Meski Tidak Ada izin Polisi, KNPB Akan Tetap Lakukan Demo - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , , » Meski Tidak Ada izin Polisi, KNPB Akan Tetap Lakukan Demo

Meski Tidak Ada izin Polisi, KNPB Akan Tetap Lakukan Demo

Written By Suara Wiyaimana Papua on Kamis, 28 Mei 2015 | Kamis, Mei 28, 2015

Ketua I KNPB Pusat Agus Kosay beserta KNPB wilayah Baliem Wamena ketika memberikan keterangan pers. Jubi/Islami
Wamena, Jubi – Meskipun pihak Kepolisian Resort (Polres) Jayawijaya menegaskan, tidak akan memberikan izin terhadap aksi demo yang dilakukan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di Kabupaten Jayawijaya, namun demo akan tetap dilakukan pada Kamis (28/5/2015) di DPRD Jayawijaya.

Ketua 1 KNPB Pusat, Agus Kosay kepada wartawan di Wamena, Rabu (27/5/2015) menegaskan, meski polisi tidak memberikan izin namun KNPB akan tetap melakukan aksi demo damai di DPRD Jayawijaya, untuk menyampaikan aspirasi.

“Hampir 300-500 orang akan melakukan aksi demo untuk menyampaikan aspirasi, antara lain menuntut stetmen Presiden Joko Widodo yang akan memberikan ruang demokrasi seluas-luasnya juga menuntun adanya keleluasaan bagi jurnalis asing bisa meliput di Papua,” kata Agus Kosay.

Dirinya juga mengakui dalam memberikan pengajuan surat permohonan ke kepolisian, setelah selama enam jam diperiksa, Kapolres Jayawijaya tidak akan memberikan izin demo tersebut dalam bentuk apapun.

Selain itu Agus Kosay merasa untuk melakukan aksi demo dalam menyampaikan aspirasi sudah dijamin undang-undang. Sehingga dirinya menegaskan, jika pun KNPB turun aksi tidak akan menyebabkan Papua akan langsung merdeka karena hal tersebut menurutnya membutuhkan proses.

“Kami hanya ingin menyampaikan aspirasi masyarakat ke DPRD dan dirinya meminta aparat untuk membiarkan jurnalis asing untuk meliput, sesuai dengan komitmen Presiden dan untuk aparat keamanan dimana Bapak Kapolres sebagai anak daerah sekalipun di sisi lain dirinya sebagai Kapolres maka saya yakin akan menerima kami dengan jiwa besar dan kami akan hargai itu,” kata Agus.

Agus juga menambahkan jika Kapolres menerima mereka dengan cara persuasif, pihaknya akan melakukannya dengan aman dan tertib.

“Kami juga meminta jangan mengaitkan KNPB dengan OPM dan KKB atau apapun jenisnya, karena KNPB tidak pernah memiliki senjata dan berjuang dengan damai. Bila ada hal-hal anarkis, kami siap bertanggungjawab untuk menyerahkan kembali ke pihak berwajib dan kami jamin KNPB tidak ada diboncengi dengan pihak manapun,” tegasnya.

Disisi lain, Kapolres Jayawijaya AKBP Semmy Ronny TH Abba menegaskan, aksi Demo KNPB yang akan dilakukan Kamis (28/5/2015) siap dikawal dan diamankan Polres Jayawijaya.

Hal tersebut disampaikannya dalam arahannya dihadapan para pimpinan gereja saat melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh gereja PGGJ Kamis (27/5/2015) di Gereja GKI Betlehem Wamena.

Dikatakan, aksi demo yang akan dilakukan oleh KNPB yang dikoordinir oleh Ketua 1 KNPB Pusat Agus Kosay CS, akan siap diamankan oleh Polres Jayawijaya. Dari tiga titik kumpul yang ada di Jayawijaya Wouma, Sinakma dan Pasar Jibama akan dimonitor oleh personil Polres Jayawijaya.

Meski sebelumnya Kapolres Jayawijaya menegaskan pihaknya sama sekali tidak akan mengeluarkan izin terkait dengan rencana aksi demo KNPB, dan bila tetap melakukan aksi demo, akan melakukan langkah-langkah sesuai dengan aturan yang ada untuk melakukan pembubaran. (Islami)


Sumber: Meski Tidak Ada izin Polisi, KNPB Akan Tetap Lakukan Demo
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA