TIMIKA: LAGI-LAGI POLISI DAN TENTARA MENGHADANG PRA AKSI DAMAI NASIONAL - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , » TIMIKA: LAGI-LAGI POLISI DAN TENTARA MENGHADANG PRA AKSI DAMAI NASIONAL

TIMIKA: LAGI-LAGI POLISI DAN TENTARA MENGHADANG PRA AKSI DAMAI NASIONAL

Written By WEST PAPUA on Kamis, 28 Mei 2015 | Kamis, Mei 28, 2015








TIMIKA—Pra aksi damai Nasional rakyat Papua di Timika mediasi oleh  Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Timika bersama penanggung jawab Politik dalam negeri Parlemen Rakyat Daerah (PRD) menggelar Aksi damai tujuh titik  kota Timika. Untuk mendukung ULMWP membawah masalah Papua (Aplikasi West Papua) ke Forum MSG. 

Namun lagi-lagi  pihak kepolisian  dan Tentara serta Inteljen menghadang aksi masa di Jalan Air Port Ujung Lapangan Timika, masa dari Kebunsiri menuju ke pusat Aksi damai di Jayanti sampan Timika. Akhirnya masa aksi alihkan titik aksi di Tempat dimana Polisi palang. Tepat pada Jalan Airport Timika

Sehingga semua titik aksi mulai longmarch jalan kaki diarahkan ke Ujung lapangan terbang Jalan Airport Timika pada Kamis (28/05/2015) Polisi menghadang aksi ini menunjukan Indonesia tidak menghargai Demokrasi yang sesunggunya pada hal Indonesia mengaku diri bahwa di Asia Tenggara Indonesia menganut Hukum dan demokrasi.

Pada pukul 08:00 Wpb pihak kepolisian ambil posisi menguasai titik aksi di lapangan Yayanti mulai dari sejak 27 mei 2015 Kemarin. Pihak kepolisian juga melarang keras untuk tidak melakukan aksi, surat pemperitahuan pun tidak ijinkan, tapi rakyat papua menilai bahwa itu lagu lama.

Jadi aksi tetap dilanjutkan, sehingga semua titik mengarakan bahwa tetap aksi turun jalan.  kemudian pada pukul 09:20 Wpb masa dari Gorong-gorong dan Kebun siri  Polisi Menghadang di Jalan Air port ujung lapangan sehingga semua masa aksi tetap tenang ketua KNPB dan Kordinator aksi Negosiasi dengan Pihak Kepolisian Polres Mimika.

Pada pukul 09:20 Wpb juga masa aksi dari  kwamki lama menuju Timika berjalan aman sampai di Jalan Airport Timika Polisi Tetap di hadang depan Jalan masuk Sosial.

Pihak polisi sampaikan bahwa aksi tetap jalan secara damai tapi jangan kalian ke Lapangan Jayanti kerena di Jayanti ka disinika kalian mau sampaikan aspirasi sama saja, kata Polisi.

Polisi tetap melarang tetapi masa aksi  ingin aksi damai secara bermartabat tidak mengganggu ketertiban umum, kita hanya jalan kaki ke lapangan Jayanti agar aspirasi kami yakni Indonesia Membuka Ruang demokrasi di Papua dan Indonesia Membuka akses para Jurnalis Asing di Papua serta rakyat Papua kembali ke rumahnya untuk menjadi Ras malanesia yang sesunggunya. Itu yang kami sampaikan kepada penjajah Indonesia, tutur ketua KNPB Timika.

Masa aksi yang dihadang polisi masih orasi-orasi politik menyanyi lagu papua yospan sambil menununggu masa aksi yang datang dari SP13, SP6, SP, 5, SP 2, SP 3,  masa dari Timika Indah, Masa dari Nawaripi, masa dari Sempan.

Pada pukul 10:00 Wpb, masa dari SP13, SP6, SP, 5, SP 2, SP 3  mulai longmarch dari jalan Cenderawasih sampai menuju Jalan Airport

Pada pukul 10: 20 Wpb masa dari Jalan Baru Timika indah Sectoral mulai jalan kaki ke titik aksi sampai menuju Jalan Airport menutupi jalan menuju bandara sambil yel-yel Papua merdeka, Indonesia Pulang, Papua Malanesia “Yes”.

Pada Pukul 10:35 Wip masa dari koperapoka Sempan longmarc  jalan kaki  menuju Jalan Airport. Jalan kaki dengan tertip dikontrol oleh militant Knpb.

Pada Pukul 10:50 Wip masa dari Nawarip, Sp 1, Sp 4, Paumako mulai longmarc dari Depan Pom Bensin SPBU Nawaripi masuk sampai menuju Jalan Airport. Jalan kaki dengan tertip dikontrol oleh militant Knpb.

Kordinator aksi mengarakan masa dengan tertip aman sehingga tidak terjadi masalah dengan pihak kepolisian maupun pihak penguna jalan raya. Masa aksi dengan tertip dan teratur duduk ditempat untuk memulai aksi.

Pdt. Deserius Adii S. Th. Memimpin doa dalam Bahasa Daerah dan renungan singkap intinya adalah Tuhan selalu melindungi setiap orang percaya walaupun penjajah datang menghancurkan hidup orang Papua tetapi Tuhan yesus mengerti kita.

 Pada pukul 12:00 Wpb orasi Politik dari Wakil Ketua  Parlemen nasional West Papua (PNWP) Mario Yatipai,  “rakyat Papua harus Semangat satukan barisan untuk merebut kedaulatan Papua secara damai dan bermartabat”Tegasnya.

Pada Pukul  12:30 Wpb Pembacan Pernyataan Politik oleh Ketua KNPB Timika Steven Itlay. Pernyataan Politik Rakyat Papua mendukung ULMWP  tersebut langsung menyerahkan kepada Pimpinan PNWP untuk meneruskan ke ULMWP dank e MSG serta dukungn Negara-Negara Pasifik lainnya seperti PNG, Fiji, SOLOMON, Kanaki dan Vanuatu.

Pada Pukul 12. 45 Wpb masa aksi kembali ke Kantor KNPB-PRD untuk melanjutkan petisi Budaya dan Petisi Tanda-tangan untuk Rakyat Papua mendukung ULMWP membawah Aplikasi West Papua ke Forum MSG.

Pada aksi tanggal 21 Mei pun Pihak Kepolisian Menghadang aksi damai Nasional, sampai saat ini juga pihak kepolisian melarang aksi yang mediasi oleh KNPB diseluruh Papua. KNPB wilayah Wamena Ketua I KNPB Pusat di Tahan Polres Wamena, kemudian KNPB sorong tempat ibadah di blockade oleh Pihak Keplisian Sorong, Sentani pun dihadang Kepolisian. Jayapura 32 anggota KNPB ditangkap 5 orang terluka.
KNPB-PRD-Wilayah Bomberay
  
 

Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA