KNPB Serukan Aksi Nasional Peringati Aneksasi Papua ke Indonesia - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , , , , , » KNPB Serukan Aksi Nasional Peringati Aneksasi Papua ke Indonesia

KNPB Serukan Aksi Nasional Peringati Aneksasi Papua ke Indonesia

Written By Suara Wiyaimana Papua on Rabu, 22 April 2015 | Rabu, April 22, 2015

Ketua KNPB Pusat (Viktor F Yeimo)
Juru Bicara Nasional KNPB, Bazoka Logo (kiri) dan
 Ones Suhun, Sekum KNPB Pusat (kanan), 21/4/2015. Jubi/Arnold Belau

Jayapura, Jubi – Pengurus Pusat Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menyerukan aksi demo damai yang rencananya digelar secara nasional di seluruh tanah Papua untuk memperingati hari aneksasi Indonesia terhadap Papua.

“Kami serukan aksi demo damai nasional yang akan dilakukan pada tanggal 1 Mei mendatang untuk memperingati hari aneksasi  yang dilakukan oleh Indonesia, Amerika, PBB dan Belanda terhadap Papua tanpa melibatkan orang Papua pada 1 Mei 1963,” ungkap Bazoka Logo, juru bicara Nasional, KNPB Pusat kepada wartawan di Jayapura, (21/4/2015).

Bazoka menjelaskan, pada momen 1 Mei itu KNPB ingin tunjukkan kepada dunia internasional bahwa proses anekesasi Papua ke Indonesia sangat tidak sesuai dengan mekanisme internasional.

1 Mei tahun 1963 adalah awal terjadinya pemusnahan orang Papua oleh penguasa kolonial Indonesia menggunakan seluruh kekuatan militer untuk melegalkan orang Papua menjadi bagian dari Indonesia melalui rekayasa PEPERA tahun 1969.

“Kepada seluruh rakyat Papua Barat yang ada di balik gunung, di hutan belantara, pesisir pantai, pengungsian, penjara-penjara Indonesia, pelajar dan mahasiswa yang ada di negeri kolonial, buruh bangunan, pedagang kali satu hingga lima, dan seluruh elemen orang asli Papua bahwa KNPB menghimbau agar momentum 1 Mei 2015 dimaknai dengan kembalinya orang asli Papua kembali kepada identitas sesungguhnya dengan cara damai, bermartabat dan demokratis,” himbau KNPB yang disampaikan oleh Bazoka Logo.

Kata Logo, KNPB juga menyampaikan kepada setiap kepala suku,marga dan makhluk hidup pewaris tanah Papua Barat dengan hati nurani berdasarkan kebenaran menyatakan, “kami bukan bangsa Indonesia tetapi sesungguhnya kami bangsa Papua Barat adalah Melanesia. Juga menyatakan bahwa kami bukan pendatang tetapi kami ada pemiliki dan ahli waris tanah Papua,”

Sementara itu, Ones Suhun, sekretaris umum KNPB Pusat menambahkan, 1 Mei 1963 adalah momen dimana terjadinya kongkalikong internasional dengan Amerika dengan kepentingannya di Freeport tanpa melibatkan dengan orang Papua.

“Waktu itu (tahun 1963) sudah ada Dewan New Guinea Raad. Kenapa tidak koordinasi dengan dewan New Guinea Raad. Ini secara sepihak UNTEA serahkan Papua kepada Indonesia. Maka itu yang paling bertanggungjawab adalah PBB. Dan PBB harus bertanggungjawab. Karena penyerahannya itu dilakukan oleh UNTEA bukan orang Papua yang memilih bergabung dengan Indonesia. Waktu itu Papua sudah merdeka,” ungkapnya.(Arnold Belau)

Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA