Komnas HAM Diminta Harus Melakukan Penyelidikan Penembakan di Paniai Secepatnya - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , » Komnas HAM Diminta Harus Melakukan Penyelidikan Penembakan di Paniai Secepatnya

Komnas HAM Diminta Harus Melakukan Penyelidikan Penembakan di Paniai Secepatnya

Written By Suara Wiyaimana Papua on Minggu, 14 Desember 2014 | Minggu, Desember 14, 2014

Gambar Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) dan Yayasan Pusaka (Foto: Ist)
JAKARTA, SUARAPAPUA.com --- Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) dan Yayasan Pusaka meminta agar Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) segera melakukan penyelidikan terhadap kasus penembakan di Paniai, Papua, yang menewaskan lima warga sipil.

Seperti ditulis dalam siaran pers yang diterima suarapapua.com, Sabtu (13/12/2014) malam, ELSAM dan Pusaka mengatakan, melalui penyelidikan, Komnas HAM harus dapat memastikan bahwa insiden penembakan tersebut dilakukan oleh aparat keamanan Indonesia. (Baca: DPR RI: Penolakan Kedatangan Jokowi di Papua dari Pimpinan Gereja Cukup Beralasan)

ELSAM dan Pusaka juga berharap TNI/Polri di Paniai dapat dimintai pertanggungjawabannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan Undang-Undang No. 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM.

“Undang-Undang Nomor 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM akan berlaku apabila dalam penyelidikannya Komnas HAM menemukan adanya indikasi terjadinya pelanggaran hak asasi manusia yang berat dalam insiden penembakan warga sipil di Paniai, Papua tersebut,” tulis ELSAM dan Pusaka. (Baca: Yusak Pakage: Penembakan di Paniai Ada Unsur Genosida)

ELSAM dan Pusaka juga memita Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga harus melakukan investigasi terkait insiden penembakan warga sipil di Paniai tersebut.

“Investigasi ini harus dilakukan Polri dan TNI untuk menunjukkan bahwa Polri dan TNI memiliki niat dan kewajiban untuk mengusut, menyelesaikan, dan mengajukan ke Pengadilan anggota-anggotanya yang terbukti terlibat dalam insiden penembakan tersebut," tulis siaran pers ini. (Baca: Warinussy: TNI dan Polri Telah Melakukan Pelanggaran HAM Berat di Paniai)

Editor: Oktovianus Pogau


MIKAEL KUDIAI

Sumber: http://suarapapua.com/read/2014/12/14/2232/komnas-ham-diminta-harus-melakukan-penyelidikan-penembakan-di-paniai-secepatnya
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA