Solidaritas Fiji Dukung West Papua Masuk Keanggotaan MSG - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :

.

.
Home » , , , » Solidaritas Fiji Dukung West Papua Masuk Keanggotaan MSG

Solidaritas Fiji Dukung West Papua Masuk Keanggotaan MSG

Written By Suara Wiyaimana Papua on Sabtu, 16 Mei 2015 | Sabtu, Mei 16, 2015

Suva, Fiji – Jumat (15/5/2015) di Suva, Fiji diadakan Long March untuk mendukung kampanye West Papua masuk dalam keanggotaan Melanesian Sperhead Group (MSG). Kegiatan ini di sponsori oleh Fiji Solidarity Movement for West Papua Freedom bersama dengan ECREA (Ecumenical Center for Research Education andAdvocacy), PCC (Pacific Conference of Churches) dan FCC (Fiji Council of Churches).
Titik awal Long March di Flea Market dan berakhir di Ratu Sukuna Park Kota Suva, Fiji yang telah disiapkan sebagai titik kumpul massa dan kampanye dukungan untuk West Papua untuk masuk dalam keanggotaan MSG. Ratusan warga Fiji datang menunjukkan solidaritas mereka.
Dalam aksi solidaritas ini Octavianus Mote, Rev. Francois Pihate, Rev. Akuila dan Ratu Melli bergantian berorasi. Octovianus Mote, tokoh Papua di Amerika Serikat berbicara tentang sejarah West Papua yang dihubungkan dengan Sumpah Pemuda 1928 hingga aneksasi ke dalam NKRI dan keadaan bangsa West Papua sejak 1969 hingga saat ini.
“Keterangan yang diberikan Indonesia bahwa jumlah orang Melanesia di Indonesia lebih besar dari kawasan lainnya di Melanesia adalah penipuan. Karena sebagian besar penduduk di West Papua, Maluku dan Nusa Tenggara adalah orang Melayu Indonesia, bukan Melanesia,” ujar Mote dalam orasinya.
Mote juga menyinggung tentang akses jurnalis asing ke West Papua yang di katakan oleh Presiden Joko Widodo yang sebenarnya tidak akan terjadi karena bertentangan dengan pemimpin Indonesia lainnya.
Sementara itu, Rev. Francois berbicara dari perspektif gereja-gereja di Pasifik terhadap West Papua.
“Kami memahami penderitaan orang West Papua dan sangat mendukung West Papua untuk masuk dalam keanggotaan MSG dan mendapatkan kemerdekaan mereka,” kata Rev. Francois.
Ia selanjutnya mengajak semua bangsa dan para pemimpin negara-negara Melanesia untuk mengambil tindakan agar bangsa West Papua memperoleh keadilan dan kemerdekaan. Ia juga mengajak para pemimpin Fiji untuk mendukung West Papua sebagai Keluarga Melanesia, karena MSG dibentuk bukan untuk kepentingan ekonomi tetapi atas dasar persaudaraan di antara sesama bangsa Melanesia.
Demikian pula dengan seorang Tokoh besar masyarakat Fiji, Ratu Melli. Ratu Melli menyuarakan agar media masa di wilayah Melanesia terus memberitakan masalah yang dihadapi bangsa West Papua. Demikian juga masyarakat Keluarga Besar Melanesia agar menggunakan Media Sosial untuk menyuarakan keinginan Bangsa West Papua. Ia juga menghimbau agar pemerintah Fiji mendukung penuh masuknya West Papua dalam keanggotaan MSG. (KA/Victor Mambor)
  Berikut Foto Dukungan dari Solidaritas Masyarakat Fiji Untuk Papua Barat.






















Share this article :

0 komentar:

.

.

Pray For West Papua

Pray For West Papua

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA