LP3BH Terima Laporan Penganiayaan oleh Oknum Anggota TNI AD - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , , » LP3BH Terima Laporan Penganiayaan oleh Oknum Anggota TNI AD

LP3BH Terima Laporan Penganiayaan oleh Oknum Anggota TNI AD

Written By Suara Wiyaimana Papua on Jumat, 10 April 2015 | Jumat, April 10, 2015


Sorong, Jubi – Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari sebagai salah satu organisasi masyarakat sipil (OMS) yang fokus pada gerakan penegakan hukum dan perlindungan hak asasi manusia di Tanah Papua telah menerima laporan penganiayaan terhadap seorang anak bernama Yanto Pihahey (16) yang diduga keras telah dilakukan oleh seorang oknum anggota TNI AD dari Kodim 1703/Manokwari, pada Selasa (7/4/2015 ) sekitar pukul 09:00 WIT di samping kediaman Bupati Manokwari, di jalan Imam Bonjol, Sarinah – Manokwari.
“Berdasarkan keterangan korban, dirinya saat itu sedang mengendarai sebuah kendaraan sepeda motor dari arah Ayambori menuju kota melewati depan kediaman Bupati Manokwari,” terang Dierktur LP3BH Manokwari, Yan Warinussy  kepada Jubi, Kamis (9/4/2015).
Ketika korban mendekati pintu masuk, tepatnya di jalan turun ke arah rumah kediaman Komandan KODIM (Dandim) 1703/Manokwari, tiba-tiba seorang anggota TNI AD berseragam militer dengan kecapatan cukup tinggi mengendarai sebuah sepeda motor jenis cash one warna coklat menuju ke arah korban.
Korban mencoba menghindari ke arah samping jalan dan beruntung tidak terjadi tabrakan, dan sekejap menurut korban, berhenti dan menoleh kebelakang,   anggota TNI tersebut memanggil dengan kata-kata “Hey adik kemari dulu,” tutur Warinussy mengulang cerita korban, Yanto.
Mengira tidak akan terjadi apa-apa, anggota TNI AD tersebut saat menanyai alamat rumah korban tiba-tiba oknum anggota TNI tersebut langsung memukul korban dengan cara tangannya dikepal dan mengenai bagian dada sebelah kanan serta pelipis dan dagu sebelah kanan dari korban Pihahey.
Akibat insiden tersebut korban mengalami luka memar pada bagian pelipis kanan di bawah bola matanya dan dagu sebelah kanan dari korban juga memar serta dadanya terasa sakit.
Pada saat memukul korban, ada 2 (dua) orang anggota Satpol PP yang bertugas di Pos Penjagaan Kediaman Bupati sempat berjalan menuju arah tempat korban dan pelaku, tapi menurut korban, pelaku oknum anggota TNI AD tersebut sempat menghardik korban dengan kata-kata, “Ko jalan sudah, nanti sa bunuh ko mati disini eh, cepat jalan,” tutur Warinussy. Kemudian karena takut, korban kemudian pergi meninggalkan tempat kejadian perkara tersebut.
Korban Korban telah melakukan visum et repertum di RSUD Manokwari dan melaporkan kejadian tersebut ke Markas Polisi Militer (POM) Angkatan Darat di Jalan Merdeka – Manokwari.
Menindak lanjuti kejadian tersebut, LP3BH akan terus mengkawal dan mendesak agar proses hukum hingga menemukan identitas oknum pelaku kekerasan yang anggota TNI AD tersebut agar ditindak sesuai hukum yang berlaku.
LP3BH Manokwari juga telah menggunakan jalur akses perlindungan hak asasi manusia di tingkat nasional dan internasional untuk mendesak diselesaikannya kasus yang menimpa YANTO PIHAHEY tersebut secara hukum.
Menurut Warinussy, hal ini disebabkan karena kekerasa aparat keamanan (TNI maupun POLRI) terhadap rakyat sipil di Indonesia, semenjak reformasi trahun 1998 dan dalam era demokrasi moderen di Indonesia seharusnya tidak boleh terjadi lagi dengan mudah dan tanpa alasan hukum yang jelas sebagimana halnya terjadi dalam kasus tersebut.
Berdasarkan hal tersebut, LP3BH juga mendesak Dandim 1703/Manokwari dan Dan Subden POM Manokwari untuk segera memanggil dan menemukan oknum anggota TNI AD tersebut dan memprosesnya sesuai aturan hukum yang berlaku serta mengenakan sanksi disiplin yang seberat-beratnya bagi dia, agar menjadi preseden untuk segenap aparat militer untuk tidak gampang ringan tangan dan melakukan tindakan kekerasan tanpa alasan yang sah menurut hukum bagiw arga sipil di Manokwari dan sekitarnya. (Nees Makuba)
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA