Laporan: Aksi Demo Damai Seluruh West Papua Mendukung ULMWP Membawa West Papua Menuju MSG - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , , , , , , , , , , » Laporan: Aksi Demo Damai Seluruh West Papua Mendukung ULMWP Membawa West Papua Menuju MSG

Laporan: Aksi Demo Damai Seluruh West Papua Mendukung ULMWP Membawa West Papua Menuju MSG

Written By Suara Wiyaimana Papua on Jumat, 29 Mei 2015 | Jumat, Mei 29, 2015


LAPORAN: 82 AKTIVIS KNPB DITANGKAP 5 ORANG TERLUKA DALAM AKSI MENDUKUNG ULMWP MEMBAWA WEST PAPUA MENUJU MSG

Aksi demo damai Mendukung ULMWP Membawah West Papua menuju MSG berakhir dengan penagkapan dan pembubaran paksa serta pemukulan dan penyiksaan terhadap aktivis KNPB. Demo damai Komite Nasional Papua Barat KNPB di berbagai daerah di Papua berakhir dengan penagkapan dan penyiksaan terhadap sejumlah aktvis KNPB di Papua Barat.

82 aktivis KNPB yang ditangkap dan disiksa polisi tersebut terjadi di Jayapura, Nabire dan Wamena. Penangkapan di kota jayapura terjadi di 3 tempat yang berbeda antara lain :

1. Perumnas III waena sebanyak 30 orang
2. Halaman Kantor DPRP sebanyak 6 orang 
3. Di Taman Imbi Jayapura Kota sebanyak 4 orang
4. Di nabire sebanyak 6 orang
5. Di Wamena sebanyak 25 orang 

Sedangkan nama yang disiksa dan dipukul polisi kami berhasil didata antara lain:

1.Sam Lokon kepala dipukul dengan pantat senjata hingga mengeluarkan darah cukup banyak. 2. Ori Ilintamon dipukul dengan sepatu dan pantat senjata di kepala yang mengakibatkan kepala benyol 3.  Abetnego Dipukul dan di inyak-inyak di tanah dengan sepatu 4.  Asa Alua di pikul dengan senjata sehingga kepala berdara.

Kronologis penagkapan dan penyiksaan dan Nama-nama 82 aktivis yang ditangkap diberbagai daerah di Papua serta sejumlah barang milik KNPB yang disita silakan dikuti dalam lampiran dibawah ini.

KORONOLOGI 30 AKTIVIS KNPB DITANGKAP, 5 ORANG TERLUKA DI GAPURA UNCEN PERUMNAS III, WAENA AKSI DEMO DAMAI DUKUNG ULMWP MEMBAWAH WEST PAPUA KE MSG

KNPBnews JAYAPURA 28 Mei 2015. Aparat kepolisian dari Polresta Kota Jayapura kembali melakukan penangkapan brutal dan membubarkan masa dengan mengeluarkan tembakan. Akibat dari kebrutalan aparat Kepolisian ini 5 orang terluka puluhan lainya ditangkap. Penangkapan aktivitas KNPB ini ulah Mahasiswa Uncen yang jadi propokator dan melempar batu ke arah polisi dari arah sekertariat bem uncen dan dari arah atas jalan naik kampus.

Hai itu menyebabkan sejumlah aktivis knpb ditangkap secara brutal hingga sejumlah aktivis terluka karena disiksa polisi. Demo damai KNPB medukung ULMWP pada hari ini Polisi menakap seluruh aktivis KNPB di gapura uncen perumnas III Waena. Penagkapan ini terjadi pada pukul 09 . 15 WPB. Dalam Penagkapan ini sejumlah aktivis KNPB terluka karena polisi melakukan pemukulan pada saat Penagkapan.

Salah satu yang terluka adalah Assa Alua terluka kepala mengeluarkan darah cukup banyak. Kemudian salah satu gigi patah. Pada saat melakukan penangkapan polisi mengeluarkan tembakan sebanyak 2 kali. Sebelum polisi melakukan penagkapan ada pengurus BEM Uncen yang sudah dipasang polisi melempar batu ke arah polisi seakan-akan masa yang melempar batu, akhirnya langsung melakukan pemukulan dan penagkapan.

Polisi datang melekukan pemukulan dan panagkapan dengan tidak manusiawi terhadap sejumlah aktivis KNPB.sekitar 5 anggota KNPB terluka. Kemudian di Expo Waena 2 orang di tangkap pada pukul 9.00 WPB. Sebelumya mahasiswa uncen memalang kampun pada pukul 8.35 WPB namun polisi bubarkan paksa.

Kemudian KNPB Keluar dari sekertariat vietnam menuju perumnas III Waena pada pukul 09.00 wpb, kemudian pada pukul 09.10 masa aksi dari KNPB tiba di gapura uncen langsung dihadang polisi. 5 menit kemudian ada provokator lempar batu dari arah kamus ke polisi sehingga semua aktivis KNPB ditangkap polisi. Polisi juga melakukan penangkapan di Expo dan depan kantor pos abepura.

Aksi demo yang sama KNPB wilayah sentani dibubarkan paksa oleh kepolisian polres Sentani, dan di abe depan kantor pos abe dibubarkan.

ININILA NAMA 46 AKTIVIS KNPB YANG DITANGKAP DI JAYAPURA

Dalam aksi demo damai KNPB mendukung ULMWP membawah west Papua ke MSG Polisi menagkap 46 aktivis KNPB ada 5 orang yang terluka, dipukul dan disiksa Polisi.

Nama-Nama yang ditangkap antara lain :
1. Warpo wetipo, Ketua Komisariat diplomasi KNPB Pusat, 2. Ucak Bazoka Logo, Jubir Nasional, 3. Sony Meage, 4. Yosep Degey, 5. Panus Siep, 6. Assa Alua,7. Oncen Balingga, 8. Meky Tipagau, 9. Nita Wenda,10. Yufri Pahabol,11. Eky Balingga, 12. Alex Mujijau, 13. Sony Dogopia, 14. Natalis Napagani, 12. Beny Yatipai,16. Eliaser Anggainggom, 17. Yustinus Nambagany, 18. Dominikus Dendegau,19. Taksen Giay, 20. Selvianus Bagubau, 21. Memendas So, 22. Otniel Balingga, 23. Osea Yeimo, 24. Amos Payage, 25. Natalis Goo, 26. Donatus Dombay, 27. Musa Tobay, 28. Mike Mabel, 29. Pitre Matuan, 30. Keliopas Boma.

Barang-barang yang disita polisi di perumnas 3 waena antara lain :

1. Spanduk 2 buah 2. Bendera KNPB 6 buah 3. 1 buah megapon 4. 30 HP disita polisi 5. Camera 1 buah

Penangkapan di Expo waena terjadi pada pukul 09. 00 WPB Yang dapat tangkap di Expo waena berjumlah 8 orang berikut nama-nama

1. Justinus Wambogai 2. Natalis Nambogai 3. Domingkus Dedegau 4. Selpianus Bagaubau 5 . Mecky Tibagau 6. Alex Mugijau 7. Jus Nabagani dan satu orang Belum terindentivikasi.

Barang barang yang disita polisi di Expo antara lain

1. 1 Buah Megaphone, 2. 3 Buah Bendera KNPB3. 5 buah HP 

PENGKAPAN 8 AKTIVIS KNPB NUMBAY DAN KRONOLOGI

KNPB Numbaynews Kamis 28 Mei 2015 masa aksi dari KNPB Numbay melakukan aksi demo mendukung ULMWP membawah west Papua ke MSG berakhir dengan pembubaran dan penagkapan 8 aktivis KNPB numbay.

KNPB wilayah Numbay pusatkan titik kumpul di halte Yapis, Masa aksi demo damai berkumpul di halte yapis jam 08- 00 – 10.00 WPB, pada pukul 10.30 Masa menuju DPRP, slema 2- 0 menit mas aksi menkunakan angkutan kota tiba di kantor DPRP jam 11. 10 WPB. Kemudian masa aksi membentangkakan spanduk dan bendera KNPB melakukan orasi - orasi selama 5 menit. Kemudian aparat kepolisian menadtangi masa aksi dari KNPB sentani yang berkumpul di halaman DPRP langsung dibubarakan secara paksa dan 8 aktivis KNPB Numbay ditangkap . Sebelumnya terjadi penagkapan di perumnas III waena dan Expo masa Aksi dari KNPB numbay menuju ke kantor DPRP untuk mendesak DPRP mengeluarka aktivis KNPB namun, polisi kembali membubarkan masa aksi di kantor DPRP dan menagkap 8 aktivis KNPB yang melakukan orasi-orasi di halaman kantor DPRP Penagkapan di kantor DPRP itu terjadi pada pukul 10 .00 – 11. 30 WPB. 

Anggota dan pengurus KNPB Numbay yang ditangkap di halaman kantor DPRP dan ditahan Polres Kota jayapura. Nama antara lain sebagai berikut :

1. Regi, 2. Ymi, 3. Ribka , 4. Marike Mambrasar, 5. Didimus wakei dan 6. ANton Iyai

Berikut nama -nama yang ditangkap kantor halaman DPRP :
1. Regina Wenda Sekertaris KNPB numbay, 2. Ribka Komba Bendahara KNPB numbay, 3. Yimi Broway Ketua I KNPB Numbay4. Abetnego Tenoye 5. Marike Mbrasar6. Didimus Wakei dan 7. Anton Iyai dan ada satu orang belum sempat didata

Barang barang milik KNPB Numbay yang disita aparat kepolisian dari halaman Kantor parlemen atau DPRP antara lain;
1. Satu buah mengapone2. Satu buah spnduk3. 7 Buah HP, 4. 6 buah bendera KNPB dan 5. 1 buah camera 


Kemudian pada pukul 11. 00 WPB masa aksi yang dari sector abe kamkey dan dari perumnas 3 sebagian berkumpul kembali ke sekertariat KNPB dan selanjutnya menuju ke kantor DPRP agar segera bebaskan aktivis KNPB yang ditangkap lebih dahulu.

Pada pukul 11. 10 WPB masa menuju ke kantor DPRP menggunakan mobil komando yang dipakai oleh KNPB hari Ini. Pada pukul 12.00 WPB masa aksi tiba di tama nimbi kemudian berusaha untuk masuk ke kantor DPRP namun polisia membubarkan paksa dan melakukan pemukulan terhadap sejumlah aktivis KNPB.

Mereka yang dapat tangkap di taman imbi adalah:
1. Aftur Silak2. Laskar Sama, 3. Natalis Mabel4. Thea Alua 5 . Gepsi semua yang ditangkap diarahkan ke Polresta kota Jayapura.

POLISI JUGA MELAKUKAN PENAGKAPAN TERHADAP 6 AKTIVIS KNPB NABIRE

KNPB Nabire News: Hari Ini ini Kamis 28 Mei 2015, jam 12.00 WPB kepolisian dari Polres Nabire melakukan penagkapan terhadap 6 aktivis KNPB wilayah Nabire. Penagkapan itu terjadi di taman Gisi Oyahe Nabire.

Pada saat itu polisi melakukan penagkapan terhadap anggota dan pengurus KNPB tersebut setelah mereka jumpa perss. Pada saat itu polisi dating dengan kekuatan penuh dengan peralatan lengkap. Aparat kepolisian tiba di tempat, yaitu taman Gisi oyahe Nabire langsung memengeluarkansebanyak empat kali.

Setelah itu polisi langsung menghadang aktivis KNPB lalu melakukan pemukulan dan Penagkapan. Polisi juga megejar aktifis KNPB bersma PRD Wilayah Nabire lari menyelamatkan diri Polisi turun lengkp degan alat perang lenkap senjata dan mobil tahanan serta mobil barak kuda satu buah mobil dalmas atau patroli yg bertugas polres nabire untuk menghadapi aktivis KNPB yang sedang Melakukan jumpa press dengan wartwan.

Nama yang ditangkap di nabire antara lain: 
1. Yafet Keiya anggota PRD Nabire ketu komisi urusan luar negeri,
2. Ottis Munipa angota, 
3. Mecky Yeimo sekjen 1 KNPB Pusat, 
2. Akulian Mote, sebagai ketua PRD Nabire, 
3. Anton Gobay, anggota 
4. Anipa Pigai anggota 
5. Iyouwa Nwpa sbg ketua I knpb nbre, 
6. Agus Tebai anggota. 

Kenapa polisi datang masyarakat dalam hal ini Aktivis KNPB yang sedang melakukan jumpa perss bukan demo, apakah mengeluarkan pendapat melalui media juga harus dilarang ? dimana hak politik orang Papua ?

Demikian informasi dari nabire selanjutnya akan menyusul. Mohn dukungan doa.

Sementara itu aksi demo KNPB wilayah Sorong diblokade oleh aparat kepolisian dari polres kota sorong. Aksi KNPB sorong raya tadi pagi di tempat ibada gereja rasuli di blokade dengan ketat satuan TNI/POLRI di jalan masuk gereja samping hotel waigo kampung baru kota sorong, walaupun di blokade dengan ketat masa langsung menuju sekertariat KNPB di malanu kampung samping kampus UKIP kota sorong untuk beribada mendukun ULMWP nenuju MSG, ibada berjalan dengan baik ibada di pimpin oleh pdt, ZARS FONATABA, Massa rakyat menuntut negara-negara Melanesia agar mendukung ULMWP menjadi anggota MSG

Kemudian aksi KNPB Wilayah sentani dibubarkan dan diblokade oleh kepolisian polres kabupaten sentani.

Sementara itu dari Wamena dilaporkan bahwa polisi menagkap 25 orang bersama Ketua I KNPB pusat Agus Kossay dan 25 anggota KNPB wamena ditangkap bersama ketua KNPB pusa Masih ditahan di polres JayawiJaya Wamena.

Polisi Blokade Demonstran KNPB Sentani 

Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Sentani sesuai arahan KNPB Pusat untuk aksi Nasional, maka hari ini tanggal 28 Mei 2015, KNPB Sentani bersama ratusan masa aksi turun jalan long march dari Secretariat menuju ke Jalan Pos 7. Jarak sekitar 1 km namun Polisi dari Polres Kabupaten Jayapura hadang masa aksi di jembatan kali Polomo dekat tidak jauh dari Pos 7 jarak sekitar 100 meter. 

Polisi hadang masa aksi secara paksa pada jam 08: 00 WIT. Polisi minta masa aksi bubar jika tidak kembali ke sekretariat KNPB Sentani, maka Polisi dan kordinator aksi sempat tawar menawar terjadi. Akhirnya Polisi tidak ijinkan demonstran ke kantor Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) sesuai rencana sebelumnya KNPB sebagai pusat sentral aksi damai. Setelah blokeade demonstran polisi tidak hanya suruh kembali tetapi menyita beberapa atribut demo damai KNPB sentani diantaranya: 

1. Belasan pamlet, 2. Spanduk 1 buah yang bertuliskan “Rakyat Papua Secara Resmi Mengundang Jurnalis Asing, Lembaga Kemanusian Segerah Datang Ke Papua” dan bendera KNPB 6 buah disita dari Polres Jayapura. 
3. Bendera KNPB 6 buah disita dari Polres Jayapura.

Dalam orasinya Ketua I KNPB Sentani Agus Bahabol, Mangatakan “Semua demonstran jangan kecewa karena kita tidak ke Kantor DPRP tetapi kami sudah di hadang Polisi dan kembali, berarti angkap saja sudah sampaikan aspirasi kami di dunia dan Indonesia” kata dia dalam orasi sambil berjaln kaki pulang ke secretariat.

Hari ini (28 Mei 2015), rakyat West Papua untuk kesekian kalinya menyatakan dukungan penuh terhadap aplikasi United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) agar diterima menjadi anggota penuh dalam Melanesian Spearhead Group (MSG). Aksi damai dan bermartabat yang dimediasi KNPB disikapi represif oleh kekuatan militer Indonesia. Sebanyak 72 rakyat West Papua bersama aktivis KNPB ditangkap, masing-masing di Jayapura 46 orang, di Wamena 25 orang, di Nabire 1 orang.
Sementara itu, penguasa kolonial Indonesia terus memainkan rekayasa kekerasan dalam perjuangan damai rakyat West Papua. Mulai dari media dan TNI/Polri yang membesar-besarkan pernyataan ancaman perang dari Enden Wanimbo, kemudian berlanjut pada skenari penembakan 6 warga sipil di Mulia, dan pembohongan 2 anggota TNI yang disandera TPN.OPM di Enarotali, Paniai.
Melihat kondisi ini, kami ingin semua pihak mengetahui bahwa Indonesia sebenar-benarnya menginginkan Papua menjadi kacau balau. Mereka ingin memelihara kekerasan di Papua. Mereka tidak suka bila rakyat menyampaikan aspirasi politiknya dengan damai. Mereka sepertinya terus memelihara dan mendukung agar aspirasi politik bangsa Papua diperjuangkan dengan jalan kekerasan.
Rekayasa kekerasan ini tentu memiliki banyak tujuan, antara lain: pertama, agar kriminalisasi perjuangan damai terus berlanjut sehingga menjadi modal bagi Indonesia memblokade perjuangan Papua di internasional. Kedua, dalam upaya menutupi kejahatan TNI dan Polri di Papua, salah satunya agar kasus 5 pelajar yang dibunuh TNI dan Polri di Paniai tidak diungkit dan dilupakan. Ketiga, tentu ini erat kaitannya dengan penambahan komando teritori (Koter) TNI, dimana Kodam TNI yang baru akan dibangun di Manokwari. Selain alasan utama itu, tentu ada alasan-alasan lain terkait kepentingan ekonomi TNI, Polri, Wartawan serta berbagai kepentingan yang sedang bermain di dalam rekayasa ini.
Kami sangat prihatin akan kondisi ini. Sehingga kami sangat berharap agar semua pihak ikut terlibat membongkar semua rekayasa kejahatan yang berlangsung diatas negeri kami, West Papua. Bahwa, pengorbanan rakyat West Papua dalam menuntut hak penentuan nasibnya sendiri (the right to self-determination) setulusnya berdasarkan pada cara-cara yang bermartabat, namun represifitas kolonialisme dan segala rekayasanya justru menghancurkan cara-cara damai dan bermartabat yang dilakukan bangsa Papua.

Dilaporkan Oleh

Viktor Yeimo
Ketua KNPB Umum

Disposkan: SWP-NEWS
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA