karena dalam Forum MSG dan PIF di soroti tentang Pelanggaran HAM di Tanah Papua Barat dan setelah di bicarakan HAM di Tanah Papua setiap malam ada penembakan, penculikan, secara terbuka dan tertutup sedang dilancarkan oleh TNI/POLRI/BIN/BAIS diseluruh Tanah Papua.
4.      Kepada Bangsa Papua Barat di mana saja anda berada diharapkan jangan keluar tanpa keperluan dan tanpa tujuan, naik ojek, ikut taksi tolong diperhatikan karena di Tanah Papua sedang diselimuti dengan kekuatan Alam Maut, sehingga setiap detik, menit, jam, dan hari terus membanjiri tetesan darah di seluruh Negeri Papua Barat.
5.     Kami doakan Tuhan mengampuni Orang Papua maupun Orang Non Papua terutama keluarga besar TNI/POLRI/BIN/BAIS di seluruh Indonesia agar Tuhan kasih hikmat dan akal budi untuk sama-sama hidup dalam kedamaian dan ketenangan di seluruh pelosok Negeri Indonesia.

ADMIN: PRD/KNPB TIMIKA.

Foto Korban Kedua Pelajar 

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Kaleb Bagau Polisi Tembak Mati di Tempat

Evrando I.S Sabarofek Pelajar Smk Petra, masih Kritis di Rumah Sakit RSUD Timika

Evrando I.S Sabarofek Pelajar Smk Petra, masih Kritis di Rumah Sakit RSUD Timika



Evrando I.S Sabarofek Pelajar Smk Petra, masih Kritis di Rumah Sakit RSUD Timika

Evrando I.S Sabarofek Pelajar Smk Petra, masih Kritis di Rumah Sakit RSUD Timika


Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA