Selama 2014 TPN-PB/OPM di Papua Rampas 20 Pucuk Senpi Milik Polri - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :

.

.
Home » , » Selama 2014 TPN-PB/OPM di Papua Rampas 20 Pucuk Senpi Milik Polri

Selama 2014 TPN-PB/OPM di Papua Rampas 20 Pucuk Senpi Milik Polri

Written By Suara Wiyaimana Papua on Sabtu, 03 Januari 2015 | Sabtu, Januari 03, 2015


SWP-New-Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende menyebut, kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, atau Organisasi Papua Merdeka (TPN-PB/OPM) yang beroperasi di pedalaman Papua, telah merampas sebanyak 20 pucuk senjata api (senpi) aparat kepolisian pada 2014.

“Sebanyak 20 pucuk senpi itu dirampas Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, atau Organisasi Papua Merdeka ( TPN-PB/OPM) di beberapa wilayah di Papua yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Lanny Jaya dan Kabupaten Puncak Jaya,” kata Irjen Mende yang didampingi Waka Polda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw, saat menyampaikan keterangan pers akhir tahun, di Jayapura, Rabu, 31 Desember 2014.

Irjen Mende yang juga didampingi para pejabat teras di lingkup Polda Papua itu mengatakan, senpi polisi yang dirampas TPN-PB/OPM itu lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Walaupun demikian, sepanjang 2014 Polda Papua juga berhasil menggagalkan pengiriman 72 pucuk senjata api, 3.420 butir amunisi, 10 kelongsong (tabung tempat peluru) dan 15 megazen.

“Penggagalan penyelundupan sejumlah senjata api dan amunisi ini terjadi di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Jayawijaya, Sorong, Manokwari, Biak, Lanny Jaya dan Puncak Jaya,” ujarnya.

Polda Papua memprediksi pada 2015 masih marak aksi unjuk rasa dan tuntutan kelompok masyarakat yang menuntut kemerdekaan dengan pemerintah hingga bermuara pada tindakan anarkis, serta meningkatnya gerakan TPN-PB/OPM bersenjata di beberapa daerah.

Jangan menyebut kami dengan stigma KSB, KKB dan separatis, karena selama ini, TNI/POLRI selalu dilontarkan ungkapan yang tidak benar bagi kami TPN-PB/OPM sehingga perjuangan murni TPN-PB/OPM itu dianggap kelompok kriminal. Jadi seharusnya, TNI/PORLI dan seluruh wartawan mohon dihargai dengan perjuangan murni TPN-PB/OPM di Tanah Papua.

Daerah yang dianggap rawan atau berpotensi yakni Jayapura, Manokwari, Merauke, Paniai, Puncak Jaya dan Lanny Jaya. [Kompas.com]


Redaksi: SWP-News
Share this article :

0 komentar:

.

.

Pray For West Papua

Pray For West Papua

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA