KAIMANA:10 ANGGOTA KNPB DITANGKAP SAAT SOSIALISASI ULMWP - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , » KAIMANA:10 ANGGOTA KNPB DITANGKAP SAAT SOSIALISASI ULMWP

KAIMANA:10 ANGGOTA KNPB DITANGKAP SAAT SOSIALISASI ULMWP

Written By WEST PAPUA on Sabtu, 18 April 2015 | Sabtu, April 18, 2015










KAIMANA-- Tim sosialisasi hasil United Liberation Movement fo West Papua (ULMWP) kembali melakukan sosialisasi di kaimanan pada Sàbtu 18 April 2015 jam 09.00 Wpb. Tim sosialisasi ULMWP sedang berlangsung dengan Ibadah singkat yang di pimpin oleh bapak YESTA JITMAU kemudian lanjut dengan sosialisasi ULMWP yang di pimpin oleh Tn. STEVEN ITLAY Ketua KNPB wilayah Timikà setelah 30 menit kemudian anggota TNI/POLRI Kaimana masuk membubarkan di sekretariat. & menyita barang" seperti 1.Spanduk sosialisasi ULMWP, parang,Genset, dan pakaian army 2 pasang.
Kemudian 10 Anggataa KNPB dan PRD yang di tahan yaitu:
1.STEVEN ITLAY Ket.KNPB Timika
2.YANTO AWERKYON Ket 01 KNPB Timika
3.NIKO KOWIP Sejen PRD Timika
4.PAUL KOGOYA Anggota KNPB
5.EDHA MURMANA Anggota KNPB
6.YESTA JITMAU Ket 01 PRD Kaimana
7.IBU UMMI WERTETE Anggota Parlemen
8.IBU ANIA KURITA ANggota Parlemen
9.BPK ABRAHÀM KOCU Anggota KNPB
10.RUBEN FURAI.Ket KNPB KAIMANA
Sebelumnya juga pada rabu (15/4/2015) kemarin, Kegiatan sosialisasi hasil United Liberation Movement fo West Papua (ULMWP) yang dihasilkan di Saralana, Vanutu oleh para pimpian organisasi perjuangan pembebasan Papua Barat yang hendak disosialisasikan oleh Parlemen Rakyat Daerah (PRD) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Kaimana sempat dibubarkan oleh aparat dari Polres Kaimana.
“Kegiatan Sosialisasi ULMWP oleh Team Kerja ULMWP wilayah Bomberai di Kaimana sempat dibubarkan oleh Kepolisian Resor Kaimana. Namun setelah negosiasi dengan kami pihak penyelenggara dan dengan adanya penolakan dari masyarakat, kemudian sosialisasi dilanjutkan kembali setelah aparat meninggalkan tempat sosialisai,” ujar Steven Itlay, Team Sosialisasi ULMWP Wilayah Bomberai West Papua dari Kaimana melalui surat elektronik yang diterima Jubi, Rabu.
Dijelaskan, sebelumnya kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WP, dihadiri para tokoh-tokoh politik, tokoh agama dan tokoh adat. Diawali dengan doa dan selanjutnya sambutan Ketua KNPB Kaimana atas terselenggaranya kegiatan.
Selanjutnya, pemateri dari team sosialisasi yang dibantu KNPB dan PRD wilayah Kaimana menjalankan kegiatan sosialisasi dengan baik dan mendapat respon dan sambutan yang baik oleh peserta kegiatan.
“Tetapi di tengah jalannya kegiatan sosialisasi Kapolres Kaimana bersama bawahannya datang dengan mengendarai dua truk Dalmas, dua mobil patroli dan satu mobil Avanza mendatangi tempat sosialisasi dan memaksa untuk membubarkan kegiatan sosialisasi sehingga kegiatan terpaksa di tutup pada pukul 12.00,” jelasnya.
Setelah itu, aparat hendak mengamankan beberapa alat seperti baliho, megaphone, fotokopian materi sosialisasi dan lainnya, namun karena pihak pihak penyelenggara kegiatan bersihkeras menolak. Sehingga aparat tidak sempat amankan barang-barang tersebut.
“Setelah itu aparat kembali dan kegiatan sosialisasi dilanjutkan hingga usai dengan tertib,” ujarnya.
Sementara itu, Bazoka Logo, Juru Bicara Nasional KNPB Pusat kepada Jubi meminta kepada aparat agar hentikan cara-cara basi yang dilakukan oleh aparat untuk menghalangi kegiatan apapun yang dilakukan oleh KNPB dengan alasan apa pun.
“Apa yang kami lakukan ini adalah perjuangan damai dan bermartabat. Bukan perjuangan dengan kekerasan. Aparat harus banyak belajar UU yang dibuat oleh negara Indonesia. Bukan malah melanggar UU yang dibuatnya sendiri dengan cara yang tidak masuk akal. Jadi aparat stop dengan aksi-aksinya untuk menghalangi setiap aktivitas orang Papua,” tegasnya kepada Jubi di Waena, (15/4/2015).
Pemerintah Indonesia melalui jajaran dibawahannya, seperti aparat TNI maupun Polri di tanah Papua diminta menghentikan aksi-aksinya, sebab ruang demokrasi di tanah Papua harus dibuka.
“Kami KNPB tetap dan terus berjuang untuk menyuarakan aspirasi rakyat Papua hingga cita-cita bangsa Papua Barat tercapai,” tegasnya.
Dari informasi yang diterima Jubi, Kapolres Kaimana memimpin langsung ke tempat sosialsasi ULMWP di Kaimana. Jumlah personil yang diturunkan sekitar 30-an anggota. Namun setelah aparat pergi, kegiatan dilanjutan kembali dan berjalan dengan lancar.(Arnold Belau)
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA