Mahasiswa Papua Desak Jokowi Lakukan Dialog Jakarta-Papua - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :

.

.
Home » , , » Mahasiswa Papua Desak Jokowi Lakukan Dialog Jakarta-Papua

Mahasiswa Papua Desak Jokowi Lakukan Dialog Jakarta-Papua

Written By Suara Wiyaimana Papua on Sabtu, 14 Maret 2015 | Sabtu, Maret 14, 2015

Abepura, Jubi— Ketua Simapitowa, Yohanes Magai mengatakan mahasiswa Papua mendesak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo segera melaksanakan dialog Jakarta-Papua guna meciptakan Papua, Tanah damai. 
“Kita mau mengalami realitas Papua sebagai Tanah damai, Jokowi harus segera berkomitmen terhadap janjinya untuk menuntaskan berbagai konflik Papua dengan mengutamakan pelaksanaan dialog Jakarta-Papua. Jokowi tidak boleh salah mengartikan esensi, makna, arti, tahap-tahap, aktor dan tempat dialog serta tujuan damai dari dialog tersebut, kata Magai, Jumat (13/3/2015).
Magai menegaskan, Jokowi didesak untuk tidak boleh lagi mengartikan dialog Jakarta-Papua dalam pengertian dangkal seperti dialog konstruktif yang pernah digagas oleh mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono itu.
“Jokowi harus ingat, konflik Papua ini tidak bisa diselesaikan dengan dialog pembangunan pasar, dialog pemekaran dan dialog kesejahteraan lainnya. Juga konflik Papua tidak bisa diselesaikan dengan membiarkan konflik Papua dalam kata-kata perjanjian Jokowi yang bernuansa manipulatif,” ujarnya.
Tetapi, menurutnya konflik Papua sudah harus segera dituntaskan secara konprehensif dengan melaksanakan dialog Jakarta-Papua dalam waktu secepat cepatnya.
“Dialog harus dilaksanakan secara jujur dengan dimediasi oleh pihak netral di luar negeri, seperti yang telah dirumuskan secara komprehensif oleh Pater Neles Tebay,” kata Magai yang juga ketua senat STPK Waena Abepura, 2012-13, itu.
Sementara itu, dalam pekan ini, Pastor Dr. Neles Kebadabi Tebay Pr mengatakan, dirinya berterima kasih kepada semua pihak yang selama ini mendukung terjadinya dialog Jakarta-Papua.
“Dialog yang sebelumnya dipandang sebagai hal tabu itu kini mulai dibahas oleh semua pihak baik dalam maupun luar negeri. Sehingga Jokowi bisa menjadi harapan bagi Papua dengan segera melaksanakan dialog Jakarta-Papua,” ujar Pastor Neles Tebay. (Ernest Pugiye)
Share this article :

0 komentar:

.

.

Pray For West Papua

Pray For West Papua

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA